Hari-hari yang kamu jalani dari Senin sampai Jumat kadang bisa membuat otot-otot di dalam tubuh berteriak-teriak. Tidur yang terlalu malam atau beban pikiran yang menumpuk membuat tubuhmu jadi nggak fresh saat bangun di pagi harinya.

Untuk itu, kamu perlu memberikan tubuhmu kesempatan untuk relax and chill. Jangan khawatir dompetmu langsung terkuras atau waktumu habis di jalanan ibu kota yang memuakkan. Kamu bisa massage sendiri di rumah, loh!

Ini dia cara hemat dan nggak merepotkan agar tubuh bisa kembali bersemangat mengikuti aktivitasmu yang padat.

1. Ciptakan suasana yang kondusifkondusif

Via Tremost

Kamar yang berantakan dan sempit dipenuhi barang-barang sepertinya kurang tepat buat kamu yang butuh ketenangan dan kedamaian.

Cari tempat yang agak luas untuk jadi lokasi massage-mu. Kalau kamu nggak menemukan lokasi itu karena kamu anak kos, jalan satu-satunya adalah membereskan kamar sebisamu.

Setelah itu, buat atau pasang playlist lagu yang pas buat menenangkan pikiran. Cari lagu-lagu yang mengalun merdu dan nggak membuat pikiranmu kusut.

Ruangan yang luas ditambah lagu yang menghanyutkan merupakan usaha untuk membangun suasana yang pas untuk mendapatkan massage yang terbaik!

2. Scent yang mampu membuatmu terlepas dari stress dalam sekejap

scentVia Wellness Appliances

Wewangian dari oil burner , essential oil,  atau lilin bulat yang kamu suka akan membuat suasana ruangan yang akan kamu gunakan jadi lebih teduh dan asyik.

Essential oil itu maksudnya adalah minyak pekat yang mengandung wewangian dengan khasiat yang berbeda-beda untuk merilekskan pikiranmu dan meningkatkan kepuasan ketika dipijat.

Essential oil yang pas untuk massage adalah lavender, melati, chamomile, dan lemon. Keempat jenis minyak ini memang memiliki kelebihan untuk menenangkan dan membuat pikiran lebih santai.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan lilin aromaterapi. Tinggal nyalakan lilin tersebut dan wewangian akan muncul ketika api melelehkan lilin tersebut pelan-pelan. Seluruh sudut ruangan akan disulap menjadi tempat paling nyaman dalam sekejap!

3. Siapkancarrier oil untuk jaga-jaga

carrier-oilVia WordPress

Selain essential oil, minyak lain yang perlu kamu gunakan adalah carrier oilCarrier oil adalah minyak pelarut agar essential oil dapat digunakan dengan maksimal.

Ketika wewangian dari essential oil terasa sangat pekat dan terlalu kuat, kamu bisa menetralisirkannya dengan carrier oil.

Ada banyak jenis carrier oil yang cocok untuk ruangan kamar lho seperti coconut oil. Tapi, ada juga carrier oil yang memang digunakan untuk keperluan memijit seperti Grapeseed oil.

Kalau masih merasa bingung, cobalah pergi ke toko kecantikan dan tanyalah para pramuniaganya mengenai produk yang cocok dengan khasiat yang ingin kamu dapatkan.

4. Persiapkan alat-alat massage

massage

Via Pinterest

Nah. Setelah semua perlengkapan tambahan sudah siap, jangan lupa untuk menyiapkan peralatan utama, yaitu alat-alat massage.

Tentu akan lebih baik kalau kamu punya partner atau teman untuk membantumu melakukan pemijatan, karena memang nggak akan mudah menggunakan alat-alat tersebut dengan tanganmu sendiri.

5. Jika malas, panggil saja tukang pijat langgananmu atau langganan temanmu

tukang-pijet

Via Merdeka

Jika kamu sedang membutuhkan quality time dengan diri sendiri panggillah tukang pijat langgananmu ke rumah.

Walaupun kamu jadi keluar uang, biaya yang kamu tanggung nanti pasti jauh lebih kecil daripada kalau kamu pergi ke tempat spa. Selain itu, nggak seperti di spa, kamu bisa mendapatkan ketenangan di rumah tanpa diganggu oleh orang lain.

Jadi, segeralah tanya orang-orang terdekatmu mengenai tukang pijat andalan mereka dan jangan lupa tanya tarifnya per jam, ya!

6. Sebelum massage, body scrubbing menjadi awalan yang menyenangkan

body-scrubbing

Via News Beat

Sebelum melakukan massage, ada baiknya kamu luluran terlebih dahulu. Scrub ini bertujuan untuk membuang sel-sel kulit mati yang menempel di seluruh tubuhmu. Setelah itu, massage akan melembabkan kulitmu yang sudah bebas dari kotoran-kotoran itu.

Sudah bisa membayangkan kenikmatan yang akan kamu dapatkan, bukan? Memijat ditambah dengan body scrubbing nggak akan sia-sia karena kamu juga mendapat manfaat kesehatan!


BACA JUGA Jalani Liburan yang Nggak Biasa dengan Melakukan 7 Hal Ini!


7. Rendam badan dengan garam mandi

garam-mandi

Via 1 Health

Setelah massage, tentunya kamu perlu membersihkan tubuh, dong? Nah. Kamu akan menemukan sensasi yang beda kalau mandi nggak hanya dengan air biasa, tapi dengan garam mandi di dalam air hangat di bath tub atau ember.

Kamu bisa berendam selama beberapa waktu jika memiliki batht ub. Jika hanya ada ember di rumahmu, kamu tinggal skip bagian berendam dan gunakan air larutan garam mandi itu sebagai air bilasan untuk mandi.

Umumnya, garam yang digunakan untuk mandi dan menghaluskan bagian-bagian kering di tubuh adalah garam Epsom. Jadi, bagi kamu yang masih bingung mau pakai garam yang mana, jangan pernah ragu untuk menggunakan garam Epsom.

8. Sediakan teh chamomile atau teh hijau

teh

Via Style Antrophy

Kamu sudah melalui proses yang cukup panjang. Tubuh kamu juga sudah jauh lebih relax. Namun, rasanya masih ada yang kurang kalau kamu tidak memberi kesenangan pada kerongkonganmu.

Rebuslah air. Sediakan teh chamomile atau teh hijau. Teh hijau atau chamomile akan membuat tubuhmu terasa semakin nyaman.

Minum teh dalam kondisi badan sudah bersih dan segar menjadi kemewahan sederhana yang bisa kamu ciptakan sendiri di rumah tanpa perlu ke tempat minum teh.

Dengan wewangian dari oil burner atau lilin aromaterapi yang masih menyala di ruangan, kegiatan minum teh kamu akan menjadi treatment terakhir agar tenagamu terisi sepenuhnya.

Nah, ternyata nggak sulit kan untuk menadapatkan kenikmatan massage yang maksimal? Dengan tips-tips ini, nggak perlu lagi stress dan kesal karena pengalaman dipijat nggak menyenangkan. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah pula dengan modal yang kurang dari ratusan ribu rupiah.

Jangan hanya duduk diam dan membaca! Sekarang waktunya kamu yang mencoba dan merasakan efeknya yang membuat ketagihan! Selamat mencoba, guys!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY