me

Daftar Soundtrack Lagu The Little Mermaid

Jun 02, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia daftar soundtrack lagu The Little Mermaid, cocok banget diputar pas lagi santai.

Siapa nih yang sudah nonton film The Little Mermaid di bioskop? Film animasi fantasi yang bergenre live action satu ini menjadi tayangan yang paling dinantikan oleh para penggemar Princess Disney. Selain menyuguhkan jalan cerita yang menarik, soundtrack atau lagu pendukung film The Little Mermaid juga turut mencuri perhatian penonton karena semakin menghidupkan visualisasi dari film itu sendiri.

Seperti diketahui, bahwa sebagian besar instrumen The Little Mermaid ini ditulis langsung oleh Howard Menken, dengan lirik dari mendiang Howard Ashman. Sedangkan yang membawa banyak musik modern untuk soundtrack film Disney kali ini adalah Lin-Manuel Miranda, yang pernah mengerjakan film Disney lainnya. Yuk, langsung saja simak deretan soundtrack lagu The Little Mermaid di bawah ini!

Baca juga: Lagu Korea Sedih Ost Drama yang Enak Didenger


Sekilas Tentang Film The Little Mermaid

Sekilas Tentang Film The Little Mermaid
Sumber: huffingtonpost.co.uk

Baru-baru ini, Walt Disney merilis kembali film animasi fantasi musikal klasiknya yaitu The Little Mermaid (2023). Sebenarnya, secara perdana film Disney yang satu ini sudah pernah dirilis sekitar tahun 1989. Di mana kisahnya diadaptasi langsung dari cerita dongeng karangan Hans Christian Andersen, yaitu seorang penulis ternama asal Denmark.

Film layar lebar yang sedang populer ini mengusung kisah perjalanan hidup seorang princess Ariel, yang merupakan putri bungsu Raja Triton si penguasa lautan. Ariel adalah putri duyung muda yang menyukai petualangan. Sosok Ariel ini memiliki karakter yang keras kepala, naif, dan rasa ingin tahunya tinggi. Itulah mengapa, Ariel suka menjelajahi daratan hingga akhirnya dia bertemu dengan seorang pangeran gagah bernama Eric.

Namun siapa sangka, Ariel mulai merasakan jatuh cinta pada Pangeran Eric dan semakin terobsesi untuk menikah dengannya. Sayangnya, keinginan Ariel sangat ditentang oleh ayahnya karena bagaimanapun makhluk laut sepertinya nggak akan bisa hidup harmonis dengan manusia. Namun karena sifat keras kepalanya, Ariel memutuskan untuk membuat perjanjian dengan Ursula, si penyihir laut yang licik.

Sangat disayangkan, Ariel justru terjebak dan menempatkan mahkota ayahnya dalam bahaya. Berbagai upaya pun dilakukan Ariel agar bisa terbebas dan menjadi manusia sepenuhnya. Oleh karena itu, Ariel selalu bersenandung dengan penuh harap “Wouldn’t I love, love to explore that shore up above? Out of the sea, wish I could be part of that world” yang diambil dari cuplikan lirik lagu “Part of Your World”.

Daftar Soundtrack The Little Mermaid

Sejak tahun 1989 pada perilisan perdana film Disney yang satu ini, soundtrack lagu The Little Mermaid juga ikut dirilis bersamaan untuk mengiringi setiap adegan visual yang di dalam film tersebut. Namun pada kesempatan kali ini, Walt Disney memberikan beberapa penyegaran pada film The Little Mermaid (2023), salah satunya adalah untuk soundtrack lagu yang dibuat lebih kompleks. Yuk, intip daftar lagu lengkapnya di bawah ini:

1. Triton’s Kingdom

Triton’s Kingdom
Sumber: twitter.com/Polygon

Soundtrack yang satu ini diciptakan dalam bentuk instrumen oleh seorang komposer terkenal asal Amerika, yaitu Alan Menken. Bahkan Alan Menken telah mendapatkan kepercayaan dari Walt Disney untuk menggarap sejumlah soundtrack film animasi fantasi yang diproduksi oleh Disney Animation Studios yang menariknya hampir semua lagu ciptaannya memenangkan dua Academy Awards. Yuk, tonton dan dengarkan soundtracknya di bawah ini.

2. Part of Your World (Reprise II)

Halle - Part of Your World
Sumber: youtube.com/@DisneyMusicVEVO

Soundtrack lagu selanjutnya yaitu Part of Your Word yang ditulis oleh mendiang Howard Ashman dan diaransemen oleh Alan Menken. Lagu ini dipopulerkan oleh Halle Bailey atau pemeran tokoh Ariel di film The Little Mermaid. Pada lagu Part of Your World, terdapat salah satu bagian lirik yang menjadi favorit Ariel saat dirinya berharap bisa terbebas dari kutukan penyihir. Yuk nonton dan dengarkan soundtracknya di bawah ini.

3. Wild Uncharted Waters

Wild Uncharted Waters
Sumber: Wild Uncharted Waters

Di antara banyaknya soundtrack lagu The Little Mermaid, “Wild Uncharted Waters” menjadi soundtrack yang paling mendukung karakter dari Pangeran Eric untuk live action version saat mengutarakan rasa ingin tahunya tentang Princess Ariel, si pemilik suara merdu. Sementara untuk lirik lagunya ditulis oleh Lin-Manuel Miranda dan Alan Menken. Yuk tonton dan dengarkan soundtracknya di bawah ini.

4. Fathoms Below 

Fathoms Below
Sumber: youtube.com/@thelittlemermaid9544

Fathoms Below merupakan lagu pertama yang terdengar di film The Little Mermaid Disney pada tahun 1989 dan lagu tersebut masih dipakai untuk soundtrack The Little Mermaid (2023) kali ini. Lagu Fathoms Below juga diciptakan langsung oleh Howard Ashman dan Alan Menken. Lagu ini menceritakan tentang awak kapal yang mendongengkan kisah putri duyung dan raja laut. Yuk  tonton dan dengarkan soundtracknya di bawah ini.

5. Under the Sea

Under the Sea
Sumber: youtube.com/@PhantomOneStudio

Selain lagu Part of the World, lagu Under the Sea juga menjadi salah satu soundtrack The Little Mermaid yang sangat fenomenal dan berhasil mendapatkan Academy Awards. Soundtrack bergenre calypso ini pernah dinyanyikan oleh Samuel E. Wright, tetapi kembali dipopulerkan pada film The Little Mermaid (2023) oleh Sebastian atau Daveed Diggs. Yuk tonton dan dengarkan soundtracknya berikut ini.

6. Poor Unfortunate Souls

Poor Unfortunate Souls
Sumber: youtube.com/@PhantomOneStudio

Lagu berjudul Poor Unfortunate Souls ini digunakan untuk menggambarkan situasi saat Ariel sedang membuat perjanjian dengan penyihir Ursula. Namun, di film Disney The Little Mermaid (2023), lagu ini dinyanyikan oleh Melissa McCarthy dan diaransemen ulang oleh Alan Menken. Hal ini dikarenakan terdapat lirik lagu dari versi sebelumnya yang membuat karakter Ariel nggak tersampaikan maksimal. Yuk tonton dan dengarkan soundtracknya di bawah ini.

7. Kiss the Girl

Kiss the Girl
Sumber: toofab.com

Soundtrack lagu Kiss the Girl juga dilakukan aransemen ulang oleh Alan Menken agar karakter Pangeran Eric lebih hidup saat dia akan mencium Ariel, sebab lagu ini memang difokuskan untuk momen romantisme. Perlu kamu tahu, bahwa lagu Kiss the Girl ini pernah meraih nominasi pada ajang Academy Award dan dipopulerkan kembali oleh penyanyi Jacob Tremblay, Daveed Diggs, dan Awkwafina. Yuk tonton dan dengarkan soundtracknya di bawah ini.

8. The Scuttlebutt 

The Scuttlebutt
Sumber: insidethemagic.net

Lagu Scuttlebut menjadi salah satu soundtrack terbaru di film The Little Mermaid (2023) ini. Namun, lagu ini diciptakan cukup berbeda dibandingkan soundtrack lagu lainnya. Perbedaan tersebut terletak pada unsur musiknya yang dikombinasikan ke dalam tiga genre, yaitu calypso, pop, dan rap. Lagu ini eksklusif untuk mendukung momen saat Scuttle memberitahukan kabar pernikahan Eric kepada Sebastian. Yuk tonton dan dengarkan soundtracknya di bawah ini.

9. For the First Time 

For the First Time
Sumber: disneyparks.disney.go.com

Dalam proses pembuatan lagu For the First Time ini, komposer Lin-Manuel dan Alan Menken kembali terlibat, mulai dari menulis liriknya sampai menciptakan melodinya. Soundtrack ini diputar saat momen pertama kalinya Ariel mendapatkan sepasang kaki. Yuk tonton dan dengarkan soundtracknya di bawah ini.

10. Finale 

Finale
Sumber: ottplay.com

Soundtrack terakhir The Little Mermaid (2023) adalah “Finale” yang juga merupakan karya dari komposer Alan Menken. Saat instrumen ini digabungkan dengan lagu Wild Uncharted Waters dan Part Of Your World di bagian ending film, membuat para penonton jadi merinding dan terbawa suasana. Yuk tonton dan dengarkan soundtracknya di bawah ini.


Baca juga: Sinopsis Little Mermaid, Petualangan Ariel di Dunia Manusia

Nah, itu dia daftar soundtrack lagu dari film The Little Mermaid (2023) yang sekarang sedang tayang di Bioskop, menarik banget bukan? Jadi, buat Blibli Friends yang belum nonton keseruan petualangan Princess Ariel di dunia manusia, buruan ke Bioskop sekarang juga dan jangan lupa gunakan Voucher M-Tix yang bisa dibeli di Blibli untuk mendapatkan tiketnya. Yuk, cek Blibli sekarang dan dapatkan vouchernya!