Si Kecil Kecanduan Gadget, Moms Sebaiknya Ngapain Ya? Yuk, Belajar Tipsnya dari Psikolog!

si kecil kecanduan gadget

Si kecil tidak mau lepas dari gadgetnya? Jangan sepelekan tanda-tanda ini, Moms. Bisa jadi, si buah hati sudah mulai kecanduan dengan gadget! Walaupun dapat mendukung perkembang kognisinya, penggunaan gadget oleh si kecil harus diawasi. Namun, moms perlu kenali dulu tanda-tanda, bahaya, serta cara penanganan sebelum si kecil kecanduan gadget terlalu dalam. Untuk ini, Blibli Friends akan belajar bersama seorang Psikolog Sosial, Neyna Namira, S.Psi, M.Psi! Apa saja tips darinya?

Bagaimana sih caranya tahu si kecil kecanduan gadget?

si kecil kecanduan gadget-2
Via – YourDost

Apakah moms tahu, sebenarnya kecanduan yang dialami anak-anak pada masa kini lebih mengarah pada penggunaan gadget untuk gaming dan binge video? Gadget dalam bentuk smartphone, PC, tablet, dan gaming console merupakan perangkat yang mudah dijangkau dan diakses oleh anak-anak untuk dua hal tersebut.

Kata kak Neyna, jika si kecil kecanduan gadget, pola hidup kesehariannya dapat terganggu. Tanda-tanda yang dapat diamati ialah berupa tidak teraturnya jadwal makan, jadwal tidur, terlihat gelisah atau bahkan marah dan menjadi rewel jika tidak diperbolehkan memegang gadget.

Apa dampaknya terhadap kehidupan si kecil?

si kecil kecanduan gadget-2
Via – YourDost

Jika si kecil berada pada usia sekolah, kecanduan gadget dapat mengganggu aktivitas belajarnya. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game di luar jam sekolah akan menyebabkan hal-hal buruk pada lingkungannya, menurut kak Neyna, seperti:

1. Mudah tertidur di kelas karena energi mentalnya terkuras oleh game.
2. Sulit berkonsentrasi, sehingga melalaikan tugas.
3. Lebih memilih bermain dengan gadget ketimbang berinteraksi.
4. Kurang tertarik dengan kegiatan pengembangan keterampilan, seperti ekstrakurikuler.
5. Merasa cemas dan marah (*cranky*) ketika tidak memainkan gadgetnya.

Dampak fisik apa saja yang ditumbulkan?

si kecil kecanduan gadget-2
Via – Huffington Post

Selain itu, kalau si kecil kecanduan gadget, ia juga rentan terkena gangguan fisik. Menurut kak Neyna dan penelitian terkait, gangguannya bisa berupa:

1. Susah tidur

Perangkat gadget mengeluarkan sinar blue light yang menyerupai cahaya siang hari sehingga dapat memberikan sinyal ‘bangun’ bagi tubuh yang seharusnya sudah butuh beristirahat.

2. Kurang gerak

Kecanduan gadget cenderung akan membuat si kecil mengalami gangguan motorik fisik sehingga berpotensi menyebabkan obesitas dan terhambatnya pertumbuhan tulang.

3. Gangguan mata

Pemakaian gadget berlebih dalam jangka panjang bisa menyebabkan mata kering, penglihatan buram, dan sakit kepala karena jarak pandang yang terlalu dekat.

4. Nyeri atau sakit di beberapa bagian tubuh

Rasa nyeri pada bagian punggung, leher, bahu juga bisa dialami oleh anak yang kecanduan gadget karena berhadapan dengan perangkat tersebut selama berjam-jam.

Dampak psikologisnya?

si kecil kecanduan gadget-2
Via – nspcc

Sementara secara psikologis, menurut kak Neyna kecanduan bermain gadget dapat menyebabkan hal-hal sebagai berikut:

1. Kemampuan bersosialisasi yang kurang

Meskipun gadget menyediakan beberapa aplikasi untuk bersosialisasi, anak tetap memerlukan interaksi langsung dan bertatap muka dengan banyak orang. Mereka juga perlu diajarkan untuk memahami ekspresi emosi orang lain.

2. Rasa cemas yang berlebihan

Jika sudah mengenal media sosial si kecil memiliki kemungkinan untuk sibuk membandingkan diri dengan teman-temannya dan berlomba-lomba untuk mendapatkan like dan komentar.

3. Meningkatkan agresivitas

Munculnya aneka game di gadget bisa memicu munculnya perilaku agresif karena ada proses meniru yang dilakukan anak terhadap apa yang dia liat dari gadget tersebut.


Baca juga: Jangan lewatkan momen ini moms! Lakukan 9 hal ini sebelum si kecil berusia 5 tahun!


Apa yang sebaiknya moms lakukan?

si kecil kecanduan gadget

Namun jangan panik dulu moms. Kelebihan anak-anak adalah mudah beradaptasi dan berbuah kebiasaannya dengan cepat. Jadi, kesempatan bagi moms untuk mencegah si kecil kecanduan gadget masih tinggi. Berikut beberapa saran dari kak Neyna:

1. Gunakan metode reward and punishmen

Moms perlu mulai menanamkan konsistensi pada anak dengan memberikan reward and punishmen sesuai kesepakatan dengan si anak.

2. Batasi waktu pemakaian, misalnya dengan diet gadget

Moms bisa mempersihlakan bermain gadget pada hari libur, atau dalam setiap harinya diberlakukan pengurangan jatah bermain gadget hingga mencapai batas normal.

3. Alihkan ke aktivitas motorik

Cobalah ajak anak melakukan aktivitas yang memicu gerak motoriknya, seperti bermain mobil-mobilan, mewarnai, puzzle, bersepeda, dan lain-lain. Substitusi gadget dengan aktivitas lainnya yang lebih seru.

Adakah substitusi yang baik untuk menggantikan gadget?

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah, aktivitas seperti apakah yang bisa membantu moms mencegah si kecil kecanduan gadget?

1. Permainan yang memancing kreativitas

si kecil kecanduan gadget-2
Via – Peke’s Blog

Permainan seperti bongkar pasang dan plastisin akan merangsang kreativitas anak. Lebih banyak hal yang bisa ia ciptakan dari bermain gadget!

Contohnya: Playdoh Burger Barbecue

2. Permainan yang menyalurkan hobi

si kecil kecanduan gadget

Main musik itu punya segudang manfaat. Keterampilan musik itu punya korelasi dengan IQ yang tinggi loh moms!

Contohnya: Electronic keyboard

3. Permainan yang mendorong minat olahraga

si kecil kecanduan gadget
Via – Safebee

Bersepeda akan menjaga kebugaran si kecil! Yuk, kenali dia dengan dunia luar!

Contohnya: Sepeda anak Briller

Bagaimana, moms? Coba perhatikan si kecil deh, apakah ia menunjukkan tanda-tanda kecanduan gadget? Bila iya, moms harus mendedikasikan usaha dan waktu untuk membantunya agar tidak kecanduan. Jangan terlalu dipaksa ya moms. Harus bersabar dan pelan-pelan. Bila terlalu tiba-tiba, bisa saja ia mala retaliasi dan bersikap negatif sama moms!

Blibli.com hadir membantu moms! Moms bisa mendapatkan berbagai permainan edukatif yang ada di Blibli.com untuk membantu regulasi si kecil kecanduan gadget! Manfaatkan cicilan bunga 0% untuk semua produk dan pengiriman gratis ke seluruh Indonesia! Yuk, ajari si kecil menggunakan gadget dengan aman!


Baca juga: Saat gajian, lakukan hal ini untuk si kecil ya moms!


Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY