Moms pasti tahu bahwa makanan merupakan salah satu hal utama yang bisa mendukung tumbuh kembang si kecil menjadi lebih sehat dan kuat. Tanpa makanan, si kecil nggak akan kuat beraktivitas dan perkembangan dalam tubuhnya juga bisa terhambat.

Namun apa yang harus moms lakukan si kecil susah diberi makan? Mungkin sulitnya si kecil saat diberi makan telah membuat moms jadi frustasi. Namun sekarang moms tidak perlu khawatir. Dengan mengikuti 7 cara ini, moms pasti bisa memberinya makan dengan lebih mudah.

1. Pastikan dulu bahwa ia memang sedang laparbayi-lapar

Via Klikk

Sebelum moms mengusahakan berbagai cara untuk membuatnya mau makan, ayo coba diingat-ingat kapan terakhir kali ia diberi makan atau minum susu?

Jika selang waktunya hanya baru 1-2 jam, moms jangan heran kalau si kecil menolak saat diberi makan. Ia masih kekenyangan moms!

Moms harus percaya bila si kecil sudah mengerti porsi yang tepat untuk mengisi perutnya. Jadi, ia pasti akan meminta makan kepada moms jika ia sedang lapar. Untuk bisa memastikannya, moms bisa mencoba mensuapinya.

Bila ia langsung membuka lebar mulutnya saat melihat akan disuapi, berarti dia memang sudah lapar. Jika dia menolak, lebih baik jangan moms paksakan. Ajak saja dia main terlebih dahulu.

2. Coba beri ia makan setelah bangun tidur
bayi-bangun-tidur

Jika moms memberi makan ketika si kecil sedang lelah, besar kemungkinan bahwa ia akan menolak suapan dari moms. Hal ini disebabkan karena ia akan lebih memilih tidur daripada kelelahan mengunyah makanan.

Karena itu, para ahli pun berpendapat bahwa waktu yang paling tepat untuk memberi si kecil makan adalah ketika ia baru bangun tidur.

Setiap bangun tidur, si kecil akan merasa segar dan senang sehingga ia mudah untuk diajak bekerja sama. Moms pun bisa memberinya makan dengan lebih mudah.

 3. Buat dia fokus pada makanan

fokus-ke-makan

Via Science of Mom

Bila waktu makannya sudah tepat namun si kecil masih tidak mau makan, cobalah moms lihat lingkungan sekitar. Apakah televisi di ruangan masih menyala? Atau terdapat mainan miliknya bertebaran di dekat tempat moms memberinya makan?

Perhatian si kecil yang terdistraksi bisa membuatnya sulit diberi makan. Karena itu pastikan untuk selalu membuat suasana yang kondusif dan bebas dari gangguan saat ingin memberinya makan.

Simpan seluruh mainan jauh dari penglihatannya. Jangan lupa juga untuk mematikan televisi ataupun radio. Buatlah agar perhatiannya hanya terpaut pada moms dan juga makanan. Pasti si kecil akan lebih mudah untuk diberi makan.


BACA JUGA Mengingatkan Aja Nih Moms: Berikut 5 Gizi Penting untuk Si Kecil


4. Kenalkan dia pada makanan
kenalkan-pada-makanan

Alasan si kecil nggak mau makan saat disuapi bisa juga disebabkan karena makanan tersebut asing baginya. Si kecil menyukai hal-hal yang ia kenal dengan baik, tak terkecuali makanan. Jadi bila ia mengenal makanan yang moms berikan, ia pasti akan memakannya dengan senang hati.

Moms bisa mengenalkan makanan kepadanya dengan menunjukkan dan memberi tahu nama makanan tersebut padanya. Moms juga bisa mengajaknya ke dapur sambil membuat makanan untuknya. Semakin ia familiar dengan makanan yang moms berikan, maka ia akan semakin mudah diberi makan.

5. Biarkan ia mencicipi beberapa jenis makanan

jenis-makanan

Via Zainab Jagot Ahmed

Mungkin selama ini moms berpikir bahwa makanan untuk si kecil haruslah lebih tawar dannggak boleh memiliki rasa terlalu berat. Tapi sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar, lho!

Selama bumbu yang moms berikan itu alami seperti bubuk kayu manis, vanila, bawang putih, dan juga dau mint, aman-aman saja buat si kecil.

Moms juga bisa membuat makanan si kecil menjadi lebih enak dengan menggunakan bahan-bahan dengani rasa manis yang halu seperti wortel, jagung, dan juga daging ayam.

Dengan membuat variasi rasa pada makanannya, si kecil pun tidak akan bosan makan dan lebih mudah untuk disuapi. Ia pun akan lebih siap untuk memakan makanan yang sama dengan moms saat ia sudah besar.

6. Biarkan dia makan sendirimakan-sendiri

Via Jackinthetube

Apakah si kecil lebih senang melakukan segala sesuatu dengan caranya sendiri? Jika ya, moms bisa membiarkannya makan sendiri.

Coba ajarkan dulu bagaimana cara menggunakan sendok padanya beberapa kali, kemudian biarkanlah dia makan sesuai dengan caranya. Ia pasti akan menghabiskan makanan lebih cepat dan lahap dibanding dengan waktu disuapi.

Memang sih cara ini bisa membuat rumah berantakan, tapi biarkanlah dia mandiri moms! Yang penting, moms lindungi saja bajunya dengan celemek yang benar-benar bisa melindungi bajunya dari makanan. Jadi, moms nggak perlu khawatir kesulitan mencuci bajunya.

7. Moms harus jadi role model-nyarole-model

Via Today

Meskipun mungkin si kecil tidak selalu mengikuti apa kata moms, ia tetap akan selalu mengikuti apa yang moms contohkan padanya. Jadi, ayo berikan contoh yang baik padanya.

Moms bisa memberinya contoh dengan memakan makanannya dengan ekspresi yang meyakinkan bahwa makanan tersebut memang enak. Selain itu, moms juga bisa membiarkannya melihat moms memakan makanan moms di depannya.

Setelah melihat moms makan, si kecil pasti ingin ikutan makan dan akan segera meminta makanan dari moms.

Makanan sangatlah penting untuk mendukung pertumbuhan si kecil. Karena itu, apapun yang terjadi moms harus bisa membuatnya makan.

Jangan menyerah ya moms. Moms harus tetap sabar dalam menghadapi si kecil yang sulit diberi makan dan terus berusaha untuk membuat ia makan. Sebentar lagi masa-masa ini akan segera berlalu kok.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY