Untuk mendapatkan kesempurnaan makan, menu yang lezat saja tidak cukup. Tempat dan wadah yang bersih juga bisa berpengaruh terhadap selera makan. Misalnya saja ada rendang daging super lezat dan empuk. Tapi makanan tersebut dihidangkan di piring yang sudah kusam dan sekitar Anda makan ada tempat sampah yang terbuka. Hal itu pasti akan mengurangi selera makan.

Tapi bayangkan sebaliknya. Anda makan menu sederhana seperti telur balado, ikan asin, sambal, dan lalapan di ruang makan yang bersih bersama keluarga. Pasti nikmat bukan? Wadah tempat makan dan menyajikan makanan memang berpengaruh besar. Apalagi jamuan tersebut dilakukan bersama keluarga besar. Coba saja cek di restoran ternama. Hampir bisa dipastikan apa pun jenis makanannya, kemasan saat disajikan saja sudah menggoda.

Ingin menyajikan makanan ala restoran di rumah? Anda bisa mencari referensi peralatan makan yang menggoda selera di sini. Ada banyak pilihan model perkakas makanan dari bahan-bahan pilihan. Ada banyak juga pilihan warna dan corak peralatan makan yang bisa Anda pilih. Anda bisa membeli perlengkapan makan tersebut di Blibli.com dengan manfaat tambahan seperti cicilan 0% dan barang bebas ongkos kirim.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan memilih wadah untuk jamuan makan bersama. Penyajian makanan yang menggoda gaya restoran akan membuat acara makan bersama keluarga menjadi sempurna.

Utamakan kebersihan

utamakan kebersihan

Wadah yang digunakan untuk menyajikan harus bersih. Cek kembali mangkuk sayur, piring, sendok, dan tempat buah. Perhatikan dengan saksama apakah sudah bersih semua, tidak ada noda atau sisa nasi kering yang menempel. Bila wadah tersebut sudah lama tidak dipakai, cuci peralatan tersebut. Ada kemungkinan terkena debu atau kotoran. Jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu.

Pilih bentuk yang unik

bentuk yang unikBentuk tempat menyajikan yang menarik juga menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya saja Anda akan menyajikan buah sebagai hidangan penutup makan. Bila diletakkan di piring biasa, mungkin tidak akan menarik perhatian. Tapi bila diletakkan di tempat buah eksklusif dari kayu jati berukir seperti ini , sepertinya bisa menggoda tamu untuk mencicipi buah tersebut.

Gunakan pilihan motif menarik

motif menarik

Ada banyak motif menarik yang menghiasi sebuah wadah makanan. Misalnya saja mangkuk keramik atau tempat lauk keramik. Anda bisa memilih aneka motif bunga, hewan, hingga motif abstrak. Tempat penyajian seperti iniΒ  contohnya. Melihat wadahnya, siapa pun sepertinya akan tertarik untuk membuka tutupnya.

Jangan lupakan pilih yang aman untuk makanan

Syarat ini mungkin tidak berpengaruh terhadap penampilan makanan yang disajikan, tapi berpengaruh terhadap selera dan juga kesehatan. Wadah makanan food grade menjamin makanan tidak berubah aroma dan rasa, serta terjaga kesehatannya. Tapi bila menggunakan wadah non food grade makanan bisa berubah aroma dan rasanya. Sudah pasti hal ini akan menurunkan selera makan dan mengurangi kesempurnaan jamuan makan.

Selamat menikmati kebersamaan bersama keluarga ya.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY