Sinopsis The Mauritanian, Kisah Nyata Narapidana yang Gak Bersalah

Photo via pixabay.com

Masuk era new normal, beberapa bioskop udah mulai buka lagi nih tapi tetep ngikutin protokol kesehatan. Banyak film baru di bulan ini yang ceritanya seru, salah satunya The Mauritanian. Film ini diadaptasi dari Guantanamo Diary, memoar yang ditulis Mohamedou Ould Slahi pas dipenjara selama 14 tahun tanpa ada dakwaan atau pengadilan.

Sinopsis Film The Mauritanian

Sekitar 2 bulan sehabis serangan 9/11, orang bernama Mohamedou Ould Slahi (diperanin Tahar Rahim) dijeblosin ke penjara atas tuduhan ngefasilitasin serangan tersebut. Serangan 9/11 sendiri adalah serangan dari kelompok teroris yang jumlahnya 19 orang di tanggal 11 September 2001.

19 orang dari kelompok militan Al Qaeda ngebajak 4 pesawat jet penumpang dan nabrakin ke arah Menara Kembar World Trade Center dan gedung Pentagon. Sekitar tiga ribu jiwa tewas setelah kejadian ini. Dari kasus ini Slahi akhirnya ditahan dugaannya karena udah jadi perekrut senior dan ngefasilitasin Al Qaeda.

Selama beberapa tahun Slahi ditahan tapi gak ada pembelaan atas tuduhan yang gak kebukti bener atau engganya. Tapi di tahun 2005, berita dari kasus Slahi sampe ke telinga pengacara ACLU, Nancy Hollander (diperanin Jodie Foster). Dia ngerasa ada yang janggal di kasus itu, dan ngerasa ketantang buat negakin keadilan buat Slahi.

Hollander sama asistennya, Teri Duncan (diperankan Shailene Woodley), mulai nyelidikin kasusnya. Pas diselidikin, Hollander dan Duncan harus ngalamin kesulitan dari petinggi petinggi pemerintah, dan jaksa militer Letnan Kolonel Stuart Couch (diperanin Benedict Cumberbatch).

Stuart Couch ternyata lagi usaha buat bales dendam karena kematian temennya di insiden 9/11, jadi dia benar benar buat Hollander dan Duncan kesulitan. Di satu sisi, ditayangan trailernya, Slahi udah nunjukin lagi ngedekem di penjara tanpa jendela. The Mauritanian ini katanya bakal tayang perdana tanggal 19 Februari di bioskop.

Tentang The Mauritanian

The Mauritanian film yang diangkat dari kisah nyata dan genrenya drama thriller. Film ini bakal rilis tanggal 19 Februari 2021 di Amerika Serikat, dan tanggal 26 Februari 2021 di Inggris. Bintang utama dari film seri Divergent ini Shailene Woodley, bakal ikut ngambil peran di dalemnya.

Selain Shailene Woodley, The Mauritanian juga bakal ngehadirin deretan bintang ternama kayak Nezar Alderazi, Benedict Cumberbatch, Jodie Foster, Tahar Rahim, Clayton Bold, dan masih banyak lagi. Film yang durasinya sekitar 2 jam 9 menit ini ditulis sama Michael Bronner dan disutradarain Kevin Macdonald, yang ngehabisin anggaran sebanyak 14 juta dollar AS.

Narapidana yang nulis Guantanamo Diary, yaitu Mohamedou Ould Slahi, udah dibebasin pas Juli 2016 silam dan ngabisin waktu selama 14 tahun di penjara. Di memoar yang ditulis, Slahi ngegambarin gimana penahanan dan interogasi yang dirasainnya selama bertahun tahun.

Ini juga termasuk gimana pengalamannya ngehadepin siksaan yang ada di kamp penjara. Sehabis ngebebasin Slahi, ada 60 tahanan lainnya di Guantanamo termasuk 19 orang yang udah dikasih persetujuan buat dibebasin, sebelum presiden AS waktu itu yaitu Barack Obama pensiun dari jabatannya.

Voucher Cinema CGV All day 2D value Rp 75000
Voucher Cinema CGV All day 2D value Rp 75000

The Mauritanian emang nggak boleh kamu lewatin kalau kamu ngaku sebagai pecinta film. Apalagi film satu ini diadaptasi dari kisah nyata, yang bikin jadi kerasa lebih hidup. The Mauritanian bisa mulai ditonton di bioskop-bioskop kesayangan mulai tanggal 19 Februari 2021. Kalau di kota kamu ada CGV Cinemas, bisa banget pake voucher CGV yang ada di Blibli biar makin hemat. Happy watching, friends!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY