Menghabiskan waktu di taman rumah bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan tingkat stres lho, Friends. Melihat dedaunan hijau dan bunga-bunga yang indah juga akan meningkatkan mood kamu. Nah, taman pasti akan lebih cantik lagi kalau dihiasi dengan batu pijakan yang lucu. Karena itulah, Setapak 9 muncul dengan kreasi pijakan taman yang dilukis dengan berbagai macam motif!

More than stepping stone, itulah slogan yang ada di benak Joni Martono, founder Setapak 9, saat pertama kali membuat hiasan pijakan taman. Pria asal Jogja ini ingin menjadikan pijakan taman sebagai barang yang memiliki nilai fungsi lebih selain hanya sebagai batu. Memangnya, apa sih kelebihan Setapak 9 dibandingkan batu pijakan taman lainnya? Yuk, simak cerita Joni yang berhasil menjadi finalis Top 20 The Big Start Indonesia Season 3 ini!

IKUTI TERUS KESERUAN FINALIS T0P 20 THE BIG START DI SINI!!

Menjadikan batu sebagai sarana untuk bermimpi dan menyampaikan edukasi

Setapak 9

Semuanya berawal dari keinginan Joni untuk mengubah fungsi dari batu pijakan yang selama ini hanya diinjak saja. Ia ingin batu pijakan bisa menjadi sarana edukasi plus tempat untuk menyampaikan cerita atau impian.

Misalnya saja seperti salah satu batu karyanya yang memiliki motif komodo. Diam-diam, Joni ingin sekali bisa pergi ke Pulau Komodo! Karena belum ada kesempatan ke sana, ia akhirnya melukiskan angan-angannya di atas batu tersebut. “Saya gambar Komodo (sebagai motif pijakan). Dengan harapan, kalau saya injak itu, bisa sampai di Pulau Komodo (suatu saat),” ujarnya di sela-sela pemotretan Top 20 TBS Season 3.

Makanya, Joni nggak cuma menjual batu hasil desain orisinalnya aja. Para pelanggan bisa meminta batu dengan desain custom sesuai dengan keinginan dan mimpinya masing-masing. Nggak heran kalau batu dengan desain yang unik ini laku keras di kalangan perempuan berusia 24–40 tahunan yang aktif di sosial media. Siapa sih yang nggak mau feeds-nya dihiasi dengan foto batu-batu cantik yang menyimpan makna di tiap gambarnya ini?

CARI TAHU YUK INFO TENTANG FINALIS TOP 20 TBS SEASON 3 LAINNYA!

Ada juga batu dengan desain glow in the dark!

Setapak 9
Via – @setapak9

Setapak 9 nggak cuma menghadirkan batu pijakan bergambar, tapi juga batu glow in the dark! Joni mengatakan, batu glow in the dark biasanya hanya difungsikan sebagai dekorasi dinding karena pelanggannya merasa sayang kalau harus menginjak batu glow in the dark itu. Tapi, kamu tetap bisa kok menjadikannya pijakan taman karena akan terlihat cantik banget saat malam tiba!

Tenang aja, batu dari Setapak 9 aman kok untuk dijadikan batu pijakan. Walaupun dihias sedemikian rupa, Setapak 9 tetap menggunakan batu koral yang permukaannya nggak rata sehingga nggak licin. “Karena itu (batu) konsepnya tetap untuk pijakan. Kalau (pakai) ubin di taman kan licin,” ujar Joni.

APA AJA SIH HADIAH UNTUK PARA PEMENANG TBS SEASON 3?

Mantap berbisnis hingga rela meninggalkan profesi mulianya

Setapak 9

Semua kreasi Joni ini sudah ditekuninya semenjak tahun 2015 sebagai pekerjaan sampingan. Awalnya, Joni melakukan semuanya sendiri, mulai dari proses produksi sampai operasional. Karena pelanggannya terus bertambah, Joni memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan utamanya sebagai guru seni rupa supaya bisa fokus mengembangkan Setapak 9.

Pengorbanan Joni pun akhirnya membuahkan hasil. Buktinya, ia bisa membawa Setapak 9 masuk ke Top 20 TBS Season 3 ini setelah mengalahkan ribuan kontestan lainnya! Menurutnya, hal ini sudah termasuk sebuah pencapaian besar karena nggak mudah untuk sampai di titik ini. Apalagi, Joni pernah ketinggalan pendaftaran pada TBS Season 2 sehingga nggak bisa ikut berkompetisi. Jadi, berada di Top 20 TBS Season 3 berarti banget untuknya.

Ini juga bukan pertama kalinya Joni mengikuti kompetisi kewirausahaan. Setelah mendapat pengalaman dari beberapa kompetisi lain, Joni nggak mau terlalu berharap menjadi pemenang. Dia hanya mau melakukan yang terbaik karena yakin kalau Setapak 9 layak jadi juara. Makanya, Joni semangat banget untuk mengikuti karantina karena ingin mendapatkan beragam ilmu dan kesempatan dari kompetisi ini.

BELUM TAHU SIAPA AJA DEWAN JURI TBS SEASON 3? YUK CARI TAHU!

Punya segudang mimpi untuk Setapak 9

Setapak 9
Via – @setapak9

Hingga saat ini, Setapak 9 udah memiliki beberapa pekerja yang berasal dari lingkungan sekitar tempat Joni tinggal. Bukannya memberdayakan ibu rumah tangga seperti beberapa finalis TBS lainnya, Joni justru memilih untuk mempekerjakan laki-laki yang nggak memiliki pekerjaan alias menganggur.

Joni mulai melakukan perekrutan karena jumlah peminat yang semakin bertambah. Ia juga nggak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan hotel-hotel untuk urusan dekorasi taman maupun interior hotel. Joni sadar, dia masih membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk merealisasikan target-targetnya karena semua proses produksi dilakukan secara handmade.

Karena itu, dia bertekad akan menambah jumlah staf jika bisa memenangkan TBS Season 3 ini supaya jumlah produksinya bertambah. Dia ingin bisnisnya ini bisa bermanfaat untuk semua orang, sama halnya dengan filosofi hidupnya, yaitu “Urip iku Urup” yang berarti hidup itu nyala.

Sesuai filosofinya, ia mau hidupnya, termasuk bisnisnya, membawa manfaat bagi banyak orang. “Menang atau kalah, kami harus bermanfaat. Kalau bisa menang, saya akan membawa kemenangan ini untuk (memotivasi) komunitas saya.”

IKUTIN TERUS UPDATE TERBARU DARI THE BIG START SEASON 3!


Dalam kurun waktu 3 tahun, Setapak 9 udah berhasil membuat kurang lebih 70 jenis motif yang beragam! Pastinya, ke depannya Setapak 9 akan hadir dengan berbagai motif baru yang bisa kamu pilih untuk dijadikan dekorasi taman atau interior rumahmu. Kamu akan senang deh berlama-lama di taman rumah kalau dekorasi tamannya cantik dan menarik. Dekorasi taman atau interior rumah pun akan terlihat lebih unik!

Gimana ya perjalanan Setapak 9 selama berkompetisi melawan 19 finalis TBS lainnya? Biar nggak ketinggalan, jangan lupa ikutin web series The Big Start Indonesia Season 3 di akun Youtube TBS yang akan hadir di bulan Oktober ini!

CARI TAHU JUGA SIAPA PEMENANG TBS SEASON 1 DAN SEASON 2 DI SINI!!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY