me

Siapa Sangka Eceng Gondok Menjadi Duit di Tangan Pejuang Lokal Satu Ini

Aug 15, 2020.By Blibli Friends
Bagikan

Eceng gondok yang biasa kita lihat di kali atau waduk hanya sekedar tumbuhan air atau bahkan menjadi tanaman penggangu di persawahan. Tetapi siapa sangka dengan kreativitas, eceng gondok menjadi bernilai tinggi.

Ya, eceng gondok bernilai tinggi di tangan super kreatif Firman Setyaji founder Bengok Craft. Bengok adalah nama lokal dari eceng gondok dan craft dalam Bahasa Inggris yang artinya kreasi.  Nama lokal brand ini ibarat perwujudan mimpi Firman untuk membangun sentra kerajinan yang dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Bengok Craft merupakan usaha berbasis pemberdayaan masyarakat yang mengolah eceng gondok menjadi aneka kerajinan yang berujung dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah tersebut.  Tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sebagai mata pencaharian, akan tetapi juga sangat bermanfaat bagi pemakai produk dan untuk kelestarian bumi. Karena dengan bahan eceng gondok, Firman sangat mengedepankan produk yang ramah lingkungan.

Firman memulai usahanya pada awal tahun 2019 dan secara offline dulu. Menurut Firman, pada tahun-tahun pertama, Bengok Craft fokus pada produksi dan peningkatan kapasitas produksi termasuk merekrut pengrajin. Dan setelah kapasitas produksinya meningkat dan market sudah mulai terbentuk, baru masuk ke online.

Mimpi Firman selanjutnya adalah ingin membawa Bengok Craft sebagai produk lokal yang merambah pasar global nantinya. Firman menargetkan pada tahun ketiga Bengok Craft bisa melakukan ekspor dan berharap melalui fasilitas e-commerce seperti Blibli dapat mendukung dari sisi pelanggan dan pengiriman barang, sementara pelaku UMKM pun harus proaktif mencari informasi program pemerintah untuk ekspor.

Temukan produk lain yang dibuat dari Eceng Gondok 

 

 

 

 

 

 

 

Tag: