Pernahkah kamu mengalami mobil tidak mau distarter saat akan pergi? Bahkan ketika sudah diganti aki pun mesin mobil tetap tak mau hidup. Setelah dicek oleh bengkel, ternyata dinamo starter bermasalah. Masalahnya terkadang sepele seperti karbon dinamo starter yang aus. Suku cadang ini harganya tidak mahal, tapi kalau sudah aus, maka mobil tidak akan bisa distater.

service mobil

Kejadian tersebut bila menimpa dirimu, apalagi saat terburu-buru tentu sangat menjengkelkan. Rencana janji bertemu dengan dosen atau klien bisa berantakan gara-gara mobil bermasalah. Hal di atas tentu tak ada yang ingin mengalaminya. Tentu saja ada cara untuk menghindarinya, yaitu dengan cara melakukan servis rutin mobil kesayanganmu.

Untuk mobil-mobil tahun baru, sebaiknya kamu melakukan servis di bengkel resmi seperti ini. Mengapa? Sebab, teknologi bengkel resmi mengikuti teknologi mobil terbaru. Sebagai contoh, mobil tahun baru milikmu belum tentu bisa dilayani bengkel tidak resmi, karena tidak ada alat pendukungnya seperti ECU Scanner. Atau, kamu juga bisa memanggil jasa ahli servis untuk datang ke rumahmu langsung.

Bila kamu berencana mendapatkan servis tersebut, kamu bisa membeli voucher service di Blibli.com. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat bila berbelanja di Blibli.com seperti fasilitas Cicilan ringan 0% dan Fasilitas Multi Payment yang memudahkanmu dalam melakukan transaksi.

Oh ya, sebelum melakukan servis sebaiknya kamu melihat odometer, yaitu alat penunjuk jarak tempuh kendaraan yang terdapat di speedo meter. Dari angka odometer, kamu bisa melihat apakah kendaraanmu sudah waktunya melakukan servis ringan atau servis besar. Ingat, masing-masing brand bisa menetapkan jumlah kilometer berbeda untuk servis ringan maupun servis besar.

Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan mengenai layanan yang dilakukan untuk servis ringan dan servis besar:

Servis ringan

servis ringan

Servis ringan sering juga disebut dengan servis kecil. Pada servis ringan, mobil biasanya mendapatkan penggantian oli mesin, filter oli, serta pembersihan filter udara. Pada saat servis ringan ini dilakukan juga tune up atau servis mesin. Beberapa hal yang dilakukan saat tune up adalah pengecekan busi dan kabel busi, pengecekan aki, penyetelan timing pengapian, pengecekan air filter, pembersihan intake manifold, serta penyetelan klep, bila masih menggunakan klep manual. Servis besar biasanya dilakukan setiap 5.000-7.500 km atau sesuai dengan ketentuan pabrikan mobil.

Servis besar

servis besar

Servis besar biasa dilakukan setiap 10.000 kilometer. Selain pergantian oli mesin, pada servis besar juga dilakukan pergantian oli transmisi dan atau oli gardan. Bagian kaki-kaki seperti shockbreaker, ball joint, dan tie rod juga akan diperiksa dengan saksama. Tujuannya agar laju kendaraan tetap stabil, baik saat digunakan untuk melaju lurus maupun berbelok. Pada servis besar, semua pengecekan yang dilakukan saat servis kecil seperti pengecekan aki dan busi juga dilakukan.

Seandainya kamu sudah melakukan servis ringan dan besar secara rutin, masalah-masalah yang terjadi di mobil bisa diantisipasi. Mekanik biasanya akan memberi tahu bila ada komponen yang perlu diganti seperti carbon dinamo stater, kampas rem, atau filter udara. Servis berkala akan menjamin mobilmu sehat dan bebas masalah. Mobil yang sehat akan membuat hidupmu menyenangkan dan bebas repot.

mobil

Tapi kalau memang ternyata mobilmu masih membandel, mungkin juga itu saatnya kamu ganti kendaraan. Kamu bisa mencari mana mobil yang cocok untuk kebutuhanmu. Dan tak perlu khawatir, semua produk yang dijual punya kualitas terjamin.

Selamat memilih ya Friends.

 

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY