Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A80 Terbaru, Kameranya Canggih!

Photo by Samsung

2019 tampaknya menjadi tahun paling produktif bagi Samsung. Setelah meluncurkan S10 yang supercanggih dan lini M yang punya baterai besar, pabrikan asal Korea Selatan ini meluncurkan Galaxy A80 yang punya keunikan sendiri.

Samsung Galaxy A80 dihadirkan untuk melengkapi seri A yang sebelumnya sudah ada. Bisa dibilang seri A ini merupakan kelas mid-range dari Samsung yang diciptakan bagi pengguna yang ingin menjajal fitur flagship Samsung tetapi dengan bujet yang terbatas.

Nah, penasaran bagaimana spesifikasi serta fitur jagoan yang ditawarkan Samsung Galaxy A80? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini.

Chipset Terbaru

Hal pertama yang patut dibahas soal ponsel ini adalah dapur pacunya. Samsung Galaxy A80 jadi ponsel pertama yang mencicipi chipset Snapdragon 730 terbaru. Prosesor ini merupakan varian pertama dari Qualcomm yang menggunakan AI Engine generasi keempat.

Dibuat dengan fabrikasi 8nm, prosesor ini diklaim mampu menghasilkan performa kencang sekaligus hemat dalam penggunaan daya. Hal ini bisa diperoleh karena kombinasi CPU Kyro 470 dan GPU Adreno 618.

Qualcomm Spectra ISP yang memperkuat di sektor pengambilan gambar juga membuat A80 mampu menangkap video dengan resolusi 4K HDR.

BELI PONSEL FLAGSHIP SAMSUNG GALAXY S DI SINI

Desain Layar Full-View Superluas

Photo by Samsung

Soal desain, Galaxy A80 punya desain layar superluas. Layar bertipe Super AMOLED dengan luas 6,7 inci ini bisa kamu nikmati sepenuhnya tanpa kompensasi. Pasalnya, tidak ada notch atau punch hole di layar karena kamera depannya menggunakan mekanisme putar yang memanfaatkan kamera belakang.

Layar tersebut tentu akan membuat pengalaman multimedia –mulai dari gaming, membaca, hingga menonton film– sangat memuaskan. Layar A80 bahkan lebih luas dibandingkan ponsel flagship buatan Samsung lainnya.

Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S10 hanya punya layar 6,1 inci, sedangkan Samsung Galaxy S10+ punya layar 6,4 inci.

Layar A80 punya resolusi 1.080×2.400 piksel dengan kerapatan piksel 339 ppi dan sudah dilindungi Gorilla Glass 3 dari Corning. Dalam layar terdapat pemindai sidik jari untuk proteksi ponsel kamu.

CARI PONSEL MID-RANGE SAMSUNG LAINNYA DI SINI

Kamera Inovatif

Photo by Samsung

Kamera bisa dibilang jadi salah satu daya tarik terbesar yang ditawarkan Samsung Galaxy A80 ini. Demi kepuasaan visual dengan layar luas, Samsung Galaxy A80 tidak meletakkan kamera depan di layar seperti ponsel lainnya.

Samsung Galaxy A80 mengakalinya dengan menghadirkan mekanisme kamera putar untuk kamera depan. Jadi, ponsel ini hanya punya kamera belakang yang nantinya akan keluar dengan mekanisme slide dan berputar ke depan saat kamu masuk ke mode selfie.

A80 menggunakan konfigurasi tiga kamera. Kamera utama beresolusi 48 MP dengan focal length setara 26 mm, kamera kedua untuk ultrawide dengan resolusi 8 MP dengan focal length 12 mm, serta kamera ketiga dengan sensor 3D ToF.

Desain tersebut tidak hanya membuat ponsel ini terlihat futuristis, namun juga menguntungkan pengguna yang sering selfie. Biasanya kamera belakang ponsel punya spesifikasi lebih superior ketimbang kamera depan.

Karena kamera belakang yang bisa berubah menjadi kamera depan tersebut, hasil selfie akan sama bagusnya dengan foto dengan kamera belakang. Artinya, hasilnya tidak terkena kompensasi sama sekali. Kamu bisa nge-vlog atau sekadar berswafoto dengan hasil yang memuaskan.

Kamera TOF 3D juga punya fungsi yang tak kalah penting. Kamera ini bisa kamu manfaatkan untuk menghitung dimensi barang secara real-time menggunakan teknologi Augmented Reality (AR).

Kamu bisa mengunduh aplikasi Quick Measure untuk mengukur panjang serta lebar suatu benda langsung dari ponsel. Gabungan AR dan kamera DepthVision ini berguna bagi para dekorator interior yang menginginkan perhitungan akurat hanya dengan ponsel.

Selain itu, dengan kamera ini kamu bisa memanfaatkannya untuk Live Focus. Jadi, kamu bisa membuat efek bokeh, baik untuk foto maupun video, setelah kamu mengambil gambar. Dijamin fotomu akan lebih stand out berkat efek tersebut.

LINDUNGI SAMSUNG GALAXY KAMU DENGAN CASING TERBAIK

Hanya Satu Varian Storage

Photo by Samsung

Samsung Galaxy A80 hanya menawarkan satu kapasitas penyimpanan, yaitu sebesar 128 GB yang dipadukan dengan RAM 8 GB.

Kapasitas tersebut sudah lumayan besar untuk standar pemakaian saat ini. Kamu masih bisa meng-install berbagai game serta menyimpan foto dan video dalam jumlah banyak.

Namun, kamu juga harus bijak menggunakan penyimpanan tersebut. Pasalnya, A80 tidak menyediakan slot untuk microSD jika kamu menginginkan penyimpanan lebih.

Selain itu, kamu juga tidak lagi menemukan jack headphone 3,5 mm. Jadi, kamu harus siap-siap membeli headset Bluetooth jika ingin mendengar lagu.

Baterai Besar

Photo by Samsung

Untuk menenagai seluruh performanya, Samsung Galaxy A80 dibekali catu daya yang cukup besar. Baterai berkapasitas 3.700 mAh.

Kamu juga tidak perlu khawatir mobilitas terganggu karena kehabisan daya di tengah perjalanan karena ponsel ini sudah punya teknologi Super Fast Charging 25 W.

Harga Samsung Galaxy A80

Photo by Business Insider

Soal harga, Samsung Galaxy A80 dibanderol dengan harga Rp9.499.000. Setidaknya ada tiga varian warna yang ditawarkan, yaitu Angel Gold, Ghost White, dan Phantom Black. Kamu bisa langsung pesan smartphone Samsung Galaxy A80 di Blibli.com.

Selain warna tersebut, bagi kamu pecinta girl band K-Pop BLACKPINK juga patut senang. Pasalnya A80 juga punya edisi BLACKPINK.Edisi khusus tersebut dijual dengan harga RP14.999.000. Dalam edisi khusus ini, kamu juga mendapatkan aksesori Galaxy Watch Active serta Galaxy Buds, semuanya dengan warna khas BLACKPINK.

Setelah melihat kecanggihannya, apa kamu tertarik untuk membeli Samsung Galaxy A80? Jadi, kapan mau ganti smartphone lama kamu dengan Samsung Galaxy A80?

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY