Simak Tanda-Tanda Kucing Hendak Melahirkan yang Jarang Diperhatikan

kucing melahirkan

Tanda Kucing Melahirkan – Saat memelihara kucing, ada saatnya kucing betina kamu akan hamil. Saat usia kehamilannya masih muda, mungkin nggak akan langsung terlihat, apalagi kalau kucing kamu punya bulu panjang. Tapi seiring dengan bertambahnya usia kandungan, kamu pasti bisa mengetahuinya dari perubahan bentuk perut, terutama pada kucing yang berbulu pendek. 

Kamu juga bisa mengetahuinya saat menggendong atau memegang perutnya. Bagi yang sudah terbiasa mengalami kucing peliharaan yang hamil dan melahirkan, tentu saat tiba waktu melahirkan nggak akan menjadi masalah besar. Meskipun begitu, tetap saja harus dipersiapkan dengan baik. 

Bagaimanapun, proses melahirkan adalah proses medis yang serius. Sementara bagi yang baru pertama kali mengatasinya, tidak perlu panik. Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar proses melahirkan bisa berjalan lancar.


Baca juga: Daftar Kesalahan dalam Memelihara Kucing yang Harus Dihindari

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Kucing Melahirkan

kucing melahirkanAda beberapa hal yang harus dilakukan setelah pemilik kucing mengetahui kucingnya sedang hamil. Jika ini kali pertama memiliki kucing hamil, sebaiknya bawa kucing ke dokter untuk diperiksa kondisinya. Apakah benar-benar sedang hamil? Apakah kondisi kucing sehat? Dengan bantuan dokter, pemilik kucing bisa lebih yakin dan percaya diri merawatnya selama masa kehamilan. 

Selain itu, berikan juga diet yang tepat untuk kucing yang sedang hamil. Di masa kehamilan mendekati hari ke-42, disarankan memberikan nutrisi yang tepat. Ganti makanannya dengan makanan untuk anak kucing yang kandungan kalorinya lebih banyak. Makanan untuk anak kucing lebih tepat karena mudah dicerna. Waktu kehamilan kucing biasanya berlangsung selama 65 sampai 67 hari. 

Saat udah mendekati hari melahirkan, siapkan rumah atau sarang khusus. Kucing butuh tempat yang tenang dan hangat untuk melahirkan, karena itu di saat ini mereka biasanya mencari-cari tempat. Nah, ini adalah saat yang tepat untuk membuatnya. Biasanya mereka suka dengan ruang cuci, gudang yang bersih atau area di dekat kamar mandi. Pastikan area itu sepi dan tidak sering dilewati anak-anak. 

Siapkan tempat makan dan minum yang mudah diakses induk kucing. Lalu siapkan bak pasir untuk buang air sekitar 2 kaki dari sarang, agar sarang tidak terkontaminasi dengan kotoran. Untuk menutupi sarang, bisa gunakan kardus besar dengan sisi yang tinggi, lalu tata koran dan kain halus di dalamnya. Siapkan juga handuk ukuran sedang. Jangan lupa, pastikan semua bahan yang digunakan tidak mengeluarkan aroma menyengat, karena kucing sensitif akan bau. 

Tanda Kucing Hendak Melahirkan

Image Source: hewanesia.com

Baru pertama kali punya kucing yang akan melahirkan? Jangan panik, kenali tanda-tanda kucing yang hendak melahirkan berikut ini: 

  1. Gelisah

Masa melahirkan biasanya berlangsung selama 12 sampai 24 jam. Di saat-saat ini biasanya induk kucing mulai merasa gelisah, biasanya terjadi karena bukaan pertama. Ia akan mencari-cari tempat untuk bersembunyi dan melahirkan. Inilah saatnya kamu menunjukkan sarang yang sudah dibuat khusus untuk mereka.

  1. Terlalu Sering Membersihkan Diri

Kucing memang suka menjilat tubuhnya. Tapi kalau terlalu sering, termasuk menjilat lubang kencingnya, ini adalah pertanda akan melahirkan.

  1. Berjalan dengan Terengah-engah

Sembari mencari tempat bersembunyi, induk kucing akan berjalan-jalan. Tapi kali ini berbeda, karena ia berjalan sambil terengah-engah, tidak seperti biasanya.

  1. Mendengkur Cukup Keras

Saat tidur biasanya kucing tidak mendengkur, tapi tiba-tiba ia mendengkur dengan suara yang terdengar jelas? Ini bisa jadi tanda dia akan melahirkan.

  1. Suhu Tubuhnya Turun Sekitar 1-2 Derajat

Jika sering memegang kucing, pasti kamu akan merasakan perbedaan suhu tubuhnya. Bisa juga mengukurnya dengan termometer. Mulailah bersiap jika suhu tubuhnya turun.

  1. Tidak Mau Makan

Kalau induk kucing tiba-tiba menolak makanan padahal sudah masuk waktu makan mereka, ini bisa jadi adalah tanda akan melahirkan. 

  1. Muntah

Saat induk kucing bahkan tidak makan tapi memuntahkan isi perutnya, ini juga harus diwaspadai sebagai tanda akan melahirkan. Namun jika muntah terjadi cukup parah dalam frekuensi yang mengkhawatirkan, sebaiknya segera hubungi dokter hewan langganan.

  1. Kencing Darah

Perhatikan saat induk kucing buang air kecil. Kalau ia mengeluarkan kencing darah, sebaiknya segera hubungi dokter. Berdarah sebelum melahirkan bukanlah hal yang normal, karena itu sebaiknya segera ditangani oleh dokter.

  1. Induk Masuk ke Sarang

Jika nggak ada masalah pada induk kucing, biasanya ia akan masuk ke dalam sarang dengan tenang. Pada saat ini, yang bisa kamu lakukan adalah menunggu dengan tenang proses persalinan. Pastikan kondisi induk dan bayinya baik-baik saja sembari menghitung jumlah bayi. Pastikan suara atau gerakan kamu nggak mengganggu agar induk tetap nyaman. 

  1. Perhatikan Dorongan Induk Kucing

Saat induk kucing mendorong atau mengejan, ini normal terjadi. Tapi kalau sudah 1 jam tidak ada bayi yang keluar, ini bisa menjadi masalah. Sebaiknya segera hubungi dokter hewan. Kamu bisa membantunya dengan cara mencuci tangan terlebih dahulu, lalu bantu menarik bayi kucing. Tapi jika khawatir terjadi kesalahan, sebaiknya segera bawa ke dokter atau rumah sakit hewan.

Cara Merawat Kucing Setelah Melahirkan

Setelah proses persalinan yang paling penting sudah selesai, bukan berarti tugas kamu sebagai pemilik sudah beres. Kamu juga perlu melakukan beberapa hal untuk merawat si induk setelah melahirkan. Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan begitu kucing selesai melahirkan, yaitu:

  1. Tinggalkan Induk Sendiri

Kucing adalah hewan yang sensitif. Saat kucing kesayangan kamu sudah menjadi ibu, insting keibuannya sangat kuat. Ia ingin merawat anak-anaknya di awal kelahiran mereka. Karena itu, biarkan ia sendiri, tidak perlu terlalu sering ditemani. Pastikan saja untuk memberi makan yang cukup. Sesekali mengecek kondisi mereka tidak masalah, tapi tidak perlu mengelus-elus atau berada terlalu dekat. Si ibu justru bisa merasa terganggu dan jadi lebih galak. 

  1. Pastikan Induk Kucing Menyusui Bayinya

Saat mengecek kondisi induk dan anaknya sesekali, pastikan si induk mulai menyusui bayinya kira-kira 1 atau 2 jam setelah melahirkan. Bila si induk tidak kunjung membiarkan bayinya menyusui, sepertinya kamu yang harus memberi makanan pengganti susu. Bila tidak, kondisi anak kucing akan cepat menurun dan akibat terburuknya bisa mati. Tapi ingat, jangan paksakan si induk untuk menyusui, karena mereka sedang dalam keadaan sangat sensitif.

  1. Perbanyak Porsi Makan Induk Kucing

Pastikan selalu menyiapkan makanan bagi induk kucing yang sedang menyusui. Makanan basah dan kering diperlukan secara bergantian. Pastikan makanan yang diberikan mengandung nutrisi yang tinggi agar induk kucing punya energi dan nutrisi yang cukup untuk dirinya sendiri dan anak-anaknya.

  1. Konsultasi dengan Dokter Hewan

Bila terjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan mengenai kondisi induk atau anak kucing, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter hewan langganan. Misalnya saat anak kucing tidak disusui dan tidak mau makan. Atau sebaliknya saat si induk yang menolak makan. 

  1. Pastikan Sarang dan Sekitarnya Tetap Bersih

Agar anak-anak kucing dan induknya tetap sehat, pastikan untuk membereskan bekas persalinan begitu ada waktu. Lalu bersihkan juga daerah di sekitar sarang. Bersihkan seperlunya dengan pelan-pelan saja, jangan sampai si induk merasa terganggu. 

Rekomendasi Nama Kucing Unik

Nggak perlu bingung memberi nama kucing. Saat ini ada banyak ide nama kucing yang lucu, cantik, atau yang terkesan gagah. Nama kucing juga bisa diberikan berdasarkan ciri-ciri fisiknya, misalnya:

  1. Jambrong, untuk kucing yang bulunya lebat. Berasal dari bahasa Jawa, Jambrong artinya bulu lebat atau panjang.
  2. Cemong, cocok untuk anak kucing yang wajahnya terdapat motif atau bercak menyerupai noda.
  3. Bintik, untuk yang punya motif seperti bintik atau titik di tubuhnya.
  4. Pompom, nama ini juga cocok untuk kucing yang bulunya lebat atau yang tubuhnya gendut.
  5. Leo, bisa dijadikan nama untuk kucing jantan berwarna kuning atau oranye yang menyerupai warna singa. Apalagi kalau bulunya lebat. 
  6. Gembul, nama ini jelas cocok untuk kucing yang gendut, baik jantan atau betina.

Nah, untuk kucing betina, nama-nama yang terdengar cantik lebih disukai. Ini dia beberapa nama cantik yang cocok untuk kucing betina:

  1. Mimi, tidak ada arti khusus sih sebenarnya, tapi nama ini cocok untuk kucing betina yang menggemaskan.
  2. Zoe, cocok untuk kucing betina yang anggun. Dalam bahasa Yunani, ini berarti “hidup”.
  3. Dolly, diambil dari kata “doll” dalam bahasa Inggris yang berarti boneka.
  4. Bella, dalam bahasa Spanyol dan Italia artinya cantik.
  5. Trixie, merupakan nama panggilan dari Beatrix. Ini artinya “dia yang membawa kebahagiaan”. Pas banget kan dengan si anak kucing yang membawa kebahagiaan bagi pemiliknya. 
  6. Stella, artinya bintang. Selain cantik, makna anak kucing yang lahir dan menjadi bintang cukup dalam.
  7. Roxie, merupakan nama panggilan dari Roxanne yang artinya fajar dalam bahasa Persia. Pas banget untuk anak kucing yang lahirnya mendekati waktu fajar. 

Sementara untuk kucing jantan, ada juga beberapa nama yang kesannya gagah. Di antaranya adalah:

  1. Sam, sering sekali dijadikan nama kucing jantan. Selain terkesan gagah, Sam cukup simpel dan terkesan cool. Cocok buat kucing yang pendiam, nih.
  2. Mickey, sebaliknya untuk anak kucing yang periang dan aktif, nama Mickey cocok sekali digunakan. 
  3. Toto, tidak ada arti khusus, tapi nama Toto cocok untuk kucing jantan yang menggemaskan. 
  4. Max, singkat dan terkesan gagah. Max berarti “yang terhebat” sangat cocok untuk si jantan yang dominan.
  5. Pepper, artinya lada. Biasanya diberikan pada kucing jantan yang warnanya gelap, mulai dari abu-abu hingga hitam.
  6. Ollie, nama panggilan dari Olliver. Dalam bahasa Jerman artinya adalah pasukan peri. 
  7. Choco, biasanya diberikan ke kucing yang warna bulunya kecoklatan. 

Baca juga: Jenis Ras Kucing yang Populer di Indonesia

Sebelum induk kucing melahirkan, sebaiknya persiapkan peralatan dengan baik agar proses persalinan lebih nyaman. Jangan lupa siapkan juga perlengkapan untuk bayi kucing, agar saat mereka lahir kamu nggak kebingungan lagi. Dapatkan peralatan kucing yang berkualitas dengan harga terjangkau hanya di Blibli. Kamu bisa memilih beragam produk dari merek yang beragam pula. Yuk, jangan lewatkan harga spesialnya dan cek sekarang juga.

Dapatkan Perlengkapan Kucing yang Lengkap dengan Harga Terjangkau

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY