Seperti biasa, pagi hari ini kamu bangun, mandi, sarapan, dan berangkat kerja/kuliah dengan mobil kesayanganmu. Perjalanan yang panjang nggak terasa, karena kamu bakal sampai tepat waktu. Bahkan, lebih awal!

Namun, tiba-tiba di tengah jalan kamu merasa kemudimu nggak seimbang. Kendali setir menjadi agak goyang karena salah satu roda bagian kanan belakang bertindak aneh. Hanya ada satu kemungkinan.

Kempes. Pompa dan penambal biasa nggak bisa menolongmu. Saatnya kamu menerapkan ilmu yang kamu pelajari dari artikel ini: mengganti ban! Sudah siap?

P.S: Ini untuk mobil pada umumnya. Mungkin ada jenis roda mobil khusus yang memerlukan teknik khusus.

1. Persiapan awal

persiapan-awal

Hal pertama yang perlu kamu ingat adalah tetap tenang. Rasa frustrasi dan kesal hanya akan memperlambat proses penggantian ban. Jika kamu sudah siap, maka berdoalah kalau kamu memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan.

Kamu seenggaknya perlu memiliki beberapa hal terlebih dahulu di saat-saat seperti ini. Dongkrak, kunci roda (dan mungkin adaptor kunci), penghambat (braker), dan sarung tangan merupakan hal yang penting. Namun, semuanya nggak berguna kalau kamu nggak memiliki ban serepnya!

Jika kamu tipe yang pelupa, tinggal bookmark artikel ini dan jalankan instruksinya!

2. Cari spot dan posisi yang tepat

spot-yang-bagus

Selanjutnya, yang perlu kamu lakukan adalah mencari tempat yang cocok untuk mengganti ban. Cari tempat yang luas, kemudian menepi. Namun ingat, jangan parkir sembarangan di pinggir jalan ya.

Kalau sedang berada di jalan tol, usahakan keluar tol terlebih dahulu baru melakukan pemberhentian. Setelah selesai, pastikan semua perkakas diletakkan pada jarak yang mudah dijangkau.

Pastikan pintu tertutup rapat. Pintu yang terbuka sedikit berpotensi terbuka lebar jika ditiup angin atau ada kendaraan besar yang lewat. Bisa berbahaya nanti buat kamu.

Selanjutnya, tinggal pasang penghambat (brake) untuk memastikan kendaraanmu nggak meluncur ke mana-mana. Kalau nggak memiliki brake, kamu bisa menggunakan balok kayu atau batu bata. Tergantung seleramu.

3. Lepas ban yang lama

lepas-ban-lama

Jika semuanya sudah on point, maka saatnya kamu mengeluarkan tenaga. Jika ada penutup lubang baut, keluarkan terlebih dahulu. Nggak membutuhkan usaha yang besar kok.

Selanjutnya, posisikan kunci roda pada lubang baut. Jika nggak cocok bentuknya, pastikan kamu memiliki adaptor yang tepat. Jika sudah terposisikan dengan baik, putar sekuat tenaga searah jarum jam.

Lakukan hal yang sama pada baut lainnya. Namun ingat, selanjutnya putar baut yang berseberangan, bukan baut yang di samping baut pertama.

Setelah semuanya lepas, pelan-pelan copot ban dari posisinya. Kemudian, letakkan dalam posisi tidur di lantai, agar nggak menggelinding.


BACA JUGA Akhirnya Terjawab: Inilah 4 Kriteria Ban Mobil yang Baik!


4. Dongkrak, dongkrak, dan dongkrak!

dongkrak

Kamu harus mencari lokasi tempat dongkrak yang tepat di sekitar ban. Setiap mobil memiliki tempat yang berbeda-beda. Jika memungkinkan, coba cari manual mobil dan pastikan lokasinya.

Jika sudah pas, maka mulai dongkrak! Pastikan tinggi dongkraknya nggak terlalu rendah agar ban serep bisa masuk. Jangan terlalu tinggi juga, nanti kamu akan kesusahan ketika memutar baut.

5. Ganti, pasang, turunkan lagi!

ganti-pasang

Langkah ini sebenarnya merupakan kebalikan dari langkah nomor 3. Lakukan hal sebaliknya dari apapun yang kamu lakukan di poin nomor 3.

Pasangkan ban serep, pastikan ban sudah memiliki posisi tepat. Mulai putar baut berlawanan dengan arah jarum jam. Namun, jangan terlalu ketat untuk kali ini. Yang penting ban nggak dalam posisi bergoyang.

Pelan-pelan turunkan dongkrak hingga ban baru menyentuh tanah. Baru untuk kali ini, putar baut sampai super ketat! Simpan semua perkakas dan coba menyetir sedikit untuk memastikan kamu nggak salah dalam mengganti ban.

Bonus: Untuk kedepannya

vvlrfazmwyw-imthaz-ahamed

Untuk kedepannya, cukup disarankan buat kamu untuk selalu menjaga keamanan dan ketahanan ban. Jangan lupa menyiapkan semua perkakas untuk saat-saat yang diperlukan begini.

Yang paling penting, kamu harus ingat untuk membeli ban serep karena yang sebelumnya sudah terpakai. Jika semuanya gagal, jangan dipaksakan. Segera bawa mobil ke bengkel. Oh ya, terkadang ada teman atau bantuan ketika mengganti ban bukan hal yang buruk loh!

 

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY