Kepanasan di siang hari? Hmm… minum es buah segar banget kayaknya ya? Wah.. tapi gulanya bisa bahaya. Itu mungkin banyak tips dari beragam artikel kesehatan yang kamu baca. Gula yang ada di sirup, bahkan buah-buahan tertentu seperti mangga atau pisang, konon sangat tinggi. Jadi kalau tidak hati-hati, penyakit gula atau diabetes bisa datang. Tapi apa betul gula sejahat itu? Si manis itu ternyata juga punya banyak manfaat untuk kesehatan kok.

Coba perhatikan. Saat lemas kepanasan dan minum yang manis, biasanya badan langsung terasa segar. Itulah sebenarnya salah satu manfaat dari gula. Asal dikonsumsi dalam tingkat yang wajar, gula malah banyak kok manfaatnya untuk kesehatan. Apa saja? Nih buktinya…

1. Sebagai sumber energi yang cukup cepat memulihkan kondisi tubuh

Gulaku - sumber energi

via telegraph.co.uk

Zaman dulu, orang banyak membawa gula merah atau gula jawa sebagai bekal perjalanan jauh. Kalau kecapekan dan belum menemukan tempat istirahat, mereka akan mencuil gula untuk dimakan seperti permen. Konon itu akan jadi salah satu sumber tambahan energi mereka. Ternyata berdasar penelitian, gula memang punya kemampuan untuk diproses menjadi glukosa yang dibutuhkan sel tubuh. Dari sinilah energi itu muncul kembali. Itu juga kenapa beberapa minuman energi hampir pasti ada kandungan gula yang cukup tinggi.

2. Untuk mencegah pingsan bagi orang yang punya sakit darah rendah

Gulaku - mencegah pingsan

 

via howstuffworks.com

Ini memang berlawanan kondisi dengan orang yang sakit darah tinggi. Bagi orang yang darah rendah, biasanya ia gampang pusing dan jatuh pingsan. Ini terjadi akibat sirkulasi darah di tubuhnya cenderung kurang stabil. Apalagi saat ia kepanasan. Salah satu yang paling sering dianjurkan pada mereka yang darah rendah adalah mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Beberapa bahkan disarankan, agar mengantungi gula di sakunya. Jadi, saat merasa mau pingsan, gula bisa membuatnya segar kembali.


BACA JUGA Ini yang Membuat Minum Teh Membuatmu Serasa Jadi Bangsawan


3. Membantu mencegah luka yang lebih parah

Gulaku - mencegah luka lebih parah

via care2.com

Dalam beberapa kepercayaan tradisional Afrika, gula sering ditaburkan pada luka terbuka yang mengeluarkan darah. Bentuk gula lain yang juga sering dipakai untuk penyembuhan luka adalah madu. Tujuannya untuk mempercepat pengeringan darah dan menghindari infeksi. Ternyata gula menurut sebuah penelitian di Sally Oak Hospital di Birmingham Inggris memang punya dampak yang positif. Dari kajian itu ditemukan fakta bahwa bakteri perlu cairan darah untuk berkembang. Dengan gula, cairan ini akan lebih mudah mengental sehingga mencegah bakteri tumbuh.

4. Membantu mengurangi gejala stres

Gulaku - mengurangi gejala stress

via sparkonit.com

Kamu pernah nggak memperhatikan kenapa cokelat manis itu enak saat dimakan ketika pikiran sedang kalut? Ternyata, ini ada hubungan dengan manfaat cokelat dan gula yang terkandung di dalamnya. Keduanya jadi kombinasi yang bisa membuat rasa nyaman di otak. Tapi dengan catatan, jumlahnya pun harus wajar.

Banyak ya ternyata manfaat gula? Agar manfaatnya maksimal, ikuti saran penggunaan gula yang wajar. Menurut American Heart Association, dalam sehari maksimal gula yang dianjurkan adalah enam sendok teh untuk wanita dan sembilan sendok teh untuk pria. Selain itu, gula yang digunakan juga harus dipilih gula terbaik. Nah, kini kamu hanya tinggal klik, pilih, bayar, Gulaku akan segera dikirim ke rumahmu tanpa ongkos kirim. Asyik kan?

Jadi, konsumsi gula yang cukup ya, maka tubuhmu akan selalu fit.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY