Namanya bekerja, pasti mengalami stres. Sedikit stres sebenarnya baik untuk tetap ‘tertantang’ oleh pekerjaan. Namun, realitanya, kebanyakan orang justru merasakan stres yang berlebihan.

Dituntut atasan, dikejar deadline, tugas yang menumpuk, dan masalah-masalah di luar kantor yang mengganggu pikiran. Semuanya menjadi sumber stres utama yang bisa berakibat fatal.

Salah satu dampak utama dari stres adalah ‘burnout’ atau kewalahan. Karyawan burnout adalah karyawan yang sudah terlampau lelah, nggak bisa bekerja, dan butuh piknik. Jika dipaksa kerja, bisa-bisa jiwanya terganggu.

Buat kamu yang merasa terlalu stres bekerja, saatnya mengambil tindakan. Tips-tips berikut bisa membantu kamu untuk menangkal segala stres yang datang menyerang.

1. Olahraga akan membantumu menghilangkan stresolahraga 1

Via pexels.com

Banyak yang berpikir kalau olahraga dilakukan demi kebaikan raga. Namun, berolahraga juga sangat baik untuk jiwamu!

Berolahraga memposisikan tubuhmu pada kondisi siap siaga, karena jantung memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh. Darah yang ‘jalan’ bisa menyegarkan otot, dan membuat seseorang lebih optimis menghadapi beban kerja.

Untuk hasil yang terbaik, cobalah untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Hanya perlu olahraga sederhana, kok. Cobalah jogging atau berenang. Kalau ada teman, ajak main bulutangkis!

2. Tidur siang, tidur bertenagatidur siang

Stres merupakan tanda otak kamu butuh istirahat. Stres merupakan teriakan otakmu kepadamu untuk berhenti bekerja, karena sudah nggak kuat lagi.

Kamu butuh tidur yang cukup. Tujuh sampai sembilan jam merupakan jangka waktu yang cocok. Namun, kalau kamu bisa tidur selama itu, kemungkinan besar kamu pasti nggak stres.

Nah, untuk kamu yang suka bergadang dan sulit menemukan waktu untuk tidur, bisa coba curi-curi waktu makan siang untuk tidur sejenak.

Nggak perlu lama-lama, kok. Cukup tidur selama 5-7 menit (disebut dengan power nap), dan kamu bisa menciptakan ilusi sudah istirahat yang cukup untuk menipu otakmu.

3. Membuat jadwal yang seimbangmembuat jadwal

Menghabiskan berjam-jam di kantor untuk bekerja memang nggak disarankan. Memang sih, pekerjaan adalah priortias utama, tapi kamu nggak boleh menyepelekan kehidupanmu di luar kantor.

Terkadang stres yang berat dikarenakan kamu nggak memiliki keseimbangan hidup dan kerja (work-life balance). Kerjaan kantor dibawa kerumah, masalah rumah menganggu pekerjaan di kantor. Semuanya kacau.

Coba tentukan prioritasmu. Buat jadwal sederhana yang tidak terlalu padat atau mengikat. Coba delegasikan tugas, jangan semua digarap sendiri. Rumah bukan tempat bekerja.

Kamu butuh waktu luang, nggak peduli seberapa banyak pekerjaanmu. Usahakan untuk merancang semuanya agar selesai sebelum hari jumat berakhir.

Pergunakan akhir pekan untuk santai. Karyawan yang nggak punya jadwal kerja yang teratur biasanya yang paling butuh piknik.


BACA JUGA 5 Game Anti Bosan Setelah Kerja Seharian


4. Melakukan hobi di waktu senggang

melakukan hobi diwaktu senggang

Jika kamu sudah menemukan waktu luangmu, langkah selanjutnya adalah menggali sedalam-dalamnya ke lubuk hatimu. Carilah hobimu yang sudah terbengkalai dan tertanam dalam seperti fosil.

Kamu pasti merindukan hobimu. Jika kesempatan hadir, jangan dilewatkan. Jangan mager. Lakukan hobimu! Ambil kail dan pergi ke sungai. Ambil bola basket dan lempar. Ambil panci dan mulai memasak, walau itu hanya telor dadar.

Melakukan hobi berfungsi untuk mengalihkan pikiranmu dari hal-hal negatif yang menganggu. Melakukan hobi membuatmu ke dunia sendiri. Sebuah dunia penuh gairah dan kesenangan pribadi. Dunia yang jauh dari stres.

Ingat, hobi bukanlah hal sampingan. Hobi adalah bagian hidup yang penting. Nggak punya hobi? Tinggal eksplorase saja! Coba hal-hal baru yang membuatmu tertarik sampai kamu menemukannya. Kamu mungkin bisa mulai dari piknik dulu.

5. Pijat untuk merilekskan pikiran dan tubuh

pijat

Jika kamu mager buat olahraga, ada cara lain untuk merenggangkan otot dan melancarkan sirkulasi darah. Coba perhatikan gambar di atas. Betapa santai dan tenangnya orang yang duduk di sofa.

Betapa indahnya kalau kamu berada di posisinya. Kamu yang sudah lama stres butuh relaksasi. Kamu butuh lepas dari semua kegundahanmu dan biarkan orang lain membuat tubuhmu nyaman.

Kamu butuh pijat. Pijat biasanya nggak lama. Bisa dong, meluangkan dua jam seminggu untuk santai-santai sejenak. Apalagi kalau dapat ahli pijat yang ganteng atau cantik! Malamnya juga lebih gampang tidur!

6. Selain pijat, meditasi juga bisa merilekskan pikiranmu

meditasi

Meditasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk membuka pikiran menjadi lebih rileks. Meditasi sebenarnya nggak terkait dengan religi apapun.

Untuk melakukan meditasi, kamu tinggal duduk diam, fokus dengan pernapasan dan menutup mata. Meditasi bukan berarti mengosongkan pikiran (nggak memungkinkan juga), loh! Saat meditasi, kamu akan belajar untuk mengamati pikiranmu, dan ‘menyusun’-nya dengan rapi.

Untuk membantu prosesmeditasimu, kamu bisa menggunakan aromaterapi dengan wangi yang menenangkan agar pikiran semakin rileks. Salah satunya adalah menggunakan rangkaian produk yang wanginya bisa membuat tubuhmu rileks. Lengkap sudah fisik dan mental terawat, selamat tinggal stress! Tinggal dipesan!

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu dalam menangkis stres ya. Ingat, hidup hanya sekali jadi jangan menghabiskan banyak waktu kebanyakan untuk beban pikiran yang nggak penting.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY