Tren Virtual Reality (VR) yang semakin marak terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Qualcomm yang baru memperkenalkan Snapdragon VR820. Sesuai namanya, platform VR berbentuk headset ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 820 dengan GPU Adreno 530.

Tidak butuh smartphone atau PC

Qualcomm-Snapdragon-VR820-1

Snapdragon VR820 merupakan headset yang berdiri sendiri (standalone), alias tidak membutuhkan perangkat lainnya, seperti smartphone atau PC, untuk bekerja. Ini dimungkinkan karena secara keseluruhan perangkat ini sudah memiliki hardware yang komplit.

Untuk tampilan, Qualcomm telah membenamkan sepasang layar AMOLED dengan resolusi masing-masing 1440 x 1440 pixel. Lebih tajam dibanding layar pada Oculus Rift dan HTC Vive yang menggunakan resolusi 1080 x 1200 pixel, tapi pada 70Hz, belum 90Hz.

Selain itu, platform VR ini memiliki 4 kamera yang terdiri dari dua di bagian dalam untuk mendeteksi pergerakan mata, dan dua kamera di bagian luar yang mendukung 6-axis motion tracker untuk mendeteksi gerakan tubuh.

Tersedia juga 4 mikrofon dan sensor-sensor yang umum ditemui pada perangkat VR, misalnya Gyro, Accelerometer, dan Magnetometer. Tak ketinggalan, Snapdragon VR820 menawarkan Qualcomm Aqstic Stereo dengan 3D surround untuk pengalaman audio yang lebih nyata.


BACA JUGA 5 Film Keren yang Bisa Kamu Nikmati Pakai VR


Mulai tersedia kuartal 4 2016

Apa yang ditampilkan Qualcomm kali ini adalah sebagai referensi bagi para produsen untuk menciptakan headset VR mereka sendiri berbasis Snapdragon VR820. Qualcomm menjelaskan bahwa platform baru tersebut baru akan tersedia untuk pada kuartal ke-4 2016. Semoga saja konten VR sudah semakin banyak saat itu.

Buat kamu yang lagi cari VR, di Blibli.com tersedia VR dari berbagai macam brand nih Friends. Apalagi kalau kamu belanja di Blibli kamu akan mendapatkan cicilan 0% dan gratis biaya pengiriman!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY