Kalau kamu suka nyemil, beruntung banget kamu bisa tinggal di Indonesia yang punya banyak pilihan camilan lezat. Untuk mengajakmu bernostalgia ke keceriaan masa kecil, di sini ada beberapa rekomendasi snack tradisional zaman dulu (jadul) yang bisa jadi teman ngemilmu selanjutnya, lho!

Nah, apa saja sih camilan lokal yang populer sejak zaman dulu hingga sekarang? Yuk simak daftarnya di bawah ini!

TEMUKAN BERAGAM CAMILAN LOKAL NUSANTARA DI SINI

1. Pisang sale kesukaan masyarakat Indonesia

snack tradisional
Via – Yukbisnis

Pisang sale adalah salah satu snack tradisional yang awalnya berasal dari Cilacap, namun sekarang sudah tersebar ke berbagai pelosok Indonesia, guys! Kudapan olahan pisang ini dibuat dengan menyisir tipis pisang dan kemudian dijemur untuk mengurangi kadar air dari buahnya, sehingga dapat bertahan lebih lama. Kini, snack tradisional ini sudah jadi favorit semua rakyat Indonesia, bahkan juga jadi oleh-oleh khas dari berbagai daerah.

Saking populernya, sale pisang kini sudah diproduksi dengan berbagai variasi penyajian. Mulai dari resep original, yaitu sale pisang basah, hingga versi yang digoreng tepung, dan ditambahkan berbagai topping seperti saus coklat, atau strawberry. Berbagai rasa yang kreatif berhasil membuat snack tradisional zaman dulu ini tetap dicintai oleh masyarakat Indonesia hingga sekarang!

BELI PISANG SALE CRISPY DI SINI

2. Kue semprong crunchy yang bikin nagih

snack tradisional
Via – @rudi_azis

Siapa yang dulu setiap Lebaran menunggu-nunggu kehadiran kue semprong? Nggak bisa dipungkiri, kue semprong memang jadi salah satu snack tradisional yang paling populer di masanya. Nggak hanya digemari oleh anak-anak, camilan ini juga mampu menarik perhatian kalangan remaja dan dewasa, lho!

Ideal dinikmati di mana saja, baik di rumah, kantor, ataupun saat perjalanan, snack tradisional zaman dulu ini bikin kita sering kangen dengan teksturnya yang renyah dan bikin nagih. Sekarang, kue semprong udah hadir dengan rasa yang lebih bervariasi seperti coklat, waluh dan wijen, guys! Pas banget nih buat menemani kamu bernostalgia ke masa kanak-kanak sambil bersantai nonton TV di rumah!

DAPATKAN KUE SEMPRONG FAVORITMU DI SINI

3. Coklat ayam jago, camilan kecil praktis yang mudah dibawa

snack tradisional
Via – KUNOJADOEL

Kamu penggemar coklat sejak dulu? Kalau begitu, pasti kamu tahu nih snack tradisional coklat zaman dulu yang sangat laris di pasaran, yaitu Coklat ayam jago. Coklat ini memang merupakan salah satu snack yang populer banget di kalangan anak-anak. Kemasannya yang praktis, produknya yang mudah ditemukan, serta harganya yang sangat terjangkau menjadikan coklat ini salah satu camilan favorit anak-anak tempo dulu.

Rasa coklat susu yang lumer di mulut bikin kamu nggak tahan untuk mencicipi beberapa bungkus sekaligus. Makanya, yuk bernostalgia sambil menikmati manisnya coklat ayam jago yang ikonik!

BISA BELI COKLAT AYAM JAGO DI SINI GUYS

4. Mi Lidi, teman kriuk untuk iseng ngemil

snack tradisional
Via – gallery of him

Walaupun mi lidi sempat hilang dari peredaran beberapa tahun, rupanya orang-orang merindukan snack tradisional dengan tekstur renyah dan kriuk ini. Bahkan, sekarang mi lidi jadi salah satu camilan ngehits di kalangan anak-anak muda. Bedanya, dulu mi lidi hanya dikemas dalam plastik berukuran ramping tanpa merk dan hanya tersedia dalam dua varian rasa, yaitu asin dan pedas.

Sekarang, mi lidi sudah diproduksi oleh berbagai merk berbeda dengan pilihan bumbu yang lebih bervariasi, seperti rasa keju, barbeque, dan jagung bakar. Teksturnya yang renyah seringkali membuat kita ketagihan menikmati camilan lokal satu ini tanpa henti. Ketika menikmatinya, rasanya kayak kembali ke bangku sekolah ya guys!

YUK DAPATKAN MIE LIDI SESUAI SELERAMU DI SINI

5. Keripik balado, si pedas-manis penggoyang lidah

snack tradisional
Via – KSMTour

Keripik balado merupakan snack tradisional dari orang Minang di wilayah Bukittinggi dan Padang, Sumatera Barat. Tahukah kamu, keripik yang sudah dikenal sejak dulu ini juga sering disebut sebagai keripik sanjay, lho!

Teksturnya yang agak lengket dengan bumbu pedas-manis ala balado yang menggoyang lidah seringkali membuat kita nggak bisa tahan akan godaan camilan yang satu ini. Cocok banget dinikmati di sela-sela kesibukan, deh!

BELI KERIPIK BALADO KHAS PADANG DI SINI


Itu dia 5 snack tradisional yang hingga kini bikin kamu sering kangen dan pingin menikmatinya kembali. Kalau kamu, mana yang paling kamu sukai? Tentunya selain dari 5 camilan yang sudah disebutkan, Indonesia masih punya banyak banget camilan lokal yang nggak kalah enak dan populer, lho!

Terus, bisa dapetin semua snack jadul itu dimana? Tentunya di Blibli.com! Mulai dari pilihan beragam keripik, kacang, coklat, permen, manisan buah, hingga camilan lokal, semuanya bakal kamu temukan dengan mudah hanya dengan cara mengetikkan kata kunci di halaman utama. Mudah dan praktis kan?

Makanya, yuk segera serbu camilan jadul favoritmu di #BlibliSekarang!

DAPATKAN BERBAGAI CAMILAN LOKAL INDONESIA DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY