Ladies, sudah tahu belum dengan gaya Boho atau Bohemian yang sempat hits di tahun ini? Istilah ini digunakan untuk menyebut seniman yang tertindas di seluruh Eropa  sekitar 150 tahun yang lalu.

Karena erat dengan hal-hal berbau seni, gaya Bohemian disebut-sebut sebagai simbol dari kebebasan bereksperesi. Dilihat dari tampilannya, banyak orang yang masih mengira bahwa gaya Bohemian adalah gaya Hippie.

Padahal gaya Bohemian berfokus pada mixn’ match beberapa fashion item dengan konsep vintage. Sementara gaya Hippie lebih menampilkan padu padan unik bergaya retro tahun 60-an yang klasik dan terkesan nyentrik dengan permainan warna dan motif.

Makin penasaran dengan gaya fashion yang satu ini?  Yuk, simak fashion item apa saja yang harus kamu miliki untuk mencuri gaya Bohemian berikut ini!

1. Maxi dressmaxi-dress

Via womendresslos

Dalam dunia fashion, gaya Bohemian selalu identik dengan baju-baju longgar berbahan tipis. Warna-warni yang dipilih biasanya juga khas dan alamiah. Untuk itu, fashion item pertama yang wajib kamu miliki untuk bergaya ala Bohemian adalah maxi dress.

Pilihlah warna-warna yang dimaksud adalah cokelat, putih, hijau turquoise, atau kuning. Agar nggak terkesan terlalu polos, kamu juga bisa memilih dress panjang dengan motif-motif etnik yang khas. Alternatif lain yang lebih moderen dan uniseks adalah:

2. T-shirt longgart-shirt-longgar

Via fashiongum

Bagi kamu yang tidak terlalu suka sentuhan feminin dengan dress, t-shirt bisa menjadi fashion item andalan kamu untuk bergaya ala Bohemian.

Jika t-shirt pada umumnya yang kebanyakan dirancang ketat dan menonjolkan lekuk tubuh, untuk menampilkan kesan bebas dari Bohemian style, kamu diharuskan untuk memilih t-shirt berdesain longgar.

Pilih juga bahan t-shirt yang tidak panas saat dipakai, seperti bahan katun atau linen. Namun hindari juga material t-shirt yang terlalu tipis, karena akan menimbulkan kesan menerawang saat dipakai. Lebih bagus lagi kalau t-shirt-nya memiliki corak seperti maxi dress.

3. Blouse tunik

blouse-tunikVia la-gainsbourgeoise

Jika dress dan t-shirt dirasa kurang oke untuk kamu coba dalam berpenampilan ala Bohemian, pilihlah atasan berjenis blouse.

Agar terlihat beda, pilihlah blouse dengan aksen bordiran pada bagian depan. Sama seperti pada pemilihan dress dan t-shirt, pilihlah juga warna-warna netral sebagai warna basicblouse kamu.

Misalnya, kamu bisa memilih warna putih susu atau biru muda jeans. Agar aksen bordiran pada blouse terlihat lebih tajam. Untuk material blouse, pilihlah material katun yang adem saat dipakai.

4. Crop topcrop-top

Via Uktights

Fashion item yang menjadi barang incaran para fashionista di tahun ini, rupanya juga bisa menampilkan kesan Bohemian yang unik.

Selain membuat kamu tampak kekinian saat memakainya, crop top juga bisa menjadi outfit yang tepat untuk dipakai di wilayah tropis yang cenderung panas.

Agar gaya Bohemian-mu terlihat klasik dan menarik, kamu bisa memadukan atasan crop-top dengan outter panjang tipis dan celana pendek high waist.

Sekarang bagian atasan dalam sudah selesai, selanjutnya adalah luaran, bawahan, dan aksesori!

5. Hiasan kepala

hiasan-kepalaVia hairzstyle

Gaya Bohemian-mu akan menjadi kurang lengkap tanpa adanya hiasan pada kepala. Yup, gaya yang satu ini memang identik sekali dengan pemakaian hairband, headpiece, hingga penutup kepala seperti topi dan turban.

Selain bisa menambah gaya penampilanmu menjadi terlihat semakin modis, hiasan kepala juga bisa kamu jadikan sebagai andalan untuk menyiasati bad hair day kamu.

Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini, rambut jadi mudah mengembang dan susah diatur karena perubahan cuaca yang nggak bisa diprediksi.

6. Cardigan atau sweater rajut

cardeiganVia bluerosepictures

Fashion item yang satu ini memang nggak pernah kehilangan pamornya dalam dunia fashion. Fungsinya sebagai outter, memungkinkan cardigan menjadi pelengkap yang tepat dalam segala macam penampilan di setiap suasana.

Tak terkecuali, pada saat kamu ingin bergaya ala Bohemian. Cardigan atau sweater akan menjadi teman setia yang akan membuat penampilan Boho-mu terasa lebih chic dan modis.

Selain sebagai fashion item, pemakaian cardigan dalam outfitBohemian-mu juga bisa menjadi penghangat kala hujan atau suhu dingin tiba.

7. Rompi bercorak

rompiVia Her Beauty

Selain cardigan dan sweater, tipe outter lainnya yang bisa kamu pakai untuk bergaya Bohemian adalah vest atau rompi. Fashion item yang satu ini memang cocok dipadukan dengan beragam jenis atasan, seperti t-shirt atau tank-top.

Untuk desain rompi yang cocok kamu kenakan pilihlah rompi berbahan rajut, denim atau kulit. Agar kesan Bohemian lebih kental, pilih juga rompi dengan aksen fringe pada bagian sisi-sisinya.


BACA JUGA Ladies, 7 Tren Gaya Rambut Wanita Berikut Ini Diprediksi Akan Hits di Tahun 2017 Lho!


8. Celana jeans berujung lebar

jeansVia Her Beauty

Jangan buang dulu celana jeans lamamu dengan potongan lebar pada bagian bawahnya! Karena rupanya celana jenis ini dapat kamu gunakan kembali pada masa sekarang untuk melengkapi gaya Bohemian-mu.

Meski merupakan fashion item yang dikenal jadul, nyatanya celana jenis ini dapat mempermanis tampilan Boho kamu. Kesan disco yang diberikan semakin menunjukkan sebuah ekspresi kebebasan.

Untuk memaksimalkan penampilanmu dengan celana jenis ini, pilihlah atasan khas Bohemian seperti t-shirt longgar atau blouse dengan aksen bordiran di bagian dada.

9. Tas rumbai

tas-rumbai

Via upbeatsoles

Selain fokus pada motif-motif tradisional dan layering pada gaya penampilannya, Bohemian juga punya ciri khas lain. Fringe atau rumbai-rumbai menghiasi di beberapa fashion itemnya. Mirip dengan aksen yang terdapat pada pakaian atau aksesoris ala Koboi.

Nah, untuk melengkapi tampilan Boho-mu, kamu bisa pilih tas tangan dengan desain fringe.

Pilihlah tas dengan warna yang tidak telalu mencolok. Tas dengan material kulit berwarna natural dapat menjadi pilihan yang tepat.

10. Boots berwarna netral yang mempunyai hak/heels

bootsVia Pinterest

Berlanjut pada alas kaki bergaya Bohemian, sepatu berjenis boots adalah salah satu cirinya. Beberapa sepatu jenis ini bahkan sengaja didesain ala Boho, mulai dari penggunaan material kulit binatang sebagai bahan baku utamanya, hingga penggunaan kain renda, bulu ayam, atau merak sebagai hiasan sepatu.

Ciri khas lainnya adalah sepatu boots yang dipakai adalah jenis ankle boots dan memiliki heels yang tebal pada bagian belakang sepatu. Kamu juga bisa berkreasi sendiri loh, dengan memakaikan ikat pinggang kecil, bebatuan, ataupun kerang-kerangan untuk sentuhan artsy.

11. Sandal gladiator

gladiator

Selain sepatu ankle boots, alas kaki lain bertema Bohemian adalah sandal gladiator yang lengkap dengan lilitan tali panjangnya di sekitar betis saat dipakai. Pemilihan sol sandalnya juga adalah jenis flat tanpa heels.

Sepatu yang banyak menampilkan bagian kaki ini memungkinkan pemakainya untuk merasa nyaman tanpa rasa pegal saat memakainya lama-lama. Sehingga memperkuat kesan santai yang ingin ditampilkan Boho.

Kamu bisa memilih sandal gladiator dengan beberapa hiasan unik pada tali dan badan sandal. Namun jika outfit Bohemian-mu sudah terlalu ramai, pilihlah sandal gladiator sederhana dengan warna polos.

12. Aksesoris

aksesorisVia Her Beauty

Dari keseluruhan outfit, penggunaan aksesoris adalah ciri khas dari orang-orang penggemar gaya Bohemian. Hal ini dianggap selaras dalam menunjukkan sisi kebebasan, artistik dan romantisme seperti layaknya kelompok Bohemian di Eropa sana.

Sama halnya dengan konsep pakaian yang befokus pada layering, orang dengan gaya Bohemian biasanya menggunakan lebih dari satu  macam aksesori dalam setiap penampilan.

Mulai dari pemakaian kalung besar berhiaskan batuan alam, anting-anting panjang atau bulat ( hoop earings ), gelang yang bertumpuk, dan kalung aksesori lainnya dengan sentuhan etnik.

Menjelang perayaan Tahun Baru nanti, gaya Bohemian di atas bisa menjadi solusi bagi kamu yang masih kebingungan mencari gaya atau outfit untuk berpesta.

Pintar-pintarlah dalam memadukan setiap fashion item-nya. Nggak seperti gaya fashion lain yang anti tabrak warna atau motif, gaya Bohemian ini membolehkan kamu untuk bereksperimen secara lebih liar dengan permainan motif dan warna.

Jadi, kamu tak perlu khawatir jika outif-mu dinilai terlalu “ramai”. Karena kunci dari gaya yang satu ini adalah tampil santai dan beda dari yang lain.

Dengan begitu, jangan heran jika pada pesta pergantian tahun nanti, kamu akan menjadi pusat perhatian yang menginsipirasi banyak orang!

Jika kamu kesulitan untuk mencari outfit bergaya Bohemian, Blibli.com punya segudang pilihan yang bisa kamu miliki. Ayo, diintip!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY