Rekomendasi Merek Susu Kucing Terbaik untuk Kucingmu

susu kucing

Suatu saat, katakanlah kamu dapat rejeki nomplok anak kucing yang dibuang di depan rumahmu. Atau, kucingmu yang baru saja melahirkan nggak mau menyusui anaknya. Wah, pastinya Blibli Friends langsung pusing tujuh keliling. Sama seperti bayi manusia, bayi anabul baru bisa mencerna susu dari induknya. Kalau induknya menolak menyusui, kamu jadi harus putar akal buat memberikan susu kucing buat si baby kitten. Nah, sebelum kasih susu buat si kucing, ini nih beberapa hal yang wajib Blibli Friends ketahui.


Baca juga: Lucu! Berikut Aksesoris Kucing Wajib yang Kamu Miliki

Manfaat Minum Susu untuk Kucing

susu kucingNah, pastinya Blibli Friends jadi penasaran kan. Apa saja sih manfaat minum susu untuk kucing? Susu yang dihasilkan induk kucing memang kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan buat tumbuh kembang si baby kitten. Nah, apakah kucing sapi juga punya manfaat yang sama buat anak kucing? Jawabannya, nggak! 

Kebanyakan kucing punya intoleransi terhadap laktosa. Sedangkan, susu sapi kaya banget akan kandungan laktosa. Sistem pencernaan kucing nggak dilengkapi dengan enzim yang bisa memecah zat laktosa itu. Konsumsi susu berlaktosa bisa bikin perutnya jadi sakit. Akibatnya, kucing jadi terkena diare. Diare bisa berdampak fatal lho buat anak kucing. 

Untungnya, sekarang ada jenis susu kucing yang diformulasikan khusus buat anak-anak kucing. Susu ini dinamai KMR atau Kitten Milk Replacement. Susu ini minim kandungan laktosa, jadi aman-aman saja buat anak anabul. Selain itu, susu ini juga kaya akan nutrisi yang gampang banget diserap oleh tubuh. Jadi, kitten yang kamu rawat juga punya peluang makin besar buat bertahan hidup. Beberapa juga diformulasikan khusus buat kucing dewasa dan lansia, lho.

Tips Memilih Susu Berkualitas untuk Kucing

tanda kucing melahirkanTernyata susu kucing bermanfaat buat kitten yang ditolak oleh induknya, atau yang dibuang. Sekarang, ada banyak banget merek Kitten Milk Replacement yang dijual di toko-toko petshop maupun online. Supaya kucingmu dapat nutrisi yang dia butuhkan, ini tips pilih susu yang berkualitas.

  1. Pilih Susu Kucing Sesuai Kebutuhan

Buat menemukan susu yang bagus, kamu harus sesuaikan dengan kebutuhan si meong. Buat baby kitten dan anak kucing yang masih dalam masa pertumbuhan, pilih susu yang kaya akan kandungan protein dan lemak. Beda lagi dengan kucing dewasa. Kalau kamu mau kasih dia susu, pastikan susu tersebut memiliki kandungan rendah lemak tapi kaya akan protein. 

Hindari memilih susu yang tinggi lemak, ya. Soalnya, itu bisa bikin kucingmu jadi lebih gampang kena obesitas. Buat kucing yang berusia 9 tahun ke atas, dia sudah mulai menginjak usia senja. Kamu bisa berikan dia susu yang rendah lemak dan kaya akan kandungan glukosamin dan kondroitin. Tapi, kamu juga perlu pertimbangkan kesehatannya. Kucing di umur yang senja lebih rentan kena gangguan ginjal. Jadi, lebih baik jangan terlalu sering kasih kucingmu susu.

2. Pilih Susu Berdasarkan Jenisnya

Sekarang, saatnya Blibli Friends tentukan jenis susu kucing yang cocok. Biasanya, susu buat anabul punya konsistensi berbentuk bubuk. Kamu bisa melarutkan susu bubuk ini dengan air hangat atau air dingin. Cara bikin susu ini juga praktis banget. Kamu bisa atur sendiri porsi susu bubuk yang diinginkan. Ada juga jenis susu cair. Susu ini nggak butuh buat dicampur dengan air lagi. Jadi, praktis banget! Tapi susu cair gampang kadaluarsa begitu kamu sudah membuka kemasannya. Jadi, lebih baik segera kamu habiskan, ya!

Peralatan yang Digunakan untuk Menyusui Kucing

Buat kucing dewasa yang sehat-sehat saja, kamu memang nggak butuh peralatan yang banyak. Cukup tuangkan saja susu ke dalam mangkok minumnya. Saat kucingmu haus, dia pasti langsung minum dengan sendirinya. Tapi, ada kalanya kamu harus menyuapi kucingmu dengan susu. Bisa jadi karena kucingmu masih terlalu kecil buat minum dari mangkoknya sendiri. Atau, kucingmu sedang sakit dan nggak selera makan atau minum. Buat memudahkan pekerjaanmu, ini nih peralatan yang harus kamu siapkan buat menyusui si meong.

  • Dot khusus kucing.
    Kamu bisa beli dot khusus buat kucing di toko hewan peliharaan atau
    pet shop terdekat di kotamu. Kalau di kotamu nggak ada petshop, bisa kok beli online. Di Blibli misalnya, kamu bisa temukan jenis dot kucing ini dengan harga yang terjangkau. Dot kucing biasanya diperuntukkan buat bayi kucing.
  • Spuit atau syringe ukuran 1 ml.
    Buat kamu yang lagi kepepet gara-gara nggak sempat beli dot kucing bisa kok menyusui kucing dengan
    syringe berukuran 1 ml. Kamu bisa beli syringe ini di apotek terdekat.
  • Kain lap bersih.
    Menyusui kucing seringkali berujung berantakan. Sisa-sisa susu bisa saja menempel di bagian bulu sekitar mulut dan bagian dadanya. Makanya, Blibli Friends harus siap sedia kain lap bersih. Kamu bisa basahi kain lap itu dengan sedikit saja air hangat. Setelah itu, usapkan kain lap itu ke bagian tubuh kucing yang terkena air susu. Ini bertujuan supaya bulu kucingmu nggak lengket dan mengundang semut. Nggak mau kan kucing kesayanganmu dikerubuti oleh semut? Lakukan langkah ini setelah kamu selesai menyusui si meong, ya.

Rekomendasi Merek Susu Terbaik

Apa saja sih merek susu kucing terbaik untuk si meong? Ini nih 10 rekomendasi susu yang bisa Blibli Friends beli.

  1. Growssy

Growssy Susu Kucing 20 g Kemasan Sachet
Growssy Susu Kucing 20 g Kemasan Sachet

Cari susu kucing yang berkualitas? Blibli Friends bisa coba produk susu Growssy. Dari segi kualitas, susu ini nggak perlu diragukan lagi. Apalagi, susu ini memang sudah banyak banget digunakan pencinta anabul di Indonesia. Susu yang diproduksi pabrik asal New Zealand ini berbentuk bubuk granule yang cepat banget larut. Keunggulan lainnya dari susu ini adalah dia nggak akan menggumpal. 

Kandungan laktosa di dalam susu bubuk ini juga rendah banget. Jadi, aman banget buat dikonsumsi kitten. Hadir dengan kemasan sachet, merk ini cocok buat kucing di segala usia. Blibli Friends bisa beli produk susu kucing ini dengan kisaran harga 3 ribuan di Blibli.

2. Super Cat Milk

CM PETSHOP Best In Show Supercat Milk Sachet Susu Bubuk Kucing
CM PETSHOP Best In Show Supercat Milk Sachet Susu Bubuk Kucing

Produsen makanan kucing Super Cat juga tawarkan produk susu yang berkualitas. Susu ini hadir dalam kemasan bubuk yang gampang banget dibuat, Kamu cukup menyeduh susu ini dengan air hangat. Susu Super Cat ini kaya akan kandungan vitamin A, D3, dan vitamin E yang bagus banget buat menunjang pertumbuhan kitten.

Selain itu, kandungan vitamin di dalam susu ini juga bisa bantu memperkuat kekebalan tubuhnya. Susu ini juga mengandung nutrisi yang bagus banget buat bantu mempercepat proses pemulihan anabul yang sedang sakit. Kamu bisa beli susu ini dengan harga 8 ribuan per-sachet. 

3. Milk Kit 

Milk Kit Cat 30gr Susu Kucing Semua Usia Susu Anak Kucing Kitten Cat
Milk Kit Cat 30gr Susu Kucing Semua Usia Susu Anak Kucing Kitten Cat

Anak kucing yang masih bayi butuh nutrisi yang tepat supaya dia bisa tumbuh maksimal. Salah satunya, adalah kandungan kolostrum yang berperan buat memperkuat kekebalan tubuhnya. Buat kitten yang ditolak induknya bisa kamu kasih produk susu bubuk Milk Kit ini. 

Susu ini nggak cuma mengandung protein dan vitamin esensial yang dibutuhkan si baby kitten. Dia juga bisa dapatkan manfaat kolostrum yang bikin si meong jadi nggak gampang terserang penyakit. Buat 1 sachet susu Milk Kit 30 gram ini bisa kamu beli dengan harga 6 ribuan rupiah saja. Murah banget, kan?

4. Cat Milk Koneko

Cat Milk Susu Bayi Kucing Susu Kucing Koneko
Cat Milk Susu Bayi Kucing Susu Kucing Koneko

Koneko adalah produk susu kucing asal Jepang yang juga termasuk punya kualitas yang sangat bagus. Susu ini diformulasikan khusus dengan teknologi Jepang yang menghasilkan produk susu rendah laktosa yang aman banget buat pencernaan si meong. Susu ini nggak cuma kaya akan protein. 

Tapi, kucingmu juga bisa merasakan manfaat dari kandungan antioksidan, Taurin, DHA, dan kalsium yang gampang diserap oleh si meong. Hadir dalam kemasan bubuk, produk ini aman dikonsumsi oleh kucing segala usia. Bahkan, kucing yang hamil juga boleh banget mengonsumsinya. Buat satu sachet susu Koneko kemasan 200 gram dijual dengan harga sekitar 31 ribuan.

5. Milkyvar

MilkyVar Kitten Milk Replacer Susu kucing 20 g Sachet
MilkyVar Kitten Milk Replacer Susu kucing 20 g Sachet

Khawatir kucingmu nggak cocok dengan susu yang kamu beli? Blibli Friends nggak perlu khawatir asalkan kamu beli produk Milkyvar. Produk susu kemasan sachet ini lumayan populer lho di kalangan pencinta Meong. Susu ini memiliki kandungan formula yang gampang banget buat dicerna dan diserap sistem pencernaan si meong.

Jadi, kucingmu bisa dapat segala kebaikan dari susu formula ini tanpa bikin dia terkena diare. Selain cocok buat anak kucing yang baru lahir, susu kucing ini juga aman dikonsumsi induk kucing yang lagi hamil, lho. Harganya juga terjangkau banget. Produk susu Kitten Milk Replacement ini bisa kamu beli dengan harga 9 ribu rupiah per sachetnya. 

6. Top Growth Kitten Milk Replacement

Top Growth Kitten Milk Replacer Susu Kucing 250 g
Top Growth Kitten Milk Replacer Susu Kucing 250 g

Top Growth adalah salah satu merek penyedia kebutuhan kucing yang paling populer. Brand ini juga tawarkan produk Kitten Milk Replacement. Susu kucing ini cocok banget buat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak-anak kucing yang baru lahir. Formulanya yang rendah laktosa tapi tinggi kalsium bisa dukung pertumbuhan anak kucing secara maksimal. 

Bahkan, biarpun dia nggak dibesarkan lewat air susu induknya sekalipun. Selain kandungan kalsium dan protein, susu kucing Top Growth ini juga kaya akan potasium, antioksidan, magnesium dan berbagai vitamin dan zat mineral yang esensial. Susu kucing kemasan sachet 250 gram ini dijual dengan harga sekitar 32 ribuan saja. 

7. ZEAL Lactose Free Pet Milk

ZEAL Lactose Free Pet Milk Susu Hewan 1000 mL
ZEAL Lactose Free Pet Milk Susu Hewan 1000 mL

Biarpun susu cair ini punya kegurihan rasa susu sapi, jangan salah! Susu kucing ini tetap aman kok dikonsumsi si meong. Produk susu ZEAL ini terdiri dari 99,5% nutrisi hewani yang bebas laktosa. Selain itu, susu cair ini juga aman banget buat dikonsumsi kucing yang punya sistem pencernaan sensitif dan punya alergi. Kandungan nutrisi yang ada di dalam susu ini juga bisa dicerna dengan gampang oleh si meong. 

Khasiat susu kucing ini adalah buat memperkuat tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Susu formula ini juga mengandung taurine yang bagus banget buat merawat organ mata si meong. Cocok buat segala usia kucing, susu kucing ZEAL ini bisa kamu beli dengan harga sekitar 60 ribuan di Blibli.

8. Whiskas Cat Milk

Blibli Friends,tahu nggak? Ternyata, Whiskas juga luncurkan produk susu kucing lho. Produk susu dalam bentuk cair ini bagus banget buat perkembangan si meong. Produk cat milk dari Whiskas ini dijamin rendah laktosa. Jadi aman banget deh buat dikonsumsi kucing kesayanganmu. Kandungan nutrisi dan mineral penting yang ada di dalam susu ini juga diformulasikan secara khusus supaya kucing gampang mencernanya. 

Jadi, kamu nggak perlu lagi khawatir kucingmu terkena penyakit diare gara-gara minum susu. Hadir dengan kemasan botol 200 ml, susu kucing Whiskas ini diperuntukkan buat kucing di atas usia 6 minggu. Dari segi harga, kamu harus rogoh kocek sebesar 90 ribuan buat dapatkan produk susu kucing ini.

9. Royal Canin Babycat Milk

Royal Canin Babycat Milk Susu untuk Anak Kucing Per Sachet Freshpack
Royal Canin Babycat Milk Susu untuk Anak Kucing Per Sachet Freshpack

Dari segi kualitas, kamu nggak perlu ragukan lagi kualitas susu kucing dari Royal Canin ini. Produk Babycat Milk ini punya kandungan gizi yang tinggi dan dibutuhkan buat anak-anak kucing. Tapi, kamu nggak perlu khawatir! Kandungan yang ada di dalam susu kucing ini gampang banget kok dicerna oleh sistem pencernaan si baby kitten. Selain itu, kandungan DHA bantu jaga perkembangan sel-sel syaraf si meong. 

Tekstur susu kucing yang berbentuk bubuk halus ini bikin susu Royal Canin ini gampang banget dilarutkan di dalam air. Susu kucing ini diformulasikan buat memenuhi kebutuhan nutrisi kucing usia 0 – 2 bulan. Blibli Friends bisa beli produk susu kucing ini dengan harga 200 ribuan buat satu kemasan kaleng 300 gram.

10. KMR® Kitten Milk Replacer Powder

SRIREJEKI KMR Kitten Milk Replacer Powder 340 g
SRIREJEKI KMR Kitten Milk Replacer Powder 340 g

Susu kucing formula ini bisa dibilang memang punya harga yang mahal. Tapi, dijamin worth it banget kok dengan kualitasnya. Susu kucing yang hadir dalam kemasan kaleng 340 gram ini banyak dipakai oleh catlovers di Amerika Serikat, lho. 

Bahan baku dari susu formula buat kucing ini memang diciptakan supaya identik dengan air susu induk kucing. Susu formula ini ideal diberikan pada anak kucing yang berusia 0 – 6 minggu. Buat dapatkan susu kucing ini, kamu harus bersiap merogoh kocek sebesar 400 ribuan.

__________________________

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Kucing Anggora Berkualitas

Itulah rekomendasi susu kucing berkualitas terbaik yang wajib kamu tahu. Sekarang, kamu bisa cari produk susu buat si meong dengan harga terbaik di Blibli. Jangan lupa, kamu juga perlu beli dot kucing atau spuit buat memudahkan tugasmu. Manfaatkan promo voucher dari Blibli buat dapatkan harga yang lebih terjangkau, ya!

Dapatkan Susu Berkualitas untuk Kucingmu Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY