me

Sinopsis Bu Tejo Sowan Jakarta, Komedi Menarik di Awal Tahun

Feb 12, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

youtube.com
Simak dulu sinopsis Bu Tejo Sowan Jakarta ini sebelum nonton di bioskop!

Sinopsis Bu Tejo Sowan Jakarta — Suka film komedi? Sejak awal tahun kita sudah disajikan dengan salah satu film komedi yang sudah dinantikan banyak orang: Bu Tejo Sowan Jakarta. Penasaran seperti apa sinopsis Bu Tejo Sowan Jakarta? Cek sinopsis dan detail filmnya di bawah ini, yuk! 

Baca Juga:


Sinopsis

Seperti hari-hari biasanya, Bu Tejo sibuk dengan aktivitas dengan ibu-ibu kampungnya yang berlokasi di pinggir kota Yogyakarta. Tiap tahun, ibu-ibu kampung ini pasti menyelenggarakan acara jalan-jalan, tapi kali ini destinasinya belum ditentukan. 

Di saat yang bersamaan, Teddy, putra sulung Bu Tejo pulang dari Jakarta. Teddy menyampaikan ke keluarga kalau ia ingin menikah dengan pacarnya, Vanessia. Bu Tejo menyambutnya dengan bahagia, tapi ternyata pacar Teddy adalah keturunan Tionghoa yang nggak terlalu disetujui Bu Tejo. Untungnya berkat bujukan Teddy, akhirnya Bu Tejo setuju untuk lamaran ke Jakarta

Akhirnya diputuskan bahwa ibu-ibu kampung juga ikut ke Jakarta untuk jalan-jalan. Tapi sebenarnya Bu Tejo berencana menyabotase perjalanan supaya lamaran anaknya nggak jadi!

Jadwal Tayang

Jadwal Tayang Bu Tejo Sowan Jakarta
youtube.com

Bu Tejo Sowan Jakarta disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf, yang selama ini dikenal sering menyisipkan tema olahraga dalam filmnya. Naskahnya ditulis oleh Aaron Hart dan penata musiknya adalah Rajc Ibrahim. Film berdurasi 93 menit ini mulai tayang di bioskop sejak tanggal 18 Januari 2024. 

Siapa Saja Cast di Film Bu Tejo Sowan Jakarta?

Apakah cast di Tilik bakal berperan di film Bu Tejo Sowan Jakarta? Yuk, cek beberapa daftar pemerannya di bawah ini:

1. Siti Fauziah

Siti Fauziah
voi.id

Berperan sebagai Bu Tejo, pemeran utama film ini yang karakternya ikonis. Bu Tejo adalah ibu-ibu yang sehari-harinya disibukkan dengan aktivitas bersama ibu-ibu yang ada di kampung pinggiran kota Yogyakarta. Bu Tejo sebenarnya bahagia anaknya sudah berencana menikah, tapi belum bisa menerima kenyataan bahwa calon menantunya berasal dari suku yang berbeda. 

Siti Fauziah sendiri adalah aktris kelahiran Blitar, Jawa Timur, yang kemudian mengenyam pendidikan di Yogyakarta. Selama kuliah, Siti aktif di dunia teater hingga akhirnya menerima beasiswa untuk mengikuti lokakarya keaktoran dari Garasi Performance Institute. Film yang pernah diperankannya antara lain adalah Surga yang Tak Dirindukan, Bumi Manusia, dan Gendut Siapa Takut?!

2. Aditya Lakon

Aditya Lakon
hypeabis.id

Berperan sebagai Teddy, putra sulung Bu Tejo yang baru pulang dari Jakarta. Teddy ternyata sudah punya pacar dan mengungkapkan keinginannya untuk menikah. Masalahnya, pacar Teddy yang orang Jakarta ini bukan berasal dari suku Jawa seperti dirinya, tapi merupakan keturunan Tionghoa. 

Aditya Lakon adalah aktor yang sudah membintangi cukup banyak film dengan genre yang beragam. Salah satu filmnya adalah Tumbal Kanjeng Iblis. Sedangkan serial yang pernah dibintanginya antara lain adalah Kain Tanda Cinta Mendunia dan Piknik Pesona. 

3. Claudy Putri

Claudy Putri
hypeabis.id

Berperan sebagai Vanessia, wanita keturunan Tionghoa yang sudah menjalin hubungan cinta dengan Teddy selama Teddy tinggal di Jakarta. Vanessia dan Teddy berencana melangsungkan pernikahan meski tahu kalau keluarga Teddy sangat menjunjung budaya Jawa. 

Claudy Putri adalah aktris kelahiran 1998 yang mulai aktif di dunia hiburan sejak tahun 2013. Claudy sudah membintangi 9 film di antaranya Heart Beat, Maju Kena Mundur Kena Returns, Kain Kafan Hitam, dan Bukan Cinderella. 

4. Briliana Desy

Briliana Desy
hypeabis.id

Berperan sebagai Yu Saodah, salah satu teman Bu Tejo. Sebenarnya Briliana di Tilik berperan sebagai Yu Ning, salah satu karakter ikonis selain Bu Tejo. Jadi sudah pasti kehadiran Briliana di film ini juga dinantikan banyak penggemar yang sudah mengikuti sejak Tilik. 

Briliana Desy adalah pelakon teater asli Yogyakarta. Soal kualitas akting, nggak perlu diragukan lagi karena pengalamannya di dunia teater sudah 11 tahun! Wanita yang biasa disapa Brili ini juga sudah banyak membintangi FTV dan film, lho. Di antaranya Dilan 1991 dan Surga yang Tak Dirindukan. 

5. Putri Manjo

Putri Manjo
hypeabis.id

Kalau kamu sudah menonton Tilik The Series, pasti sudah nggak asing dengan karakter tetangga di kampung Bu Tejo yang suka memanas-manasi suasana. Ia adalah Bu Isna yang diperankan oleh Putri Manjo. Bu Isna juga jadi salah satu ibu-ibu yang menemani Bu Tejo ke Jakarta. 

Sama dengan Briliana Desy, Putri Manjo juga sudah lama aktif di dunia seni peran, terutama teater. Perannya sebagai Bu Isna ini sukses menarik perhatian penonton dan pasti dinantikan di film Bu Tejo Sowan Jakarta. 

Fakta Menarik Seputar Bu Tejo Sowan Jakarta

Ada fakta menarik apa saja seputar film Bu Tejo Sowan Jakarta? Ini dia beberapa di antaranya:

1. Popularitas Tilik Menginspirasi Film Panjangnya

Popularitas Tilik Menginspirasi Film Panjangnya
instagram.com/p/C2oePh3LCTB

Tak dapat dipungkiri, film ini terwujud karena popularitas Tilik, film pendek yang dirilis tahun 2018 di YouTube. Film karya sutradara Wahyu Agung Prasetyo ini nggak disangka luar biasa populer dan dijadikan serial, lalu sekarang ada versi film panjangnya. 

2. Wacana Pembuatannya Sejak 2021

Wacana Pembuatannya Sejak 2021
instagram.com/p/CSrdU2QBt6D

Film ini ternyata sudah menjadi wacana dan dibicarakan pembuatannya sejak tahun 2021. Karena satu dan lain hal, filmnya baru bisa tayang di awal tahun 2024 dan bakal menjadi salah satu pembuka genre komedi di tahun 2024.

3. Kerja Sama 3 Rumah Produksi

Kerja Sama 3 Rumah Produksi
instagram.com/p/C2XQGdor3CS

Bu Tejo Sowan Jakarta merupakan hasil kerja sama dari tiga rumah produksi, yaitu 786 Production, RUMPI Entertainment, dan Clockwork Films. Sementara itu, distributor filmnya adalah MD Pictures yang sudah sangat berpengalaman di industri perfilman. 

4. Memadukan 3 Budaya

Memadukan 3 Budaya
liputan6.com

Sebelumnya di Tilik dan Tilik The Series ceritanya lebih fokus pada budaya Jawa, terutama Jawa Tengah. Tapi di film Bu Tejo Sowan Jakarta bukan hanya budaya Jawa yang ditampilkan, melainkan ada budaya Tionghoa dari keluarga Vanessia dan budaya Jawa Barat dari suami Bu Teja, Pak Teja. 

5. Menghadirkan Wajah-wajah Segar

Menghadirkan Wajah-wajah Segar
bogordaily.net

Sebenarnya, para pemeran Bu Tejo Sowan Jakarta banyak yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di dunia akting, tapi kebanyakan adalah pelakon dari luar Jakarta yang justru menjadikan film ini lebih segar. Pemerannya jarang kita lihat, sehingga membuka peluang bagi aktor dari luar ibu kota untuk berkembang. 


Baca Juga:

Nggak sabar menonton film komedi ini setelah baca sinopsis Bu Tejo Sowan Jakarta? Sebelum ke bioskop, pastikan kamu beli voucher CGV dulu di Blibli. Beli tiket jadi lebih mudah dan hemat dengan voucher ini, lho! 

Tag: