Ini Dia Tandanya Saat Kamu Perlu Pakai Sunscreen

Tinggal di negara khatulistiwa memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah cuaca yang menyenangkan sepanjang tahun. Namun negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini ternyata menerima sengatan sinar matahari yang lebih tinggi dari negara lain.

Paparan radiasi sinar UVA dan UVB dari matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit lho, mulai dari kulit terbakar, penuaan kulit dini, muncul noda hitam hingga yang paling ekstrem adalah memicu melanoma atau kanker kulit. Nah, jadi rasanya tidaklah berlebihan jika pakai sunscreen atau tabir surya menjadi salah satu hal yang gak boleh dilewatin setiap hari? Karena percayalah, mencegah itu selalu lebih baik dari mengobati.

Banyak yang berpikir bahwa mereka tidak terlalu memerlukan suncreen karena tidak banyak melakukan kegiatan luar ruang. Atau merasa tidak memiliki kulit yang pucat sehingga tidak rentan pengaruh sinar matahari. Wah apa benar? Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu wajib pakai sunscreen. Penasaran?

1. Melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor setiap hari

null
Photo by Instagram – @sensatiabotanicals

Duduk di dalam mobil tidak serta merta membuatmu bebas dari pengaruh sinar matahari, lho! Meskipun tertutup, radiasi sinar UVA dan UVB dapat masuk lewat jendela dan merusak kulitmu. Apalagi jika kamu banyak menggunakan jasa ojek online, sekadar melapisi kulit dengan jaket, helm hingga masker wajah tidak cukup untuk melindungi diri dari sengatan matahari. Coba sunscreen ringan namun ampuh seperti Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion yang terbuat dari 100% bahan alami sehingga aman digunakan bahkan oleh ibu hamil dan menyusui.

INI PILIHAN SUNSCREEN LAIN YANG BISA BUAT MELINDUNGI KULIT SELURUH TUBUH

2. Banyak kegiatan yang dilakukan dalam ruang dekat jendela

null
Photo by Instagram – @id.biore

Jika duduk di dalam mobil tetap membuatmu terkena paparan matahari, bekerja dalam gedung kantor yang memiliki jendela besar juga membuat kamu rentan terhadap radiasi sinar UVA dan UVB. Oleh karena itu, jangan sampai lupa mengaplikasikan sunscreen di kulit wajah. Untuk kamu yang tidak menyukai tekstur sunscreen yang kadang lengket, bisa mencoba Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50 yang sangat ringan. Memiliki tekstur yang watery, sunscreen ini begitu mudah meresap. Dan ternyata, sunscreen yang satu ini memiliki kandungan hyaluronic acid yang dapat membantu menjaga kelembapan kulitmu.

TEMUKAN JUGA PRODUK BIORE LAIN YANG SESUAI DENGAN KULITMU

3. Kulit sering sering gatal, kemerahan dan terasa panas

null
Photo by Instagram – @kiehlsid

Apabila kamu merasakan salah satu tanda di atas kala beraktivitas di luar ruang, jangan dianggap remeh. Karena kulitmu cukup sensitif dan sebenarnya sedang memberikan sinyal untuk memberi tahu bahwa kulitmu mulai terbakar matahari. Nah, jangan tunggu lagi dan segera aplikasikan ulang sunscreen pada kulit secara merata. Agar lebih maksimal, gunakan suncreen yang mengandung mineral seperti Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen. Krim ini nyaman untuk kulit yang mudah iritasi namun cukup ampuh akibat kandungan mineral yang dapat memantulkan sinar UVA dan UVB.

4. Mendadak merasa haus saat berada di lokasi outdoor

null
Photo by Instagram – @holikaholika_indonesia

Merasa kehausan adalah salah satu cara tubuh memberi sinyal bahwa tubuh mengalami dehidrasi. Penyebab dehidrasi memang beragam. Namun jika terjadi tiba-tiba saat kamu sedang berada di bawah terik matahari, mungkin kulitmu sedang terbakar matahari ringan dan kamu tidak menyadarinya. Yuk, segera aplikasikan ulang sunscreen pada wajah untuk menenangkan kulit. Agar tidak merepotkan, pilih sunscreen berbentuk stik yang mudah digunakan di mana saja seperti  Holika Holika Aloe Water Drop Sun Stick yang memberikan efek sejuk setelah digunakan.

INI DIA NIH KALAU KAMU MAU CARI PRODUK HOLIKA HOLIKA YANG LAINNYA

5. Kamu melihat tanda penuaan yang terlalu dini

null
Photo by Instagram – @tatcha

Kulit terlihat kusam, kendur dan muncul kerut meskipun sudah menggunakan beragam produk perawatan? Bisa jadi penyebabnya adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Radiasi sinar UVA dan UVB ternyata merupakan salah satu penyebab kulit kehilangan elastisitasnya. Biasanya hal seperti ini memang lebih banyak terjadi pada mereka yang berkulit terang. Tetapi tak menutup kemungkinan kulit yang sawo matang juga mengalami hal ini lho. Oleh karena itu, selalu gunakan broad spectrum suncreen seperti Tatcha Silken Pore Perfecting Sunscreen dengan SPF 35. Tak hanya sebagai tabir surya, karena suncreen ini mengandung ekstrak daun loquatyang tinggi antioksidan sebagai bahan anti aging. Suncreen ini dapat digunakan sebagai primer yang membuat pori terlihat lebih kecil serta halus.

Beneran, deh, jangan anggap remeh perlindungan sunscreen. Mulai sekarang jadikan sunscreen sebagai bagian dari perawatan rutin kulitmu. Bila kamu perlu beraktivitas di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, jangan lupa aplikasi ulang setidaknya 2 jam sekali, ya. Blibli Friends bisa pilihan sunscreen di bawah 100.000 di Blibli.com.

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY