me

7 Soundtrack Film Barbie 2023 yang Harus Masuk Playlist

Jul 26, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

wonderlandmagazine.com

Daftar soundtrack film Barbie 2023 ini harus masuk playlist!

Bulan Juli ini seluruh dunia dibuat demam Barbie. Entah itu anak-anak hingga dewasa, semua seperti diajak masuk ke Barbieland. Di mana-mana serba Barbie. Nggak cuma filmnya saja yang menarik, tapi soundtrack film Barbie 2023 juga menyenangkan buat didengarkan. Mau tahu apa saja lagu di balik film ini? Langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

Baca juga: Daftar Soundtrack The Summer I Turned Pretty S2


Sekilas tentang Film Barbie 2023

Sekilas tentang Film Barbie 2023
wallpapercave.com

Barbie adalah film bergenre komedi fantasi yang disutradarai oleh Greta Gerwig. Terinspirasi dari boneka fashion buatan Mattel, ini adalah film live-action pertama Barbie, setelah bertahun-tahun dibuat versi animasi komputernya. Film ini sudah diumumkan sejak tahun 2009, tapi mengalami berbagai penundaan hingga akhirnya baru bisa dirilis tahun 2023. 

Film ini dibintangi oleh Margot Robbie sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken. Deretan aktor dan aktris lainnya nggak kalah mengagumkan. Di antaranya ada America Ferrera, Simu Liu, Helen Mirren dan Will Ferrell. Sebelum nonton filmnya, pastikan Blibli Friends dapatkan dulu [Paysgift] Voucher Digital MTix Nonton Cinema 21 (XXI) Rp 50.000 supaya beli tiket lebih hemat!

Filmnya berkisah tentang para Barbie, wanita-wanita sukses yang tinggal di Barbieland. Di dunia mereka, semua wanita tampil cantik, percaya diri dan super sukses. Semua profesi penting seperti dokter, pengacara dan politisi hanya dipegang oleh wanita, sementara para Ken alias pasangan Barbie, sehari-hari hanya hidup bersantai dan bermewah-mewah. 

Suatu hari, Barbie merasa dirinya nggak cantik lagi. Ia pun bertemu Weird Barbie, satu-satunya wanita yang dijauhi di Barbieland. Weird Barbie mengatakan kalau solusi masalahnya adalah pergi ke dunia lain, di mana Barbie hanyalah sebuah boneka yang dimainkan anak-anak. Akankah Barbie pergi ke sana dan menghadapi dunia lain yang nggak pernah dia sadari sebelumnya? 

Semua soundtrack film Barbie dirilis dalam satu album bertajuk Barbie: The Album. Dirilis oleh Atlanta Records pada 21 Juli 2023, di hari yang sama dengan rilisnya film ini di Amerika Utara, di dalamnya ada sederet lagu beraliran pop dan hip hop. 

Soundtrack Film Barbie 2023

Musisi dan penyanyi yang terlibat nggak main-main, produsernya saja Mark Ronson, DJ dan produser populer yang sudah bekerja sama dengan Amy Winehouse, Lady Gaga dan Adele. Di album ini kamu bakal mendengarkan suara Ava Max, Charli XCX, Nicki Minaj, Fifty Fifty, Karol G, hingga Dua Lipa dan Ryan Gosling yang juga berperan di dalam film. 

Nggak cuma nama-nama di atas itu saja, lho. Ternyata masih ada tambahan penyanyi kejutan yang diumumkan beberapa minggu sebelum film Barbie dirilis. Tepatnya ada 2 nama besar, yaitu Billie Eilish dan Sam Smith! Mark Ronson sendiri mengerjakan album ini selama lebih dari setahun untuk mendapatkan nuansa Barbie versi Greta Gerwig. 

Setelah dirilis, Barbie: The Album bisa didapatkan dalam bentuk fisik berupa piringan hitam dan kaset. Menarik banget, karena albumnya didesain dalam warna eksklusif yang Barbie banget! Penggemar Barbie bisa mendapatkannya langsung di Target, Walmart, Barnes & Noble, Urban Outfitters dan pastinya bisa beli online. Nah, seperti apa sih soundtrack film Barbie? Ini dia beberapa di antaranya:

1. Dance the Night

Dance the Night
npr.org

Di bulan April 2023, Dua Lipa memberi tahu penggemar kalau dia akan menjadi bagian dari soundtrack film Barbie. Tanggal 22 Mei 2023, Dua Lipa kembali mengumumkan kalau lagunya akan berjudul Dance the Bight. Lagu berdurasi 2:56 menit ini genrenya disko. Lagunya ditulis oleh Dua Lipa, Andrew Wyatt, Caroline Ailin dan Mark Ronson. 

Lagi ini unik banget karena di dalamnya ada berbagai instrumen seperti biola, cello, bas, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menonton video musik Dance in the Night dengan sang sutradara, Greta Gerwig, sebagai cameo. Dirilis pada 26 Mei 2023, pendengar Billboard memilih lagu ini sebagai lagu baru rilis yang mereka favoritkan 2 hari kemudian. 

2. Barbie World

Barbie World
vulture.com

Anak 90-an pasti tahu lagu berjudul Barbie Girl yang dinyanyikan oleh band asar Swedia-Norwegia bernama Aqua. Lagu ini populer banget pada masanya dan disukai anak-anak sampai orang dewasa. Lagu ini terinspirasi dari Barbie dan Ken. Beberapa media bahkan menyatakan bahwa Barbie Girl berperan dalam memperkuat boneka Barbie sebagai ikon kultural. 

Awalnya diumumkan bahwa lagu Barbie Girl nggak bakal masuk ke dalam film Barbie. Penggemar banyak yang kecewa karena lagu ini Barbie banget! Hingga akhirnya, Margot Robbie sendiri yang meminta pada Greta Gerwig supaya memasukkan lagu ini ke dalam film. Greta pun berjanji akan menyelipkan Barbie Girl dengan cara yang keren. 

Akhirnya dibuatlah versi remix Barbie Girl yang berjudul Barbie World. Lagu berdurasi 1:49 menit ini dinyanyikan oleh rapper Nicki Minaj dan Ice Spice. Lagu ini bergenre hip hop, drill dan trap. Bagi Nicki Minaj, Barbie adalah salah satu elemen penting dari personanya, karena salah satu alter ego Nicki adalah Harajuku Barbie atau Onike Tanya Maraj-Petty. Yuk, cek video musik Barbie World!

3. Speed Drive

Speed Drive
rollingstone.com

Speed Drive dinyanyikan Charli XCX dan dirilis tanggal 29 Juni 2023. Charli XCX adalah salah satu penyanyi pertama yang dihubungi oleh Mark Ronson untuk jadi bagian dari soundtrack film Barbie. Charli XCX menyatakan lewat akun Instagram miliknya bahwa ia selalu suka “kabur” dengan bermain boneka Barbie. Jadi bisa jadi bagian dari film ini benar-benar membanggakan buatnya. 

Sedangkan dalam wawancaranya dengan Rolling Stone, Charli menyatakan kalau dia selalu suka menyanyi tentang mobil. Bagi Charli, ada hubungan antara menyetir dan musik, dia merasa seolah-olah jadi bintang kalau lagi berada di dalam mobil. Menurutnya, Speed Drive terinspirasi dari lagu Mickey yang dinyanyikan Toni Basil dan Cobrastyle yang dinyanyikan Robyn. 

Lagu berdurasi 1:57 menit ini genrenya elektro pop dan dance pop. Lagu ini memang hanya sebentar, tapi berhasil menampilkan energi yang seru dan mewakilkan Barbie. Supaya nggak penasaran, yuk dengarkan audio Speed Drive yang seru ini. 

4. Man I Am

Man I Am
rollingstone.com

Sebagai salah satu penyanyi kejutan di Barbie: The Album, kehadiran penyanyi asal Inggris, Sam Smith, sukses bikin banyak penggemar penasaran. Pada 12 Juli 2023, Sam mengunggah video pendek di Twitter dengan klip dari film Barbie. Greta Gerwig dan Mark Ronson meminta Sam Smith untuk membuat lagu dari sudut pandang Ken. 

Lagu berdurasi 3:07 menit ini digambarkan Mark Ronson sebagai “puzzle yang hilang dari Ken.” Lagu bergenre synth-pop dan disko ini pembuatannya dibantu oleh Eric Frederic, David Odlum Ethan Shumaker dan Manny Marroquin. Langsung saja dengarkan audio Man I Am, yuk. 

5. I’m Just Ken

I’m Just Ken
usatoday.com

Mark Ronson dibantu dengan Andrew Wyatt menulis I’m Just Ken khusus untuk dinyanyikan oleh Ryan Gosling yang memerankan Ken. Mark mendeskripsikan lagu ini sebagai lagu bergenre power ballad ala tahun 80-an yang sentimental. Salah satu bagian dari materi promosi film Barbie merupakan tagline “Shes’s everything. He’s just Ken,” yang merupakan bagian dari lagu ini. 

Lagu berdurasi 3:42 menit ini merupakan salah satu lagu pertama yang ditulis Mark Ronson untuk Barbie: The Album. Mark terinspirasi menulis lagu balad begitu membaca skrip filmnya. Menurut Mark, ia bisa bersimpati dengan karakter Ken. 

Lirik “I’m just Ken, anywhere else I’d be a 10” terkesan lucu tapi sebenarnya menurut Mark ini membuatnya cukup emosional. Ken pria yang sempurna, tapi dia bukan apa-apa selama berada di samping Barbie. Kalau penasaran, langsung saja cek audio I’m Just Ken untuk merasakan emosi Ken.

Mark merekam demo I’m Just Ken dan mengirimkannya ke Greta. Mark mengira lagu ini nggak bakal masuk ke film karena terlalu emosional. Ternyata Greta suka banget dan waktu Ryan Gosling mendengarkannya, ia mengaku I’m Just Ken meninggalkan kesan yang dalam baginya. Greta bahkan harus menulis ulang adegan penting supaya lagu dan emosinya bisa masuk dengan mulus di film. 

6. What Was I Made For?

What Was I Made For
j-14.com

Ini dia salah satu soundtrack film Barbie yang juga banyak dinantikan karena dinyanyikan oleh Billie Eilish. Dalam lagu ini, Billie kembali bekerja sama dengan kakaknya, Finneas O’Connell. Pertama-tama, mereka menonton salah satu adegan yang belum diedit film Barbie, langsung di Warner Bros. Studios. Setelah itu Bilie dan Finneas mulai proses menulis. 

Menurut Billie, saat menulis What Was I Made For? ia sama sekali nggak memikirkan dirinya sendiri. Ia terinspirasi sepenuhnya dari karakter Barbie dan memikirkan kira-kira apa yang dirasakan Barbie dalam situasi seperti di film. Setelah beberapa hari berlalu, Billie mendengarkan lagunya dan terheran-heran sendiri, kenapa dia bisa menulis perasaan yang pernah dia alami sendiri seperti itu?

Lagu berdurasi 3:42 menit ini dirilis video musiknya juga. Di video, kita bisa melihat Billie mengenakan outfit yang terinspirasi dari boneka Barbie. Di tangannya, ia terlihat memegang beberapa outfit seukuran boneka. Menariknya, outfit yang dipegangnya adalah replika outfit Billie Eilish yang populer. Seolah-olah, selama ini ia adalah boneka. 

7. Angel

Angel
rollingstone.com

Lagu berdurasi 2:03 menit ini dinyanyikan oleh penyanyi asal Inggris, PinkPantheress. Di wawancara dengan majalah Elle, PinkPantheress mengaku kaget waktu pertama kali dihubungi Mark Ronson. Selain itu, ia nggak percaya kalau bakal menjadi bagian dari film besar! Billboard menyebut lagu ini sebagai lagu pop yang manis dengan nada yang menular dan bikin pendengarnya ingin mendengarkan lagi! 


Baca juga: Daftar Soundtrack Lagu The Little Mermaid

Itu dia beberapa soundtrack film Barbie 2023 yang menarik banget untuk masuk ke playlist kamu. Lagu mana yang paling Blibli Friends suka? Kalau mau nonton Barbie, jangan lupa beli dulu Voucher M-Tix supaya tiketnya jadi lebih hemat. Langsung temukan voucher di Blibli dengan cara yang mudah dan dapatkan diskonnya!