Skill yang Kudu Banget Dipunya Buat Freshgraduate

Photo via pexels.com

Saya nih ya dulu pengen banget lulus kuliah tepat waktu, wisuda pake selendang cumlaude, dapet kerjaan di perusahaan yang gede. Jadi cita-cita banget sih buat saya pas masih mahasiswa yang bentar lagi selesai. 

Saya juga ngerasain tuh apa yang lagi viral di sosmed. Susah cari kerja, abis lulus bingung mau ngapain. Akhirnya waktu dulu sambil cari2 kerja saya coba ningkatin skill. Biar nanti kalau udah ada panggilan kerja saya pede banget jawab2in pertanyaan dari hrd.

Nah, sekarang saya udah bisa nyengir karena udah dapet kerja dan ternyata skill yang saya pelajarin kemaren2 tuh ngaruh banget. Mumpung hari ini saya lagi seneng buangeeett, saya mau sedikit cerita skill apa aja yang kudu banget dipunya sama Freshgrad. Penting banget buat yang bakal lulus kuliah terus pengen kerja. Cus disimak!

  • Skill Komunikasi

Setiap kerjaan kudu ngebutuhin skill komunikasi yang bagus. Yakali, kerja gak butuh komunikasi satu sama lain. Contohnya aja kayak presentasi, pas minta tolong, sampe hal sepele kayak minjem barang temen aja kudu komunikasi. Semuanya butuh komunikasi yang baik. Kalau gak, bisa ngadet kerjaannya. 

  • Kerja tim

Istilah kerennya teamwork. Skill ini kudu dipunya kalo mau masuk dunia kerja. Kerja sama tim dibutuhin soalnya kamu gak akan bisa kerja sendiri. Percuma kalo komunikasi bagus, tapi gak bisa kerja bareng temen kerja. Susah…

  • Problem Solving

Bisa nyelesein masalah dengan tenang jadi skill penting buat yang masih anget lulus kuliah. Soalnya, masalah kerjaan di kantor punya cara nyelesein yang beda2. Ada yang gampang, ada yang susah banget. 

  • Jiwa Pemimpin

Jadi sosok yang bisa mimpin dengan baik juga skill yang kudu banget dipunya sama fresh grad. Mulai aja dulu dari mimpin diri sendiri, soalnya ini gak gampang. Kalo udah bisa, pasti kelamaan bisa mimpin dalem tim. 

Sebenernya, jalan saya itu juga gak gampang dan semulus jalan tol sih. Apalagi jadi freshgrad yang siap kerja itu gampang-gampang susah. Selagi mau belajar, pasti bisa punya keunggulan lain, nah keunggulan lain itu yang saya manfaatin. Mumpung masih freshgrad yang fresh banget, coba deh manfaatin buat ngasah banyak skill. Jangan sampe nyesel belakangan. Inget, sukses ada di tangan kita sendiri, bukan orang lain. Ceilaaahh~

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY