me

Stok Makanan Anak yang Perlu Disiapin Pas Ortu Puasa

Apr 06, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Salah satu PR para orang tua saat bulan puasa adalah menyiapkan stok makanan buat anak-anak yang belum siap ikut puasa. Makanya, orang tua perlu belanja makanan praktis yang bergizi agar kebutuhan nutrisi si Kecil terus terpenuhi. Bahan makanan apa saja sih yang sebaiknya selalu tersedia di rumah dan bagaimana cara menjaganya agar lebih awet?

Yang pertama jelas sayuran dan buah-buahan. Kedua jenis makanan ini perlu dikonsumsi anak-anak setiap hari karena itu perlu persediaan yang cukup. Tapi, kamu perlu pilih jenis sayur dan buah yang tidak mudah rusak, ya! Sayuran hijau seperti selada, sawi, kale, bayam, atau kangkung perlu dicuci bersih dulu. Kemudian keringkan, bungkus dengan tisu dapur lalu masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas. Dengan begini, sayuran dapat bertahan 3-5 hari.  

Untuk buah-buahan, kamu bisa stok apel, pir, melon atau semangka. Buah-buahan ini termasuk yang paling disenengin oleh anak-anak. Selain itu, cara menyimpannya juga mudah tinggal masukkan ke kulkas saja dan bisa awet sampai beberapa hari ke depan. Praktis deh!  

Selain sayur dan buah, asupan protein juga dibutuhkan si Kecil. Protein hewani yang paling mudah dimasak adalah telur ayam. Anak-anak pasti sangat suka dengan telur, entah diceplok, didadar, atau dibikin semur. Kalau kamu tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk masak, telur adalah penyelamat!  

Sediakan juga stok camilan. Anak-anak boleh kok makan camilan kemasan favorit mereka, yang penting batasi saja jumlahnya. Selingi dengan camilan sehat seperti edamame atau produk susu olahan. Jika disimpan dalam kulkas, produk susu akan bertahan lama. Namun kemasan harus ditutup rapat saat menyimpannya kembali. Produk susu yang bisa distok adalah yoghurt, keju, atau es krim yang bisa tahan sampai enam bulan lamanya.  

Oh ya, orang tua  juga bisa membuat camilan sendiri yang tentunya lebih bersih dan sehat seperti nugget ayam wortel atau risoles. Buat dalam jumlah banyak sekaligus lalu jadikan frozen food. Jadi, bisa untuk stok dan disajikan sesuai keperluan.  

Mudah kan? Orang tua bisa puasa dengan tenang dan lancar, asupan nutrisi anak-anak yang belum ikut puasa juga tetap terjaga. Yuk, stok makanan sehat untuk si kecil mulai dari sekarang! Sambut Berkah Ramadan 2-17 April 2022 bersama Blibli! Temukan Kejutan Berkah tiap hari, Produk murah diskon hingga 90%, dan Pasti murah serba 10rb dari produk-produk Ramadan pilihan di Blibli. Cus, belanja di Blibli sekarang! 

Tag: