me

Sinopsis Film Kupu-Kupu Kertas, Kisah Cinta Terbentur Ideologi

Feb 19, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

kapanlagi.com
Sinema film Indonesia yang mengusung latar belakang sejarah!

Sinopsis Film Kupu-Kupu Kertas — Film Kupu-Kupu Kertas adalah sinema baru yang akan tayang di bioskop. Film ini merupakan sebuah karya dari Denny Siregar Production yang melakukan kolaborasi bersama Maxima Picture. Tema cerita pada film Kupu-Kupu Kertas bergenre thriller dan romansa dengan latar belakang cerita membawa alur sejarah.

Tentunya, cerita dalam film ini akan sedikit lebih tegang karena menyangkut adegan pertempuran antara NU dengan PKI. Adegan dalam film tersebut akan diperankan oleh aktor papan atas Indonesia yang berbakat dan populer. Untuk mengetahui informasi tentang sinopsis, jadwal tayang, para pemain dalam film ini bisa kamu simak di sini!

Baca Juga:


Sinopsis Film Kupu-Kupu Kertas

Film Kupu-Kupu Kertas mengisahkan tentang sepasang kekasih yang berlatar tahun 1965, daerah Banyuwangi. Kedua pasangan kekasih tersebut diperankan oleh Chicco Kurniawan sebagai Ihsan dan Amanda Manopo sebagai Ning. Kisah cinta mereka nggak berjalan mulus karena terhalang ideologi berbeda jauh. 

Ning adalah seorang perempuan yang lahir dari simpatisan PKI. Berbeda dengan Ihsan yang tumbuh di lingkungan organisasi Islam yaitu, NU. Saat itu, hubungan kedua golongan tersebut sedang memanas karena pertengkaran rebutan lahan. Apalagi, ada kabar penculikan seorang jenderal oleh PKI tersebar luas dan semakin memanas. 

Tetapi, Ning dan Ihsan nggak mempermasalahkan latar belakang keduanya yang kian memanas akan konflik. Hingga suatu ketika Ayah Ning bernama Rekoso yang diperankan oleh Iwa K melakukan pertempuran darah untuk memperebutkan lahan. Aksi ini dibantu oleh tangan kanannya yang bernama Busok, diperankan oleh Reza Arap.

Busok mau membantu Rekoso karena menyukai anaknya dan mau melakukan apa saja untuknya. Rekoso dan para pasukan menjalankan aksinya untuk mencegat Rasjid beserta anak Ansor lainnya. Pemuda PKI membunuh pemuda Ansor dan keluarga dari kalangan NU nggak menerima dengan kejadian tersebut. Situasi semakin memanas kala cinta Ihsan dan Ning dilema. 

Jadwal Tayang Film Kupu-Kupu Kertas

Jadwal Tayang Film Kupu-Kupu Kertas
twitter.com/HabisNontonFilm

Jadwal tayang film ini akan dijadwalkan pada hari Rabu, 7 Februari 2024. Jadwal film ini tayang akan serentak di seluruh bioskop di Indonesia. Sementara untuk trailer film nya sudah tayang pada akhir tahun lalu di YouTube Cinema 21. 

Siapa Saja Cast di Film Kupu-Kupu Kertas?

Penasaran siapa saja pemain yang memerankan di film Kupu-Kupu Kertas? Yuk, lihat para pemainnya di bawah sini!

1. Chicco Kurniawan

Chicco Kurniawan
pejuangkantoran.com

Chicco dalam film Kupu-Kupu Kertas berperan sebagai Ihsan. Aktor kelahiran Jakarta tanggal 16 Mei 1994 ini berusia 29 tahun. Selain bekerja sebagai aktor, ia juga berkarir dalam dunia model. Chicco semakin dikenal saat ia berperan di film Posesif. Ia juga mendapatkan banyak penghargaan dan seorang adik dari aktor kenamaan Indonesia, Bobby Samuel.

2. Amanda Manopo

Amanda Manopo
liputan6.com

Amanda di film Kupu-Kupu Kertas berperan sebagai Ning. Aktris keturunan Filipina, Minahasa, dan Spanyol ini memiliki nama lengkap Amanda Gabriella Manopo. Selain menjadi aktris, ia berkarir di dunia model, penyanyi, dan pengusaha. Lahir di Jakarta pada tanggal 6 Desember 1999 ini mulai terjun di dunia acting sejak tahun 2012.

Tetapi, namanya semakin mulai dikenal saat ia memerankan tokoh Ariel di sinetron Mermaid in Love pada tahun 2016. Sementara di tahun 2020, Amanda mendapatkan peran yang cukup besar yaitu, sebagai Andin di sinetron Ikatan CInta.

3. Iwa Kusuma

Iwa Kusuma
liputan6.com

Iwa di film Kupu-Kupu Kertas mendapatkan peran sebagai Rekoso. Aktor yang berkarir sebagai penulis lagu, rapper, penyiar radio, dan presenter ini lahir pada tanggal 25 Oktober 1970 di Jakarta. Beliau, aktif di dunia hiburan sejak 1989 dan menjadi mantan anggota Guest Band, Ying Yang.

4. Reza Arap

Reza Arap
kilat.com

Reza di film Kupu-Kupu Kertas berperan sebagai Busok, tangan kanan Rekoso. Nama lengkapnya Reza Oktovian tetapi seringkali dikenal sebagai mononim YB adalah seorang penulis lagu, penyanyi, disjoki, penyiar, aktor, dan pengusaha. Reza lahir di Jakarta pada tanggal 15 Oktober 1987. Ia mulai membuat channel Youtube sejak tahun 2012 dan baru pertama kali mengunggah di 2013.

5. Ayu Laksmi

Ayu Laksmi
nusabali.com

Ayu Laksmi di film Kupu-Kupu Kertas berperan sebagai Sulastri yang dituntut menyanyikan sebuah lagu Genjer-Genjer. Beliau memiliki nama lengkap I Gusti Ayu Laksmi ini lahir pada tanggal 25 November 1967 di Bali. Selain berperan sebagai aktris, Ayu juga berkarir dalam bidang penyanyi, penulis lagu, dan penari.

Ia juga kerapkali mendapatkan banyak penghargaan di beberapa film yang ia perankan. Selain itu, Ayu Laksmi semakin populer karena bermain di film horor yang berjudul Pengabdi Setan.

6. Fajar Nugraha

Fajar Nugraha
popbela.com

Muhamad Fajar Nugraha juga ikut berperan di dalam film Kupu-Kupu Kertas sebagai Zul. Aktor kelahiran 25 September 1995 di Bogor ini melebarkan sayapnya di dunia pelawak tunggal. Ia mulai dikenal saat menjadi seorang finalis Stand Up Comedy di musim ke 6. Ia juga dikenal saat melakukan peran sebagai Tomo di The East dan menjadi Wahyu di film KKN Desa Penari.

Fakta Menarik Film Kupu-Kupu Kertas

Fakta Menarik Film Kupu-Kupu Kertas
twitter.com/HabisNontonFilm

Itulah informasi yang bisa kamu perhatikan dengan baik tentang sinopsis, jadwal tayang, dan para pemain yang melakoni. Nah, berikut ini ada beberapa fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang film ini adalah sebagai berikut:

  • Alur cerita ini mengisahkan tentang sepasang kekasih yang mencintai namun, terhalang dengan adanya ideologi berbeda. Kisah cinta keduanya sedikit sulit bersatu karena kedua ideologi dari latar belakang mereka sedang berkonflik. Ning yang berasal dari keluarga PKI sementara Ihsan berasal dari keluarga NU.
  • Latar cerita dari film Kupu-Kupu Kertas berasal dari sejarah PKI 1965 di daerah Banyuwangi. Konflik ini mengalami pembantaian enam puluh dua pemuda Ansor yang dilakukan oleh kelompok PKI. Kemudian, mereka melakukan balas dendam dan operasi tersebut dinamakan sebagai operasi Gagak Hitam.
  • Proses pengambilan film ini diangkat langsung di daerah Banyuwangi. Lokasi syutingnya juga diambil di pedesaan dekat hutan. Lokasi syutingnya cukup beragam mulai dari Kawah Wurung, padang savana, dan masih banyak lainnya.
  • Film ini juga dibintangi oleh aktor ternama seperti Amanda Manopo, Chicco, Iwa K, Reza Arap, Ayu Laksmi, Fajar Nugraha, Seroja Hafiedz, dan Samo Rafael. Penonton akan dimanjakan dengan peran aktor dan artis yang sangat memuaskan.

Baca Juga:

Ingin segera menonton film Kupu-Kupu Kertas? Yuk, pesan tiket film Kupu-Kupu Kertas di M-Tix sekarang juga. Kamu bisa beli voucher M-Tix yang lebih terjangkau di Blibli lho. Tunggu apalagi, segera beli voucher M-Tix dan tonton film kesukaanmu sekarang juga!