Kemajuan teknologi memberi kemudahan pada banyak hal, termasuk saat kamu memutuskan bekerja di rumah, baik sebagai profesional maupun membuka usaha rumahan. Banyak orang membayangkan bekerja di rumah menyenangkan, karena kamu memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Bekerja di rumah tidak lebih mudah dibanding bekerja di kantor.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa produktif bekerja dari rumah. Bila kamu mempunyai komitmen tinggi untuk bekerja di rumah, kamu tetap bisa mencapai sukses. Beberapa orang bahkan bisa memperoleh penghasilan lebih besar ketika bekerja di rumah, dibanding orang-orang yang bekerja di kantor. Tapi ingat, kamu harus mengerti caranya dan konsisten dalam menjalankannya.

Apa saja syarat untuk mencapai kesuksesan saat bekerja dari rumah? Cek beberapa hal berikut ini:

  1. Disiplin dengan tetap membuat jam kantormembuat jam kantor

Bekerja di rumah kok harus memiliki jam kantor? Sama dengan kerja di kantor dong. Ya, kamu tetap harus menentukan jam bekerja saat di rumah. Misalnya saja kamu memilih menjadi pengusaha katering di rumah, kamu tetap harus mempunyai waktu khusus untuk menawarkan jasa kamu dan membuat rencana pemasaran seperti membuat brosur, mengisi konten web, dan juga menyebarkannya melalui media sosial. Bila kamu hanya menunggu pelanggan datang tanpa bekerja secara rutin, rasanya sulit untuk mencapai sukses. Ini penting untuk menjaga kedisiplinan kamu, sehingga target pun bisa lebih mudah tercapai.

  1. Permudah datangnya ide dengan memiliki ruang kerja khususmembuat ruang kerja sendiri

Ruang kerja khusus yang tidak bercampur dengan ruang keluarga lainnya juga syarat yang akan memudahkan kamu bekerja. Misalnya kamu seorang desainer interior dan sudah memiliki beberapa klien. Tanpa ruang kerja khusus, rasanya sulit untuk bekerja seceara optimal. Bayangkan saja kamu bekerja di ruang tamu lalu si kecil mengajak bermain, mungkin pekerjaan kamu bisa terganggu. Padahal klien sudah menunggu. Jadi, tetap usahakan untuk punya ruangan khusus ya.


BACA JUGA Meja Kerja Berantakan? Ini Solusinya


  1. Lengkapi meja kerja dengan peralatan pendukung karyalengkapi meja kerja

Kamu sebaiknya juga memiliki perlengkapan kantor seperti ketika kamu masih bekerja di perusahaan. Kamu tetap perlu memiliki rak untuk menyimpan dokumen kontrak atau stationary yang digunakan secara rutin. Kamu juga perlu memasang white board untuk mencatat perencanaan kerja. Untuk memulai pekerjaan di rumah, setidaknya Anda memiliki perlengkapan seperti pernak pernik ini. Kamu bisa membeli perlengkapan kantor di Blibli.com dengan berbagai manfaat seperti bebas ongkos kirim. Jadi tak perlu repot, barang akan diantar untuk mendukung kerja Kamu.

  1. Buat target yang jelasmembuat target

Bukan hanya harus memiliki ruang kerja dan waktu kerja yang pasti, kamu sebaiknya juga menentukan target yang ingin dicapai, baik target harian, mingguan, atau bulanan. Misalnya saja kamu bekerja sebagai desainer interior, tentukan target mingguan misalnya mengontak 1-2 klien baru. Hal-hal seperti ini perlu kamu lakukan. Bila tidak memiliki target, kamu bisa bekerja terlalu santai dan hasil yang diinginkan tidak tercapai. Kesuksesan yang Anda inginkan bisa meleset dari yang dibayangkan di awal.

Dengan beberapa tips tadi, semoga kammu bisa bekerja lebih maksimal di rumah ya. Bahkan siapa tahu, rumah kamu lama-lama akan jadi kantor betulan dan punya beberapa karyawan. Kalau sudah begitu, kamu pun bisa membuka lapangan kerja baru. Sukses ya.

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

1 COMMENT

  1. Wah terima kasih sekali, nemu artikel seperti ini. kebetulan ada wacana dari kantor untuk kerja dari rumah saja karena kerjaan bisa dihandle full online. semoga tetap tercapai target seperti saat kerja di kantor, sudah agak deg deg an bisa fokus apa enggak. Makasih 🙂

LEAVE A REPLY