Syarat Naik Pesawat & Info Penerbangan Terbaru

sumber: pixabay.com

Pandemi yang belum juga berakhir ini membuat kamu masih harus bersabar dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Meski begitu, bukan berarti layanan pesawat sudah benar-benar dihentikan. Pesawat masih bisa beroperasi di tengah pandemi, bagi kamu yang memang harus melakukan perjalanan jauh ke luar provinsi atau bahkan luar pulau. Yuk simak syarat naik pesawat sebelum memutuskan untuk pergi.

Meski layanan pesawat dibuka, namun perjalanan menggunakan pesawat nggak akan sama seperti saat sebelum pandemi. Banyak persyaratan baru yang perlu kamu patuhi agar bisa melakukan perjalanan dengan pesawat. Apa saja persyaratan yang dimaksud? Cari tahu informasinya secara lengkap dalam ulasan berikut!

______________________________________

  • Hasil Rapid Test atau Swab

    sumber: klikdokter.com

Syarat baru yang satu ini terbilang sangat penting, di mana kamu harus memiliki surat keterangan bebas covid-19. Surat keterangan ini bisa berupa hasil tes dari Swab Negatif atau Rapid Test Non-Reaktif. Tanpa membawa surat keterangan ini, jangan harap pihak maskapai mengizinkan Blibli Friends melakukan perjalanan, sekalipun itu perjalanan domestik yang terbilang dekat.

Saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan layanan Rapid Test dan Swab. Bahkan, beberapa layanan kesehatan menawarkan tes secara drive thru, di mana kamu bisa melakukan tes lebih cepat tanpa perlu turun dari mobil. Layanan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki jadwal cukup sibuk dan tak ada waktu untuk mengantre di dalam rumah sakit. Namun perlu diingat, hasil dari Rapid Test dan Swab sifatnya hanya 14 hari aja. Dengan kata lain, semakin sering kamu melakukan perjalanan, kamu harus rutin melakukan Rapid Test atau Swab.

INFORMASI ASURANSI PERJALANAN PESAWAT BISA KAMU DAPATKAN DI SINI

  • Mengisi E-HAC (Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik)

Ada lagi persyaratan baru yang perlu kamu penuhi, yakni mengisi E-HAC. Pengisian E-HAC bisa kamu lakukan melalui situs website maupun melalui aplikasi Android. Jika kamu lupa atau tak bisa mengaksesnya secara online, kamu masih bisa mengisi kartu ini di bandara kedatangan atau sebelum mendarat.

  • Patuhi Protokol Kesehatan

    sumber: pixabay.com

Protokol kesehatan juga wajib kamu patuhi dengan baik. Selalu gunakan masker selama berada di bandara dan pesawat. Hanya lepas masker sejenak jika kamu ingin makan atau minum. Saat masker di buka, jangan berdiri atau duduk dekat kerumunan. Selain menggunakan masker, kamu juga perlu melakukan physical distancing dengan penumpang pesawat yang lainnya.

Beri jarak sekitar 1 meter antar penumpang saat harus mengantre masuk atau keluar pesawat. Gunakan selalu hand sanitizer setiap menggunakan fasilitas umum yang ada di bandara. Dengan menerapkan protokol kesehatan ini, kamu bisa ikut andil dalam mengurangi penyebaran virus. Untuk itu, jangan lupa bawa new normal starter pack kamu secara lengkap, ya!

______________________________________

Itu tadi persyaratan yang perlu kamu siapkan saat ingin melakukan perjalanan dengan pesawat. Namun, persyaratan di atas sifatnya masih umum, setiap maskapai akan memiliki persyaratan tambahan yang berbeda satu sama lain. Biar persiapan perjalanan kamu lebih lancar, jangan lupa untuk terus cek syarat tambahan dari maskapai yang kamu gunakan, ya! Nggak mau dong biaya pembelian tiket kamu hangus hanya karena teledor dan nggak melengkapi persyaratan.

Di sisi lain, saat ini penerbangan domestik pada setiap maskapai sifatnya masih terbatas. Belum semua rute perjalanan tersedia dan siap untuk beroperasi.

TIKET PESAWAT RUTE KEMANA PUN BISA KAMU BELI DI SINI

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY