Awal bulan. Waktunya belanja bulanan lagi!

Hmm…

Bayangkan. Harus macet-macet pergi ke supermarket. Berputar di gedung parkir 3 kali karena tidak dapat parkir. Mendorong troli dengan susah payah. Mencari barang di rak dengan begitu banyak pilihan. Mengantre di kasir untuk bayar. Kembali lagi ke gedung parkir. Sampai di rumah masih harus menurunkan belanjaan!

Belanja bulanan atau grocery shopping bisa dibuat lebih simpel, Friends. Jadi, waktu untuk melakukan proses panjang di atas bisa dimanfaatkan untuk hal lain, berkumpul dengan keluarga, misalnya?

Nah Friends, yuk ikuti tips berikut ini agar belanja bulanan gak perlu ribet lagi!

1. Tentukan frekuensi belanja

Frekuensi belanja ini akan berbeda antara belanja makanan dan non makanan. Karena sifatnya yang cepat rusak, frekuensi belanja makanan bisa jadi lebih sering. Misalnya untuk sayuran setiap 3 hari, untuk buah seminggu sekali sementara untuk beras dan minyak goreng sebulan sekali. Sementara untuk barang non makanan seperti sabun, shampoo dan tissue bisa distok untuk waktu yang lebih panjang.

2. Siapkan daftar menu makan keluarga

Menu? Iya. Sebelum belanja makanan, tentukan dulu menu makan keluarga. Kamu gak bisa pergi belanja random. Sayang kan kalau makanan yang sudah dibeli ternyata gak terpakai. Kamu bisa membuat menu makan 3 x sehari untuk 7 hari ke depan. Dengan begitu kamu juga tahu berapa kali perlu membeli roti dan telur, hingga menentukan stok lauk pauk dan sayur mayur dalam seminggu.


BACA JUGA Biar Isi Dompetmu Lebih Awet Tebelnya, 5 Tips Ini Bisa Nyelametin Sampai Waktu yang Nggak Ditentukan


3. Buat daftar barang

Setelah tahu frekuensi berbelanja dan menu makan keluarga, sekarang saatnya membuat daftar barang. Jangan lupa ada dua jenis ya, makanan dan non makanan. Daftar ini seharusnya tidak berubah banyak dari bulan ke bulan. Kamu bisa membuat catatan di handphone yang memuat semua kebutuhan barang-barang ini.

4. Siapkan anggaran dan metode pembayaran

Tentu saja ini yang paling penting! Sebelum belanja kita harus punya anggaran! Berapakah biaya grocery shopping kamu setiap bulan? Kalau sudah tahu jumlahnya, bayarnya akan menggunakan metoda apa? Apakah menggunakan kartu debit atau kartu kredit? Menggunakan cash atau transfer?

5. Belanja grocery shopping secara ONLINE!

Terakhir adalah ke mana kamu berbelanja! Pilihan lokasi ini bisa bermacam-macam, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket premium. Tapi bisa juga menggunakan fasilitas belanja bulanan ONLINE!

Percaya deh. Salah satu alasan kita melebar jauh dari daftar belanjaan adalah karena lapar mata di supermarket. Nah saat belanja bulanan dapat kita lakukan secara online, daftar belanjaan ini lebih mudah untuk kita tepati.

Gak ribet lagi deh! Dengan cara begitu seharusnya kamu sekarang bisa duduk-duduk manis aja, menikmati nonton crime series favorit sambil menunggu semua barang belanjaan kebutuhan keluarga datang melalui delivery service!

Blibli.com punya cara biar kamu bisa melakukan hal tersebut karena Blibli.com punya Big Groceries Day tanggal 1-3 tiap bulannya. Belanja kebutuhan bulanan gak lagi jadi masalah, asal kamu tahu dulu apa saja barang yang dibutuhkan. Manfaatkan juga fasilitas yang dimiliki Blibli.com seperti promo, cicilan 0%, bebas ongkir, dan beragam cara pembayaran.

Selamat belanja bulanan, Friends!

*Artikel ini merupakan hasil kerjasama Blog Blibli Friends dengan QM Financial.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY