me

Sujud Tilawah: Bacaan, Arti, Tata Cara dan Keutamaan Melakukannya

Jun 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/rawpixel-com
Ini dia penjelasan mengenai sujud tilawah lengkap untukmu!

Blibli Affiliate

Apa itu sujud tilawah? Sujud tilawah merupakan sujud yang dilakukan ketika mendengar dan membaca ayat-ayat sajadah dalam Al-Quran. Jika ditinjau dari hukumnya maka sujud tilawah ini sunnah sehingga baik dilakukan saat sedang sholat maupun nggak. Maksud dari ayat di sini adalah ayat yang mengandung perintah sujud secara langsung. 

Untukmu yang pengen tahu lebih lanjut mengenai sujud tilawah ini bisa langsung cek semua penjelasannya sebagai berikut!

Baca juga: 


Doa Sujud Tilawah dan Artinya 

Doa Sujud Tilawah dan Artinya
freepik.com/author/h9images

Kapan waktu melakukan sujud tilawah? Sujud tilawah bisa dilakukan kapan saja baik di dalam maupun di luar sholat selama seseorang mendengar atau membaca ayat sajadah dalam Al-Quran. Hanya saja kalau sujud tilawah dilakukan ketika sedang nggak sholat atau di luar sholat maka kamu memang nggak perlu mengambil wudhu dulu. 

Bahkan saat sedang dalam keadaan sholat berjamaah kamu harus menunggu imam dulu untuk melakukan sujud tilawah. Ketika imam nggak melakukan sujud tilawah maka makmum juga nggak perlu melakukan sujud tilawah namun jika imam melakukannya maka otomatis makmum wajib untuk melakukannya. Lalu bagaimana dengan bacaan yang perlu dilantunkan?

Untuk bacaan ketika sujud tilawah kamu bisa membaca:

نَوَيْتُ السُّجُودَ لِلَّهِ تَعَالَى تِلاوَةً لِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ

Nawaitu sujuuda lillahi ta’ala tilawatan li wajhihil kariim.

Artinya: “Saya niat sujud karena Allah Ta’ala, sebagai penghormatan kepada wajah-Nya yang mulia, karena membaca ayat sajdah.”

Setelah memahami bacaannya maka lanjut kamu perlu tahu bacaan sujud tilawah serta doa yang dibaca. Ada dua pilihan doa yang bisa kamu pilih yakni versi pendek dan panjang. 

Doa Sujud Tilawah Versi Panjang 

Doa versi panjang ini dijelaskan dalam riwayat Aisyah RA yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW kerap membaca doa dengan bacaan panjang untuk sujud tilawah. Adapun bacaan yang dimaksud adalah sebagai berikut!

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Sajada wajhiya lilladzi khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam’ahu wa basharahu bi haulihi wa quwwatihi.

Artinya: Bersujud wajahku kepada dzat yang telah menciptakannya, telah membentuknya, telah membukakan pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya.

Doa Sujud Tilawah Versi Pendek 

Jika kamu merasa kesulitan untuk menghafal doa versi panjang nggak masalah karena bisa banget menggunakan doa versi pendek yang satu ini. Berikut merupakan bacaan yang dimaksud!

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى

Subhana robbiyal a’laa.

Artinya: Maha Suci Allah yang Maha Tinggi.

Tata Cara Membaca Doa Sujud Tilawah 

Tata Cara Membaca Doa Sujud Tilawah
freepik.com/author/odua

nggak hanya perlu tahu mengenai bacaan dan juga doa yang perlu dilantunkan karena dalam sujud tilawah dalam Al-Quran dan tata caranya juga perlu untuk dipelajari. Setidaknya ada dua kondisi yang perlu kamu pahami dalam sujud tilawah ini yakni sujud tilawah saat sedang sholat dan sujud tilawah saat nggak sholat. 

Sujud Tilawah Saat Nggak Sedang Sholat 

Kamu bisa melakukan sujud tilawah saat mendengar atau bahkan membaca ayat sajadah dan nggak harus dalam keadaan sedang sholat. Kamu bisa langsung melakukan sujud tilawah seperti gerakan sujud dalam sholat tentunya nggak perlu didahului dengan takbir. Adapun untuk tata cara sujud tilawah saat nggak sholat bisa kamu cek di bawah ini!

  • Awali dengan membaca takbir “Allahu Akbar”. 
  • Jangan lupa untuk langsung turun melaksanakan sujud tilawah. 
  • Lanjut untuk takbir lagi saat bangun dari sujudnya. 

Sujud Tilawah Saat Sedang Sholat 

Kamu bisa melakukan sujud tilawah saat sedang sholat sendirian maupun ketika sholat bersama imam. Penting dipahami saat melakukan sujud tilawah ini kamu harus melakukan rukuk dan i’tidal terlebih dahulu. Adapun untuk tata cara lengkapnya bisa kamu cek di bawah ini!

  • Awali dengan membaca takbir “Alalhu Akbar.”
  • Turun dan langsung melaksanakan sujud tilawah. Ingat untuk nggak perlu ruku’ terlebih dahulu.
  • Lantunkan bacaan dan doa untuk sujud tilawah. 
  • Takbir dan bangun dari posisi sujud. 
  • Berdiri dan kembali pada posisi semula sama seperti saat posisi sholatmu. 
  • Lanjutkan kembali membaca ayat Al-Qur’an yang tertunda.

Ingat untuk tetap mengutamakan kebersihan pakaian dan juga kesucian. Kamu bisa banget menepi dulu untuk melakukan sujud tilawah ini dengan memastikan pakaian dan tempatnya memang dalam keadaan suci biar lebih aman. 

Keutamaan Membaca doa Sujud Tilawah 

Kamu tahu nggak sih kalau ada hikmah dan keutamaan yang terkandung dalam semua perintah Allah baik yang wajib maupun yang sunnah termasuk saat melakukan sujud tilawah. Abu Hurairah bersabda mengenai amalan sujud tilawah sebagai berikut:

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِى يَقُولُ يَا وَيْلَهُ – وَفِى رِوَايَةِ أَبِى كُرَيْبٍ يَا وَيْلِى – أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِىَ النَّارُ


Artinya: Jika anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata: “Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku enggan, sehingga aku pantas mendapatkan neraka.” (HR Muslim).

Berdasarkan penjelasan di atas maka keutamaan membaca doa sujud tilawah dan mengamalkannya bisa dilihat seperti di bawah ini!

  • Membaca doa dan melakukan sunnah sujud tilawah dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas segala hal yang sudah diberikan Allah SWT terhadap kehidupan kita. 
  • Dengan mengamalkan doa dan sujud tilawah kita menjadi lebih sadar bahwa Allah merupakan dzat yang maha segalanya di muka bumi ini serta nggak ada siapapun yang mampu menandinginya. 
  • Tindakan sujud tilawah ini bisa dilakukan manusia untuk mengingat bahwa mereka adalah tempatnya banyak salah dan nggak bisa terhindar dari perilaku buruk seperti angkuh, takabur dan sejenisnya sehingga penting sekali untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. 
  • Amalan sujud tilawah ini bisa digunakan untuk bentuk dari kepatuhan dan kerendahan manusia pada Allah SWT. 
  • Orang yang melaksanakan sujud tilawah bakalan mendapatkan jaminan surga yang nyata dari Allah SWT. Jaminan surga yang dimaksud tentu nggak hanya dengan melakukan sujud tilawah namun harus diimbangi juga dengan amalan lainnya. 
  • Orang yang melakukan sunnah sujud tilawah bisa dijauhkan dari setan. Dengan begitu kamu bisa lebih aman dari godaan untuk melakukan kedurhakaan  yang nggak disukai oleh Allah. 

Baca juga

Penting diingat bahwa sujud tilawah menjadi salah satu sunnah yang dianjurkan untukmu terlebih ketika ingin menambah amalan yang bisa menopang kebaikan dan menambah pahala yang kamu lakukan. Tetap ikuti semua aturan dan juga pantangan yang harus dijauhi biar kamu bisa mendapatkan pahala lebih maksimal. 

Sudah siap menambah amalan sunnah dengan sujud tilawah? Lengkapi kebutuhan ibadahmu mulai dari peci, sarung, mukena dan sajadah lengkap hanya di Blibli saja. Pilihannya banyak dengan diskon dan potongan harga menarik setiap harinya. Langsung cek dan beli semuanya jangan sampai ketinggalan!