me

Surat Yusuf: Keutamaan, Makna, dan Pelajaran Hidup

Jun 25, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/rawpixel-com
Pelajari keutamaan dan makna dari Surat Yusuf yang penuh dengan pelajaran hidup dan kisah keajaiban dalam Al-Quran.

Blibli Affiliate

Surat Yusuf adalah surat ke-12 yang terdiri dari 111 ayat, tergolong sebagai surah Makkiyah karena diturunkan di Makkah. Surah yang satu ini menceritakan secara detail kisah Nabi Yusuf dari awal hingga akhir. Surat Yusuf juga mengandung banyak pelajaran dan hikmah yang bisa kita ambil dalam kehidupan sehari-hari, lho! Penasaran dengan bahasan lengkapnya? Simak di bawah ini!

Baca juga:


Surat Yusuf beserta Transliterasi dan Terjemahannya

Berikut adalah kutipan Surat Yusuf ayat 1-6 dalam tulisan Arab, cara membacanya (transliterasi), dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

الۤرٰۗ تِلْكَ اٰيٰتُ الْكِتٰبِ الْمُبِيْنِۗ ۝١

Alif-Laaam-Raa; tilka Aayaatul Kitaabil Mubiin

Artinya, “Alif Lām Rā. Itulah ayat-ayat Kitab (Al-Qur’an) yang jelas (arti dan petunjuknya).”

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ ۝٢

Innaaa anzalnaahu quraanan ‘Arabiyyal la ‘allakum ta’qiluun

Artinya, “Sesungguhnya Kami menurunkannya (Kitab Suci) berupa Al-Qur’an berbahasa Arab agar kamu mengerti.”

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْاٰنَۖ وَاِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهٖ لَمِنَ الْغٰفِلِيْنَ ۝٣

Nahnu naqussu ‘alaika ahsanal qasasi bimaaa awhainaaa ilaika haazal quraana wa in kunta min qablihii laminal ghaafiliin

Artinya, “Kami menceritakan kepadamu (Nabi Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur’an ini kepadamu. Sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang-orang yang tidak mengetahui.”

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ ۝٤

Iz qoola Yuusufu li abiihi yaaa abati innii ra aytu ahada ‘ashara kawkabanw wash shamsa walqamara ra aytuhum lii saajidiin

Artinya, “(Ingatlah) ketika Yusuf berkata kepada ayahnya (Ya‘qub), “Wahai ayahku, sesungguhnya aku telah (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan. Aku melihat semuanya sujud kepadaku.”

قَالَ يٰبُنَيَّ لَا تَقْصُصْ رُءْيَاكَ عَلٰٓى اِخْوَتِكَ فَيَكِيْدُوْا لَكَ كَيْدًاۗ اِنَّ الشَّيْطٰنَ لِلْاِنْسَانِ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ ۝٥

Qoola yaa bunaiya laa taqsus ru’yaaka ‘alaaa ikhwatika fayakiiduu laka kaidaa; innash Shaitaana lil insaani ‘aduwwum mubiin

Artinya, “Dia (ayahnya) berkata, “Wahai anakku, janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu karena mereka akan membuat tipu daya yang sungguh-sungguh kepadamu. Sesungguhnya setan adalah musuh yang jelas bagi manusia.”

وَكَذٰلِكَ يَجْتَبِيْكَ رَبُّكَ وَيُعَلِّمُكَ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِ وَيُتِمُّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكَ وَعَلٰٓى اٰلِ يَعْقُوْبَ كَمَآ اَتَمَّهَا عَلٰٓى اَبَوَيْكَ مِنْ قَبْلُ اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْحٰقَۗ اِنَّ رَبَّكَ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌࣖ ۝٦

Wa kazaalika yajtabiika rabbuka wa yu’allimuka min taawiilil ahaadiisi wa yutimmu ni’matahuu ‘alaika wa ‘alaaa Aali Ya’quuba kamaaa atammahaa ‘alaaa abawaika min qablu Ibraahiima wa Ishaaq; inna Rabbaka ‘Aliimun hakiim

Artinya, “Demikianlah, Tuhan memilihmu (untuk menjadi nabi), mengajarkan kepadamu sebagian dari takwil mimpi, serta menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Ya‘qub, sebagaimana Dia telah menyempurnakannya kepada kedua kakekmu sebelumnya, (yaitu) Ibrahim dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.”

Keutamaan dan Makna Surat Yusuf

freepik.com/author/rawpixel-com

Bagi kamu yang mungkin belum tahu, Surat Yusuf sering dianggap sebagai salah satu surat yang paling memotivasi. Kisah dalam surat ini mengajarkan kita tentang kesabaran, keteguhan iman, serta pentingnya selalu berbuat baik meskipun kita sedang menghadapi cobaan. 

Kisah Nabi Yusuf yang dijebak oleh saudara-saudaranya, dipenjara, dan akhirnya menjadi salah satu pejabat tinggi di Mesir menunjukkan bahwa Allah selalu punya rencana terbaik bagi hamba-Nya yang sabar dan tawakal.

Kisah dan Keajaiban dalam Surat Yusuf

Surat Yusuf dan kisah keajaiban dalam Al-Quran adalah salah satu tema yang selalu menarik untuk dibahas. Cerita dalam surat ini dimulai dengan mimpi Nabi Yusuf yang menakjubkan, di mana ia melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan sujud kepadanya. Mimpi ini merupakan pertanda akan nasibnya di masa depan. Namun, perjalanan menuju mimpi tersebut penuh dengan tantangan dan ujian.

Saudara-saudara Yusuf merasa iri dan merencanakan untuk menyingkirkannya. Mereka melemparkan Yusuf ke dalam sumur, berharap dia tidak akan kembali. Namun, dengan kehendak Allah, Yusuf diselamatkan dan dibawa ke Mesir, di mana ia akhirnya diangkat menjadi seorang yang sangat berpengaruh. Surat Yusuf menunjukkan bahwa keajaiban bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, selama kita tetap beriman dan sabar.

Dalam surat ini, kamu juga bisa menemukan banyak pelajaran tentang bagaimana menghadapi cobaan dan ujian dalam hidup. Kisah Yusuf yang tetap menjaga keimanannya meskipun dipenjara dan dihadapkan pada berbagai fitnah mengajarkan kita tentang pentingnya keteguhan hati dan kejujuran.

Pelajaran Berharga dari Surat Yusuf

freepik.com/author/noongraphy

Surat Yusuf untuk mengambil pelajaran dari kisah Nabi Yusuf menawarkan berbagai pelajaran berharga. Pertama, kita diajarkan tentang pentingnya memiliki mimpi dan visi yang jelas dalam hidup. Mimpi Yusuf menjadi kenyataan bukan karena kebetulan, tetapi karena ia tetap berusaha dan tidak pernah menyerah, meskipun banyak rintangan yang harus dilalui.

Kedua, surat ini mengajarkan tentang pentingnya memaafkan. Ketika saudara-saudara Yusuf datang meminta maaf, Yusuf dengan lapang dada memaafkan mereka dan tidak menyimpan dendam. Ini adalah contoh sempurna tentang bagaimana kita harus selalu berusaha untuk memaafkan orang lain, meskipun mereka telah berbuat salah kepada kita.

Ketiga, Surat Yusuf juga mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik dan jujur, apapun situasi yang kita hadapi. Nabi Yusuf selalu menunjukkan sifat yang mulia dan jujur, bahkan ketika ia berada di penjara. Karena sikapnya yang baik dan jujur, ia akhirnya diberi kepercayaan untuk memimpin Mesir dan menyelamatkan banyak orang dari kelaparan.

Dalam Surat Yusuf, terdapat banyak sekali keutamaan dan pelajaran yang bisa kita ambil dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari kisah Nabi Yusuf, kita belajar tentang kesabaran, keteguhan iman, memaafkan, dan selalu berbuat baik. Semoga artikel ini bisa memberikan kamu inspirasi dan motivasi untuk selalu tetap teguh dalam menghadapi berbagai cobaan hidup, ya?


Baca juga

Jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ibadah kita. Salah satunya bisa dengan melengkapi perlengkapan ibadah seperti  peci, sarung, mukena, sajadah dari Blibli. Temukan berbagai pilihan produk dengan kualitas terbaik hanya di Blibli!