Sering Alami 5 Hal Ini? Ini Saatnya Kamu Ganti AC di Rumah!

Selama masa pandemi, berbagai aktivitas tentu banyak dilakukan di rumah, salah satunya adalah work from home. Dengan bekerja dari rumah, nggak terasa kamu jadi lebih banyak menghabiskan waktu di kamar atau ruang kerja yang juga berpengaruh pada penggunaan AC menjadi lebih lama dari biasanya. Kalau sudah begini, AC di rumah kamu bisa saja mengalami beberapa masalah, atau bahkan mau tidak mau kamu harus segera menggantinya dengan yang baru. Tapi, sebelum itu, kira-kira seperti apa sih ciri-ciri AC yang memang perlu diganti?

  1. AC Tidak Dingin

Memiliki fungsi utama sebagai pendingin ruangan, ketika AC kamu sudah mulai tidak dingin atau malah mengeluarkan hawa panas yang tidak sesuai dengan pengaturan suhu, bisa jadi kompresor AC mengalami kerusakan, freon habis, pipa bocor, atau berbagai kemungkinan lainnya. Untuk langkah awal, kamu bisa menghubungi teknisi AC untuk mengecek apakah AC masih bisa diperbaiki atau justru kamu memang sudah harus menggantinya.

  1. Suara Mesin Berisik

AC yang berfungsi dengan baik tentu akan beroperasi dengan smooth dan tidak mengeluarkan suara. Nah, kalau kamu mulai mendengan suara-suara yang tidak biasa selama AC menyala, itu berarti kamu harus menyelidiki apa yang terjadi dengan unit AC kamu. Jika suara yang dihasilkan masih tergolong minor, bisa saja hanya komponen kecil pada mesin yang tidak bekerja dengan baik. Namun, kalau suara dari AC cukup besar dan intens, tampaknya penggantian AC memang sudah harus dilakukan, deh.

  1. Tercium Bau Tak Sedap

Selain muncul suara berisik, AC yang mengeluarkan bau yang tidak sedap juga merupakan salah satu ciri bahwa AC tengah mengalami masalah serius. Bau aneh yang muncul mungkin saja karena ada kotoran atau jamur yang menempel sekian lama pada mesin AC atau ada sesuatu yang terbakar di dalam unit AC kamu. Kalau hal ini sudah terjadi, cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah segera mengganti AC kamu dengan unit yang baru.

  1. Mengalami Banyak Masalah

Kalau AC di rumah kamu sering mengalami beberapa masalah, seperti AC mati sendiri, lampu indikator AC berkedip, thermostat tidak bekerja, freon bocor, atau masalah lainnya yang membuat kamu sering memanggil teknisi untuk menyervis AC, ini berarti saat yang tepat untuk kamu mengganti unit AC. Karena, kalau hal-hal tersebut terus terjadi, tentu biaya yang kamu keluarkan akan lebih besar daripada membeli AC baru. Pertimbangkanlah dengan matang untuk segera melakukan penggantian AC.

  1. Tagihan Listrik Melonjak

Ciri lain yang menandakan bahwa kamu sudah harus mengganti unit AC yang kamu punya adalah tagihan listrik yang melonjak. Kalau kamu harus membayar tagihan listrik lebih mahal dari biasanya, padahal penggunaan listrik di rumah tetap normal, bisa jadi karena AC mengalami kerusakan. Kamu bisa menyelidiki perbedaan saat AC digunakan dan tidak, kemudian, jika dibutuhkan, segera ganti unit AC kamu dengan yang baru.

Itu dia ciri-ciri yang sering muncul kalau AC kamu sudah layak untuk diganti, Blibli Friends. Buat kamu yang merasa AC di rumah sudah tidak bekerja dengan baik, Blibli punya promo menarik untuk penggantian sekaligus pemasangan AC yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu, nih. Caranya gampang banget, kamu tinggal pilih produk AC yang kamu pengin, pilih paket pasang AC, terus tunggu teknisinya datang plus pasang AC baru kamu, deh! Mau? Langsung klik di sini, ya.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY