Kamu gampang sakit? Gampang kelelahan padahal sudah rutin olahraga? Bisa jadi, itu karena makananmu yang belum benar. Sebab pola makan sehari-hari yang kamu terapkan berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Semakin sehat makanan yang kamu konsumsi, semakin sehat pula kondisi tubuhmu.

Sayangnya, dengan berbagai alasan, ada saja jenis makanan kurang sehat yang lebih mendominasi. Mulai dari makanan instan hingga kategori junk food. Enak dan cepat adalah alasan utama agar tetap bisa makan cepat di sela kesibukan. Akibatnya, tanpa disadari makanan yang kurang baik pelan-pelan memberikan dampak kurang baik bagi tubuh.

Agar bisa mencegah berbagai penyakit, kamu perlu segera mengubah pola makan dan jenis yang dikonsumsi. Berat dan repot? Hmm.. sepertinya itu alasan saja. Saat ini banyak kok program pengaturan pola makanan yang gampang, praktis, dan sehat. Salah satu pola makan yang bisa dipilih adalah eating clean. Ini adalah program diet sehat yang lebih mengutamakan pemilihan makanan harian, bukan membatasi jumlah makanan.

Seperti apa pola makan eating clean? Repot nggak sih? Coba cek beberapa langkahnya berikut ini ya:

1. Berhenti makan junk food dari sekarang

berhenti makan junk food

via yournaturopath.com.au

Berani melakukannya? Berhenti mengonsumsi junk food adalah tantangan tersendiri. Junk food memang enak, tapi sayang jenis makanan ini rendah kandungan nutrisi dan terlalu banyak lemak. Gorengan, french fries, dan ayam goreng cepat saji adalah jenis-jenis makanan yang sebaiknya kamu mulai hindari. Masih sulit mengurangi? Jika terpaksa, boleh sesekali tapi coba olah sendiri. Misalnya gorengan, coba goreng dengan minyak yang rendah lemak dan hanya dipakai maksimal tiga kali gorengan.

2. Perbanyak makan yang mengandung serat

perbanyak makanan yang mengandung serat

Setelah mengurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi junk food, perbanyak makanan yang mengandung serat. Buah dan sayur adalah jenis makanan yang kaya serat. Kedua jenis makanan ini kaya nutrisi dan serat yang terkandung di dalamnya bisa memperbaiki kerja pencernaan. Makanan berserat juga bisa membuatmu kenyang dalam waktu lebih lama.


BACA JUGA Cara Mudah Makan Sehat


3. Kurangi makanan yang diproses

via thatsugarfilm.com

Salah satu cara memilih makanan yang sehat adalah makanan yang masih dalam bentuk aslinya. Maka jika kamu terbiasa mengonsumsi makanan yang diproses seperti nugget, sosis, makanan kalengan, coba ganti dengan makanan yang masih segar dan masih dalam bentuk asli.

4. Rutin minum air putih dua literan per hari

rutin minum air putih

via myweightlossfun.com

Konsumsi air putih sangat penting untuk membantu fungsi metabolisme tubuh. Minum dua liter air putih per hari disepakati oleh para ahli gizi sebagai konsumsi ideal untuk membantu metabolisme tubuh berjalan dengan maksimal. Minum air putih dengan jumlah mencukupi juga akan membuatmu segar sepanjang hari.

5. Perbanyak makanan organic

perbanyak makanan organik

via cdn.skim.gs

Bahan makanan organik adalah jenis bahan makanan terbaik. Untuk menyiasati harganya yang relatif lebih mahal, kamu bisa menanam beberapa jenis sayuran yang mudah dibudidayakan seperti bayam, kangsung, tomat, dan lainnya di rumah. Banyak sekali panduan bertanam sayur di pot dan cara perawatannya juga relatif mudah.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang eating clean, coba baca juga pengalaman pribadi Inge Tumiwa-Bachrens dalam bukunya Eating Clean yang bisa kamu pesan di Blibli.com. Ia berkisah tentang hidupnya yang biasa sakit-sakitan, jadi lebih sehat berkat eating clean. Ia juga berbagi aneka langkah mudah yang bisa dipraktikkan siapa saja yang ingin hidup lebih sehat. Siap mencoba?

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY