Apakah kamu pernah terpikir untuk menjadikan mobil pribadimu sebagai tempat tinggal yang layak? Menemukan rumah dengan lokasi dan kondisi yang memuaskan bisa jadi hal yang sulit dipenuhi. Kalau begitu, kenapa kamu nggak mencoba untuk tinggal di mobil yang kamu punya sekarang?

Ada orang yang lebih memilih untuk tinggal di dalam kendaraan pribadi demi menghemat biaya. Dengan memilih untuk tinggal di mobil, kamu bisa menghindari biaya pajak pembangunan, listrik, dan biaya-biaya perawatan perumahan lainnya.

Tapi, menyulap mobil untuk menjadi tempat tinggal yang nyaman dan layak memang nggak gampang. Bahkan, biaya modifikasi penuh di bengkel bisa mencapai Rp 10-15 jutaan. Daripada ribet begitu, lebih baik pelajari cara-cara mandiri untuk memodifikasi mobil kamu tanpa harus keluar biaya yang berlebihan disini.

1. Mobil nggak boleh terlalu panaspanas

Via thefacialfitness.com

Bayangkan kalau AC di rumah kamu sedang rusak dan udara luar pun sedang terik-teriknya, pasti akan bikin kamu nggak betah kan? Begitu pula dengan mobil, apalagi jika kamu memang berminat untuk tinggal di sana.

Bagaimana cara agar udara di mobil tetap sejuk dan nggak membakar kulit? Kamu bisa menggunakan ventilasi yang dibuat khusus untuk mobil.

Lebih asyiknya lagi, ventilasi ini nggak menggunakan baterai, listrik, atau bensin kamu. Hanya dengan tenaga matahari, kipas pada ventilasi akan bekerja dan mengusir udara panas.

Nggak hanya untuk membuat udara makin sejuk, ventilasi juga berguna jika kamu tidur di mobil. Salah satu resiko terbesar ketika tidur di mobil adalah kebocoran sistem exhaust. Bila ada kesalahan mekanik, kamu bisa tercekik gas monoksida ketika tidur.

Bila kamu memiliki ventilasi kemungkinan kecelakaan itu akan menjadi semakin kecil. Kamu nggak perlu takut untuk tidur di mobil dengan AC yang menyala.

 2. Pastikan kamu bisa tidur dengan nyamanbisa-tidur-nyaman

Via oppositelock.kinja.com

Setelah menambahkan ventilasi agar kamu bisa “bernafas”, kamu juga harus memastikan kalau kamu bisa tidur dengan nyaman di mobil kamu. Bangku pada mobil nggak selalu bisa memberikan kenyamanan, apalagi kalau dipakai untuk tidur lama.

Ini nggak berarti kamu harus mengganti bangku kamu dengan jok yang super keren. Mungkin beberapa orang sudah merasa nyaman tidur di jok bangku mobil, tapi ada juga yang nggak bisa tidur lama di bangku yang relatif sempit.

Karena itu, daripada kamu harus mengubah seluruh interior mobil, kamu cukup menggunakan ranjang portable yang bisa digunakan dan disimpan kembali kapan saja.

Kalau kamu sudah bisa merasa nyaman dan aman untuk tidur di dalam mobil kamu, maka kamu sudah setengah jalan dalam menyulap mobil kamu menjadi tempat tinggal.

3. Hiburan dan internet harus tetap berjalan dengan lancarhiburan

Via JohnHimpe.com

Kamu juga bisa membuat mobil kamu menjadi tempat tinggal yang nyaman dengan menambahkan sarana hiburan.

Kebayang dong betenya kalau nggak ada sinyal atau internet di rumah? Kamu pasti akan susah berkomunikasi, meng-update media sosial, menonton Youtube, ataupun mengikuti hal-hal yang lagi trending. Maka dari itu, pastikan mobil kamu bisa menangkap sinyal yang kuat.

Untuk itu, kamu cukup menambahkan alat penguat sinyal pada antena mobil kamu. Langkah-langkah untuk memasang alat ini pada mobil juga nggak susah, kamu cukup menempelkan alat ini saja dan nggak akan ada lagi sinyal statik di dalam mobil kamu.

Selain itu, bentuk hiburan lain yang bisa kamu tambahkan di mobil kamu adalah televisi. Memasangkan layar LCD pada interior mobil memang akan membutuhkan biaya lebih, tapi barang satu ini pasti akan kamu gunakan setiap hari.

Kamu nggak perlu lagi tergantung sama layar smartphone atau bahkan bawa masuk TV tabung ke dalam mobilmu!


BACA JUGA Ingin Mobil Bisa Berakselerasi Ala Fast and Furious? Ini 4 Caranya


4. Keamanan serta kebersihan kendaraan yang maksimalkeamanan-berkendara

Via blog.allstate.com

Sama seperti rumah, tempat tinggal manapun harus bisa menyediakan keamanan kepada pemiliknya. Kalau untuk masalah perlindungan, alarm mobil adalah pilihan terbaikmu.

Kamu juga bisa memarkir mobilmu di tempat yang ramai ataupun di bawah lampu jalan. Jangan memarkir mobil di tempat yang sepi, apalagi jika kamu akan bermalam di mobil. Dengan memarkir di daerah yang lebih ramai, kamu bisa berteriak dan minta pertolongan orang sekitar dengan lebih mudah.

Selain itu, usahakan untuk selalu membersihkan interior pada mobil kamu. Bayangkan kalau kamu tinggal di rumah yang kotor dan penuh debu. Selain mengundang penyakit, rumah pun menjadi nggak nyaman untuk ditinggali.

Ada alasan keamanan juga loh. Tahu nggak, kalau mobil yang kotor dengan banyak benda yang berserakan amatlah mengundang pencuri? Mereka akan mengira ada suatu benda berharga di antara barang-barang yang berserakan.

Karena alasan ini juga kamu harus rajin-rajin membersihkan bagian dalam mobil supaya bebas debu dan terlihat rapih.

5. Maksimalkan “ruang” pada bagasibagasi

Via european-innovation-award.com

Gunakan ruang lebih pada bagian bagasi mobil kamu untuk menyimpan peralatan-peralatan penting lainnya. Kamu juga bisa menyimpan baju-baju dan sepatu kamu di bagasi.

Sebenarnya, kegunaan ruang pada bagasi nggak hanya terbatas untuk menyimpan barang saja. Kamu bisa menyulapnya menjadi dapur dengan menambahkan kulkas khusus mobil untuk menyimpan minuman dan makanan segar.

Hal yang paling penting ketika kamu tinggal di dalam kendaraan adalah meminimalisir barang-barang kamu. Usahakan untuk hanya membawa peralatan yang perlu saja. Jangan menyimpan baju yang terlalu banyak karena akan terasa sempit dan sumpek.

Ingat, tinggal di mobil belum tentu menghemat biaya kalau kamu menggunakan bensin dengan sangat boros. Untuk menghindari hal ini, gunakan stabilizer listrik supaya bisa menekan biaya untuk bahan bakar.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY