Melihat tanaman di halaman rumah semakin rimbun tentu membuat Anda bahagia. Rumah terasa lebih sejuk dan Anda semakin betah di rumah. Apalagi tanaman tersebut sudah menghasilkan bunga atau buah, hati pun semakin berbunga-bunga. Menikmati indahnya bunga dan buah yang ditanam sendiri rasanya sungguh luar biasa.

Sayang, kesenangan tersebut kadang terganggu dengan hadirnya hama serangga pada tanaman di pekarangan rumah. Daun yang berjamur putih atau buah yang busuk adalah ulah serangga yang menyerbu tanaman. Hal ini tentu membuat jengkel, karena bisa menggagalkan panen dan membuat pekarangan jadi kotor.

Beberapa orang akhirnya memilih menebang pohon, karena kesal mendapati buah yang selalu rontok dan busuk atau hama putih yang mengotori pekarangan. Akibatnya pekarangan terasa gersang dan kesejukan hilang. Padahal, ada solusi selain menebang pohon yang bisa dipilih. Apa saja solusinya? Cek langsung di bawah ini:

Gunakan alat pengusir hama dengan gelombang ultrasonic

pengusir hama

Via i-buy-express

Gelombang ultrasonik adalah gelombang suara berfrekuensi tinggi, di atas 20 Ghz. Manusia sudah tidak bisa mendengar gelombang suara ini, tapi serangga bisa. Kabar baiknya, gelombang ini bisa mengganggu pendengaran serangga. Ketika mendengar gelombang ini serangga akan terganggu dan menjauh, bahkan bisa mati. Anda bisa membeli alat ini di Blibli.com.

Gunakan pestisida nabati

membasmi hama

Via buggiespestcontrol

Pestisida juga bisa menjadi solusi ampuh untuk membasmi serangga. Namun, upayakan pemakaiannya sesuai dosis dan tidak berlebihan. Anda bisa menggunakan pestisida nabati yang lebih aman bagi lingkungan seperti ini. Namun sekali lagi, gunakan sesuai dengan aturan yang tertera di label kemasan. Anda bisa membeli pestisida nabati di Blibli.com dan dapatkan berbagai manfaat seperti barang pesanan dikirim tanpa biaya.

Gunakan deterjen untuk kondisi darurat

deterjen hama

Via breeze

Bila serangga sudah mulai menyerang tanaman, Anda bisa menggunakan larutan deterjen sebagai penanganan darurat. Larutan deterjen yang disemprotkan ke daun bisa mengusir hama untuk sementara waktu. Bila memungkinkan, tambahkan rebusan daun sereh pada larutan deterjen tersebut. Serangga akan pergi. Namun penggunaan deterjen ini harus hati-hati. Bila terlalu banyak deterjen bisa membuat daun kering, karena deterjen yang sifatnya panas bisa membakar daun. Larutkan satu sendok deterjen pada tiga liter air.

Rutin kontrol tanaman untuk mencegah hama

tanaman hama

Ini sebenarnya langkah paling mudah, tapi malah sering diabaikan karena kesibukan. Padahal, dengan mengontrol rutin misalnya seminggu dua hingga tiga kali, jika ada indikasi hama muncul bisa langsung dicegah. Ingat, hama berkembang biak dengan sangat cepat. Maka, langkah pencegahan sebenarnya adalah solusi paling tepat.

Semoga dengan berbagai langkah tadi tanaman di rumah bisa selalu segar, hijau, dan dinikmati hasilnya ya.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY