me

Sinopsis Film The 33, Fakta Uniknya, dan Jadwal Tayangnya

Dec 30, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

seputarlampung.pikiran-rakyat.com

Sinopsis Film The 33, Daftar Pemain, dan Jadwal Tayangnya ー Film yang diangkat dari kisah nyata akan selalu mendapatkan perhatian lebih dari para penonton film. Terlebih jika film tersebut mengangkat kisah mengenai kemampuan manusia dalam survive di tengah bencana. The 33 menjadi salah satu film kisah nyata yang wajib kamu tonton. Film ini dirilis pada tahun 2015 ini mengangkat kisah nyata yang terjadi pada Agustus 2010 lalu di Chili.

Daftar Pemain Film The 33

  • Antonio Banderas berperan sebagai Mario Sepulveda
  • Rodrigo Santoro berperan sebagai Laurence Golborne
  • Juliette Binoche berperan sebagai Maria Segovia
  • James Brolin berperan sebagai Jeff Hart
  • Lou Diamond Phillips berperan sebagai Don Lucho
  • Mario Casas berperan sebagai Alex Vega
  • Jacob Vargas berperan sebagai Edison Pena
  • Juan Pablo Raba berperan sebagai Dario Segovia
  • Oscar Nunez berperan sebagai Yonni Barrios
  • Tenoch Huerta berperan sebagai Carlos Mamani
  • Marco Trevino berperan sebagai Jose Henriquez
  • Adriana Barraza berperan sebagai Marta Salinas
  • Kate del Castillo berperan sebagai Katy

BACA JUGA: FAKTA FILM PENINSULA

Sinopsis Film The 33

Banyak yang belum tahu bahwa The 33 diangkat dari kisah nyata loh. The 33 diawali dengan kisah sebuah tambang emas San Jose yang ada di Kota Copiapo, Chili secara mendadak runtuh begitu saja. Bencana ini tentu menjadi mimpi buruk bagi para pekerja tampang yang bekerja di dalam tambang ini. Jumlah penambang yang terjebak pun nggak cuma berjumlah lima atau sepuluh saja, sebaliknya sebanyak 33 penambang menjadi korban dari runtuhnya tambang emas tersebut. Berdasarkan jumlah penambang itulah mengapa film ini diberi judul The 33.

Percaya nggak percaya, para penambang tersebut terjebak di dalam runtuhan tanah sejauh 700 meter. Hal itu membuat para penambang tersebut kesulitan untuk meloloskan diri dengan sendirinya. Mereka hanya bisa berdoa dan berharap agar para relawan datang untuk menyelamatkan nyawa mereka. Selama terjebak, mereka hanya ditemani oleh sisa-sisa persediaan makanan yang jauh dari kata cukup.

Hingga akhirnya, hari ke-69 pun tiba, di mana para relawan secara berhasil membuat lubang dan menyelamatkan puluhan pekerja tambang tersebut. Momen penyelamatan ini tentu akan sukses membuat para penonton merasa haru dengan perjuangan para penambang. Membayangkan berada di posisi para penambang tentu akan sangat menakutkan, bukan?

Berhasilnya para penambang dalam bertaruh nyawa selama kurang lebih dua bulan membuat kisah ini sukses menggemparkan dunia. Bahkan, beragam media internasional juga turut mengabarkan kejadian fenomenal ini. Dari sinilah kisah tentang perjuangan ke-33 penambang begitu populer di seluruh dunia. Kamu yang sudah cukup dewasa pada saat itu pun pasti pernah mendengarkan pemberitaan mengenai para penambang tersebut, kan?

Kepopuleran kisah nyata ini membuat Patricia Riggen tertarik untuk mengangkatnya menjadi sebuah film layar lebar. Berselang lima tahun dari kejadian aslinya, film ini mampu menggambarkan bagaimana kemampuan bertahan hidup para penambang selama terjebak di dalam tanah. Dengan dibumbui unsur dramatisasi dari kisah nyatanya, The 33 mampu menarik perhatian banyak penonton.

Melalui film ini, bagaimana kepiawaian aktor Antonio Banderas dalam memerankan pekerja tambang juga terlihat begitu jelas. Sosoknya terbilang sangat sukses memerankan sang karakter utama. Filmnya yang populer juga secara nggak langsung mengangkat nama Antonio sebagai aktor yang multitalenta. Selain Antonio Banderas, film ini juga diperankan aktor populer lainnya, seperti Rodrigo Santoro, Lou Diamond Phillips, Gabriel Byrne, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: URUTAN FILM AVENGERS DALAM MARVEL CINEMATIC UNIVERSE

Fakta Unik Film The 33

  1. The 33 Diangkat dari Kisah Nyata

Film The 33 memang merupakan sebuah kisah nyata mengenai sekelompok penambang yang terjebak dalam sebuah tambah di Chile. Mereka terjebak selama 69 hari. Kejadian tersebut sangat mendunia dikarenakan kemampuan surviving para penambang yang melebihi ekspektasi orang-orang (yaitu hanya sekitar 14 hari). Kisah ini pun diangkat menjadi film dengan pemeran utama Antonia Banderas yang berperan sebagai Mario Sepulveda, salah satu dari 33 penambang yang selamat.

2. Masuk sebagai Penambang, Keluar sebagai Selebiriti

Para pemeran The 33 dapat dijuluki sebagai “selebriti” loh karena kepopuleran kisah mereka saat bertahan hidup. Terbatasnya akses informasi bagi pada penambang selama masa evakuasi membuat mereka tidak mengetahui bahwa kisah penyelamatan mereka disaksikan hampir seluruh masyarakat dunia. Kisah mereka menginspirasi banyak orang hingga 33 penambang tersebut menjadi sangat terkenal. Akhirnya, pada saat mereka berhasil di evakuasi, banyak media yang mencoba mengontak mereka dan menawarkan sejumlah keuntungan untuk kepopuleran mereka. 33 penambang itu pun akhirnya sepakat untuk membagi royalti dan kepopuleran mereka secara adil dengan menerbitkan satu buku secara bersama-sama mengenai kisah mereka. Buku tersebut berjudul “Deep Down Dark”. Mereka pun menyewa firma hukum di Santiago untuk mewakili dan mengatur royalti mereka secara adil untuk peluncuran buku tersebut.

3. Menarik Perhatian Presiden Chile dan Seluruh Warganya

Tidak hanya warga Chile, kisah 33 penambang ini pun menarik hati presiden Chile. Saat presiden mengetahui bahwa ada kerusakan alat bor selama evakuasi 33 penambang tersebut, presiden yang saat itu sedang melakukan kunjungan kenegaraan memutuskan untuk kembali ke chile saat itu juga dan menghampiri TKP langsung.

4. Ada Beberapa Adegan yang Ditambahkan untuk Memberikan Kesan Dramatis

Walaupun diangkat dari kisah nyata, ada beberapa bagian dalam film the 33 yang ditambahkan untuk memberikan kesan dramatis. Adegan tersebut adalah adegan istri salah satu penambang yang hamil. Dalam kejadian aslinya, tidak ada istri dari penambang yang tengah hamil saat kejadian berlangsung. Namun, scene ini memang sengaja ditambahkan.

5. Penambang Terakhir yang Naik Kapsul Penyelamat adalah Mr. Gonzalez, bukan Urzua

Dalam film The 33, para penambang diselamatkan dengan menggunakan kapsul penyelamat yang menarik mereka keluar dari bawah tanah ke atas permukaan. Orang terakhir yang naik kapsul penyelamat tersebut dalam film adalah Urzua. Urzua menghabiskan waktu sendirian di dalam TKP sembari menunggu kapsul itu kembali untuk menjemputnya. Namun, dalam kisah aslinya, Gonzalez adalah orang terakhir yang masuk ke dalam kapsul tersebut. Hal ini dikarenakan para penambang yang sudah berhasil keluar langsung bahu membahu membantu kapsul tersebut agar proses evakuasi cepat selesai. Urzua yang memang mendapat giliran terakhir, dibantu oleh Gonzalez yang sebelumnya sudah keluar untuk masuk ke dalam kapsul. Hal ini membuat Gonzalez menjadi orang terakhir yang masuk ke dalam kapsul dan menghabiskan waktu sendirian di dalam goa sebelum akhirnya kembali naik ke permukaan.

6. Steve Job memang Mengirimkan 33 IPod untuk Para Penambang menuggu Evakuasi

Salah satu adegan menarik dari film The 33 adalah saat para penambang mendapatkan kiriman IPod yang diberikan melalui tabung dari permukaan ke lokasi mereka untuk supply barang. Namun, pengiriman IPod tersebut malah memicu pertengkaran karena salah seorang penambang mengira temannya mencuri IPodnya. Adegan ini sebenarnya merupakan salah satu adegan yang di modifikasi. Steve Job memang memberikan 33 IPod untuk 33 penambang sebagai bentuk dukungannya terhadap proses evakuasi tersebut. Namun, pihak evakuasi menahan IPod tersebut dan memutuskan untuk memberikannya setelah ke 33 penambang kembali ke permukaan. Hal ini disebabkan para crew penyelamat khawatir akan ada keributan di bawah sana yang disebabkan oleh IPod tersebut. Oleh karena itu, adegan ini dimunculkan untuk menjelaskan alasan crew penyelamat pada saat itu.

Jadwal Tayang The 33

Bagaimana, semakin tertarik menonton film yang satu ini? Film yang diangkat dari kisah nyata ini pertama kali tayang di bioskop pada tahun 2015 dan beberapa waktu lalu sempat ditayangkan di salah satu stasiun TV di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Namun, Blibli Friends nggak perlu merasa khawatir jika belum sempat menonton film ini secara langsung di TV. Pasalnya, The 33 juga bisa kamu tonton secara online di aplikasi layanan streaming. Eits, sebelum nonton filmnya, nonton dulu trailernya, ya.

Nah, karena streaming video online butuh kuota, maka dari itu kamu harus memastikan kamu memiliki paket data yang cukup. Kalau belum, kamu bisa beli di Blibli dengan berbagai promo menarik, lho!

KLIK DI SINI UNTUK BELI PULSA DAN PAKET DATA!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya