Syarat Naik Kereta Api saat New Normal

sumber: pixabay.com

Siapa bilang, new normal bisa menghambat perjalanan bisnis atau liburan kamu ke luar kota? Meski pandemi belum juga berakhir, kamu masih bisa lho melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan jika memang ingin melakukan perjalanan di saat new normal. Mulai dari hasil Rapid Test, mematuhi protokol kesehatan, dan masih banyak lagi. Yuk simak syarat naik kereta api selengkapnya.

Sebelum memutuskan untuk membeli tiket kereta api, yuk cari tahu apa saja persyaratan naik kereta api di era new normal ini. Pastikan seluruh persyaratan di bawah ini Blibli Friends lengkapi sebelum akhirnya membeli tiket, ya!

______________________________________

  • Pesan Tiket H-7

    sumber: pixabay.com

Sebelum muncul pandemi, penumpang bisa lebih leluasa memesan tiket kereta api kapan pun mereka mau. Bahkan, membeli tiket saat hari H keberangkatan pun bukan hal yang nggak mungkin. Namun, diberlakukannya new normal membuat kamu hanya bisa melakukan pembelian tiket H-7 sebelum keberangkatan.

  • Bawa Surat Keterangan Sehat

    sumber: bkdiklat.cirebonkota.go.id

Sama halnya perjalanan dengan pesawat, penumpang kereta api juga harus membawa surat keterangan sehat, berupa hasil Rapid Test Non-Reaktif atau Swab Negatif. Dengan membawa surat keterangan ini, penyebaran virus bisa lebih terminimalisir karena penumpang bergejala tak bisa melakukan perjalanan sementara waktu. Baik hasil Rapid Test Non-Reaktif atau Swab Negatif keduanya hanya berlaku selama 14 hari saja. Jangan buru-buru lakukan tes kesehatan jika jadwal keberangkatan kamu belum pasti, ya!

Kabar baiknya, per 27 Juli beberapa stasiun telah menyediakan layanan Rapid Test. Untuk bisa melakukan tes di stasiun ini, kamu perlu membawa tiket atau menunjukkan kode booking tiket. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan Rapid Test yakni sekitar Rp 85 ribuan. Biaya yang lebih murah dibandingkan di tempat lainnya. Layanan Rapid Test ini juga tersedia mulai pagi hingga malam hari.

  • Wajib Menggunakan Masker

    syarat naik kereta
    sumber: enervon.co.id

Sekalipun sudah mengantongi hasil Rapid Test Non-Reaktif atau Swab Negatif, bukan berarti kamu bisa melakukan perjalanan tanpa menggunakan masker. Sebaliknya, masker tetap wajib kamu gunakan selama berada di stasiun hingga di dalam kereta. Hindari pelepasan masker jika memang tak diperlukan. Untuk lebih berjaga-jaga, jangan lupa bawa cadangan masker di dalam tas. Untuk lebih amannya, kamu juga bisa menggunakan masker dan face shield secara bersamaan.

  • Rajin Mencuci Tangan

    sumber: pixabay.com

Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan tangan kamu selama di perjalanan. Bawalah hand sanitizer di tas dan gunakan setiap kali akan memegang fasilitas umum. Jika menemukan kran air mengalir di sekitar stasiun, bersihkan tangan kamu dalam kran air tersebut, ya!

  • Lakukan Physical Distancing

    sumber: pixabay.com

Mengingat penumpang kereta api nggak cuma berjumlah satu atau dua orang aja, selama di stasiun dan di dalam kereta, kamu perlu terus melakukan physical distancing. Hindari berinteraksi dengan orang asing dengan jarak yang terlalu dekat. Di beberapa kursi sepanjang stasiun akan ada tanda silang yang nggak boleh kamu duduki. Patuhi protokol kesehatan agar kamu nggak mudah tertular virus.

______________________________________

Itu tadi empat persyaratan yang perlu kamu patuhi jika ingin melakukan perjalanan kereta api di masa new normal. Jika kamu terbukti tak mematuhi persyaratan yang ada, pihak stasiun akan langsung melakukan pembatalan tiket tanpa adanya toleransi. Agar hal itu nggak terjadi, patuhi setiap syarat dan terapkan protokol kesehatan dengan baik.

Jika kamu sudah yakin untuk melakukan perjalanan dengan kereta api, beli tiket kereta api tujuan kamu di sini!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY