Bicara soal kerajinan tangan, kayu menjadi bahan utama yang identik dengan berbagai macam produk handmade. Kalau kamu perhatikan, kerajinan tangan apapun yang terbuat dari kayu biasanya akan lebih mudah diterima di pasaran dan menarik minat banyak orang.

Bagi para konsumen, kerajinan tangan dari kayu dianggap memiliki nilai estetika dan keunikannya tersendiri. Sementara bagi para pengrajin, material kayu dipilih karena keberadaanya yang mudah didapat, terjangkau dan mudah dibentuk sesuai keinginan.

Material kayu juga dipilih karena sifatnya yang ramah lingkungan serta nggak mudah rusak meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kesan elegan nan mewah yang diciptakan dari produk-produk handmade dari kayu juga nggak kalah indah dari kerajinan tangan berbahan metal atau logam.

Di era yang semakin modern seperti sekarang ini, banyak para pengrajin yang semakin kreatif dalam mengolah kayu untuk dijadikan kerajinan tangan yang nggak biasa. Penasaran? Yuk diintip!

 1. Gelang kayu untuk sentuhan tangan yang manis

gelang-kayu

Via Madeheart.com

Kerajinan tangan pertama yang ternyata dapat dibuat dari material kayu adalah gelang. Selain terlihat mewah nan elegan, gelang kayu juga dapat memberikan sentuhan etnik khas Indonesia yang akan memberi kesan eksotik pada penampilanmu.

Jika selama ini kamu sering mengoleksi gelang dengan bahan bebatuan alam, maka gelang kayu dapat kamu jadikan opsi lain untuk melengkapi gaya kamu sehari-hari. Desainnya yang beraneka ragam juga dapat dengan mudah kamu kombinasikan dengan berbagai fashion item yang kamu kenakan.

Nggak seperti gelang berbahan logam atau bebatuan yang kadang terasa lebay saat dipakai, gelang kayu ternyata mampu memunculkan kesan etnik dengan kadar yang pas. Soal ketahanan, gelang kayu juga terbukti awet.

2. Kacamata kayu, si stylish yang nggak lekang oleh waktu

kacamata-kayu

Via Pinterest

Fenomena kacamata kayu sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 2015 lalu ketika Ridwan Kamil dengan bangganya memamerkan kacamata kayu buatan Bandung disela-sela kunjungannya ke Balai Kota Bandung.

Sejak saat itu, kacamata kayu pun mulai dicari banyak orang. Para pengrajin lain pun seakan terpacu untuk menciptakan model kacamata unik yang berciri khas Indonesia.

Peran kacamata kayu ini juga dapat menjadi warna baru yang terkesan nggak monoton bagi para pecinta fashion ditengah-tengah banyaknya model kacamata yang bermunculan di pasaran.

Dilihat dari materialnya yang terbuat dari kayu, kacamata ini selain telihat unik, juga tahan lama dan ringan saat dipakai. Bagi para pengrajin di Indonesia sendiri, menciptakan kacamata kayu tentunya dapat menjadi tantangan tersendiri serta peluang bisnis yang bagus.

3. Jam tangan kayu, si pengingat waktu yang unik

jam-kayu

Via thegadgetflow.com

Jam tangan terbuat dari kayu? Jangan salah, kini fashion item yang satu ini kini menjadi salah satu produk handmade yang paling banyak dicari oleh para pecinta mode.

Fenomena jam tangan kayu yang sudah muncul sejak tahun lalu ini dipicu oleh maraknya pemakaian kayu sebagai bahan utama untuk beragam kerajinan tangan yang nggak biasa.

Para pengrajin di Indonesia kemudian melihat hal ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Terlebih seiring dengan perkembangan zaman, jam tangan kini nggak hanya dilihat sebagai penunjuk waktu saja namun juga sebagai fashion statement bagi si pemakainya.

Selain karena keunikannya dalam menampilkan tekstur kayu yang alami, tampilan jam tangan kayu ini terkesan elegan dan mewah melalui warna asli kayu yang khas.

Jam tangan kayu ini juga bisa menjadi alternatif lain bagi para pecinta fashion yang memiliki kulit sensitif terhadap penggunaan material logam mulia

4. Sentuhan homey nan adem dengan tikar kayu

tikar-kayu

Via PriceAZ

Berbicara soal kerajinan tangan khas Indonesia, tentu kamu sudah familiar dengan yang namanya tikar. Sejak dahulu kala, benda yang satu ini memang lebih dikenal karena kualitas handmade para pengrajin.

Awalnya, kita memang lebih akrab dengan tikar yang terbuat dari anyaman rotan, bambu atau daun pandan. Kini seiring dengan maraknya material kayu sebagai bahan baku kerajinan tangan, tikar kayu pun tercipta.

Kehadiran tikar kayu ini pun disambut gembira para konsumen karena dapat memunculkan suasana baru. Bahkan jika dilihat dari tampilannya, tikar kayu terlihat lebih mewah daripada tikar dari bahan alami lainnya.

Dalam penggunaanya, tikar kayu juga nyaman saat dipakai sebagai alas. Tekstur dan warna kayunya yang alami dan lembut juga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih adem.


BACA JUGA Mulai dari Unyil sampai Komodo: 9 Boneka lucu ini Indonesia banget!


5. Mendengarkan musik semakin ceria dengan speaker kayu

ruaya_ruaya-reckoner-kayu-speaker-for-iphone-5-or-5s_full01

Via Blibli.com

Pernah menyangka nggak kalau kayu ternyata bisa disulap menjadi barang kekinian, misalnya speaker untuk gadget kamu?

Kehadiran speaker kayu ini tentunya bisa menjadi kabar baik bagi kamu yang suka mendengarkan musik. Bentuknya yang beda dari yang lain ini tentunya memberikan kesan tersendiri, terutama bagi kamu yang menyukai barang-barang berbahan kayu.

Nggak cukup sampai disitu saja, keunikan lain yang ditawarkan speaker kayu ramah lingkungan ini adalah sifatnya yang hemat listrik. Kamu nggak perlu lagi membutuhkan daya listrik untuk mendengarkan musik kencang-kencang. Dalam keadaan mati lampu pun kamu juga masih bisa menikmati hiburan musik.

Bentuknya yang imut juga akan memudahkan kamu untuk membawanya kemana saja.  Siapa sangka mendengarkan lagu-lagu kesayanganmu bisa seunik dan seasik ini?

6. Lampu hias kayu, si penerang dalam gelap gulita yang multi fungsi

lampu-hias

Via Kaskus

Kerajinan tangan selanjutnya yang dapat dibuat dari kayu adalah lampu hias. Jika selama ini kamu sering melihat lampu-lampu hias yang dijual di pasaran terbuat dari material plastik, kini nggak salahnya jika kamu melirik lampu hias dari kayu.

Nggak hanya berfungsi sebagai penerang ruangan, lampu hias kayu  juga dapat menjadi hiasan atau dekorasi ruangan yang pas. Mengingat bentuknya yang unik dan khas.

Warna alami kayunya sendiri dapat memberikan kesan mewah yang nggak kalah cantik dengan perabotan lainnya.

7. Tas koper kayu untuk petualanganmu yang unik

tas-koper

Via eBay

Ingin memberikan sentuhan unik yang bisa menemani saat bepergian? Tas koper kayu jawabannya! Jika biasanya kamu disuguhi beragam macam tas koper cantik buatan pabrik yang terbuat dari material kain atau kulit, kini kamu patut berbangga. Para pengrajin Indonesia kini punya tas koper kayu yang nggak kalah manis untuk diajak bepergian.

Kebanyakan orang menyukai tas koper kayu ini karena desainnya yang sederhana namun tetap terkesan mewah dengan warna khas kayu serta tekstur kayunya yang alami.

Tas koper kayu ini juga menjadi salah satu fashion item yang unik karena penggunaan material kayu dalam pembuatan tas yang masih jarang digunakan. Nggak heran jika kamu perlu merogoh kantong lebih dalam untuk bisa memilikinya.

Penggunaan material kayu untuk beragam macam kerajinan tangan diatas memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Terlepas dari segala keunikan yang ditawarkannya, kerajinan tangan dari kayu menjadi ciri khas betapa kreatifnya sumber daya manusia di Indonesia.

Bagi kamu yang sudah memiliki produk handmade dari kayu atau berencana untuk membelinya dalam waktu dekat, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik dan benar ya.

Selalu pastikan suhu disekitar barang-barang kayumu nggak dalam keadaan lembab untuk menghindari sifat kayu yang mudah berjamur dan lapuk.

Bagi kamu yang ingin mencari beragam jenis kerajinan tangan khas Indonesia dari kayu, nggak perlu repot mencarinya karena Blibli.com punya yang kamu cari dengan banyak penawaran menarik untuk kamu! Tunggu apa lagi, buruan belanja!

 

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends :)
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY