me

Sumpah! 7 Resep Pasta Ini Mudah Banget Dibuat!

Oct 27, 2022.By Nadine
Bagikan

image source: pexels

Meski merupakan masakan khas Italia, pasta seperti fettucine dan spaghetti tentu bukan makanan yang asing bagi lidah orang Indonesia. Jika kamu merupakan penikmat pasta di restoran Italia, mungkin kamu boleh mulai mencoba membuatnya sendiri.

Sebenarnya, nggak semua resep pasta itu sulit,lho! Dengan bahan sederhana dan proses yang singkat, sepiring spaghetti atau fettucine lezat sudah bisa kamu santap tanpa perlu mengeluarkan kocek dalam dan jauh-jauh ke restoran.

Penasaran? Yuk, lihat resep-resep mudah dan unik pasta berikut.

1. Carbonara

image source: thestayathomechef

Ciri khas dari karbonara adalah sausnya yang creamy dan berwarna keputihan. Komponen utamanya cukup sederhana, hanya susu dan juga keju cheddar yang direbus bersama garam, merica, sedikit oregano. Tambahan juga daging seperti ayam, sapi, atau potongan bakso dan sosis biar rasanya semakin greget di mulut.

Semua bahan ini biasanya ditumis bersama bawang bombay dan bawang putih hingga mengental. Cukup mudah, proses pembuatan saus carbonara nggak memakan waktu lebih dari lima belas menit. Setelah itu, kamu cukup masukkan pasta yang sebelumnya sudah direbus di air garam dan aduk.

Nggak perlu buat gebetan kamu menunggu lama, kamu sudah bisa sajikan sepiring carbonara untuknya.

 2. Bolognese klasik

image source: kamusmasak

Bolognese adalah salah satu varian saus pasta yang paling populer. Tapi siapa sangka saus berwarna kemerahan dengan bahan dasar saus tomat ini ternyata bisa dengan mudah kamu buat sendiri lho di rumah!

Bahan yang kamu perlukan adalah saus tomat, irisan tomat segar, daging kornet, dan parutan keju cheddar. Semua bahan ini kamu tumis bersama bawang bombay dan bumbui dengan garam, merica, serta  taburanoregano.

Setelah saus jadi, cukup tuangkan ke atas pasta yang telah direbus. Lengkapi tampilan pasta bolognese kamu dengan menambah taburan parutan keju di atasnya. Silahkan memanjakan lidahmu!

3. Pesto

image source: thatdeliciousdish

Jika dua saus sebelumnya perlu dimasak, maka saus pesto tidak memerlukan proses memasak dengan api sama sekali. Tentu hal ini menjadikan makanan satu ini jauh lebih sehat. Dan sudah pasti lebih gampang.

Cukup masukkan keju parmesan, bawang putih, parsley, daun basil, pipe nut, dan gula serta garam secukupnya ke dalam food processor atau blender. Kamu bisa tambahkan minyak zaitun untuk mempermudah proses penghancuran bahan-bahan tersebut. Nggak sampai sepuluh menit sausmu sudah siap.

Masukkan ke mangkuk dan campur saus pesto dengan spaghetti atau fettucine yang telah direbus. Aduk hingga rata dan pasta pesto siap kamu sajikan.

 4. Aglio olio

image source: theplantbasedschool

Jika dari tadi kita menggunakan saus, maka varian spaghetti satu ini nggak akan menggunakan saus sama sekali. Bisa dibilang seperti tidak menggunakan apa-apa.

Bahan spaghetti aglio olio sangat sederhana, yaitu hanya bawang putih yang digeprek, cabai rawit, daun parsley yang dibumbui garam, merica, serta oregano. Semua bahan ini kemudian ditumis menggunakan minyak zaitun.

Setelah tumisanmu mengeluarkan aroma sedap, masukkan spaghetti yang sudah direbus dan tumis sebentar bersama bumbu-bumbu yang kamu tumis sebelumnya. Setelah rata, aglio olio sudah siap kamu sajikan.

Jika kamu suka, kamu bisa juga menambahkan sedikit protein dari daging bakso atau irisan daging ayam dalam aglio olio. Spaghetti juga bisa kamu ganti dengan fettucine, fussili, atau jenis pasta lainnya.


BACA JUGA Apa Saja Makanan Khas Yang Bisa Kamu Santap Di Bali?


 5. Spaghetti sosis

image source: kreasimasakan

Yang kali ini mungkin akan sedikit unik. Sebelum kamu merebus spaghetti, coba tusukkan spaghetti yang masih keras ke dalam potongan daging sosis baru kemudian direbus. Hal ini membuat sosis akan berada di antara spaghetti yang sudah lembut.

Biasanya spaghetti sosis ini bisa kamu sajikan dengan saus bolognese dan cocok untuk dijadikan bekal untuk anak-anak sekolahan karena penyajiannya yang digemari oleh anak-anak.

Jika bosan, potongan sosis juga bisa kamu ganti dengan bakso, lho.

 6. Pasta goreng mentega

image source: zaralovebaking

Pada dasarnya pasta goreng mentega bisa kamu kreasikan dengan berbagai jenis daging, mulai dari ayam, sapi, hingga seafood. Cara memasaknya juga cukup mudah.

Sesaat sebelum pasta yang sedang direbus diangkat, tumislah udang menggunakan mentega. Ketika udang sudah setengah matang, tambahkan kecap manis dan kecap asin secukupnya. Tambakan juga sedikit air dan bumbu seperti garam, gula, dan merica.

Setelah kecap mengental, masukkan pasta yang sudah ditiriskan dan aduk bersama udang yang telah digoreng mentega. Sajikan pasta goreng mentega ini dengan irisan daun bawang.

7. Spaghetti rendang

image source: cookpad.com

Resep kali ini memiliki cita rasa nusantara. Mungkin terdengar susah, tapi sebenarnya nggak begitu sulit untuk dibuat. Kamu cukup beli bumbu rendang yang ada di pasar tradisional atau yang telah dikemas di supermarket.

Masak bumbu ini bersama irisan dadu daging sapi. Jika kamu nggak suka sapi, kamu bisa menggantinya dengan daging apa saja. Masak daging dengan bumbu rendang hingga matang. Setelah itu masukkan spaghetti yang telah direbus. Aduk hingga merata.

Spaghetti dengan cita rasa rendang sudah bisa kamu sajikan. Resep ini bisa kamu kreasikan juga dengan fettucine, fussili, atau jenis pasta lainnya.

Ternyata menghadirkan sajian pasta ke atas meja makanmu nggak sesulit yang kamu bayangkan, bukan? Apalagi bahan-bahan membuat pasta kini dengan mudah bisa kamu temukan. Seperti produk pasta La Fonte yang bisa kamu peroleh mudah secara online di Blibli.com.

Nggak hanya sehat, tentu memasak pasta sendiri di rumah juga bisa menghemat pengeluaranmu. Yuk, kreasikan sendiri resep-resep pasta instan ala dapurmu!

 

Tag: