Dane and Dine adalah salah satu UMKM yang berhasil menggaet minat pasar lokal dengan produk sepatu handmade mereka. Mereka bekerja sama dengan bengkel-bengkel sepatu di Cibaduyut, Bandung untuk menciptakan sneakers dan boots berkualitas dengan harga terjangkau. Yuk, kenalan dengan sepatu lokal Dane and Dine dan kisah dibaliknya di bawah ini!

SEPATU LOKAL DANE AND DINE ADA D SINI!

1. Jatuh bangun hingga beralih kepemilikan

Sepatu Lokal Dane and Dine
Via – @daneanddine

Dane and Dine dibangun berdasarkan mimpi Sandi Ardianto memiliki sepatu sneakers berkualitas dengan harga terjangkau. Untuk itu, Sandi membangun kerja sama dengan produsen sepatu lokal sejak 2013. Saking berharganya mimpi Sandi itu, nama brand Dane and Dine diambil dari nama putra-putrinya yang kembar, lho.

Namun, Dane and Dine ternyata mesti melewati jalan yang nggak mudah. Karena nggak bisa menutup utang modal usaha, Sandi menjual Dane and Dine ke sahabat yang telah dikenalnya selama 10 tahun, yaitu Suyandi. Per tahun 2017, Suyandi-lah yang menjalankan Dane and Dine hingga sekarang.

SEPATU DANE AND DINE COCOK BUAT KAMU YANG NGGAK KENAL KATA MENYERAH!

2. Membangun kerja sama dengan bengkel lokal

Sepatu Lokal Dane and Dine
Via – @daneanddine

Meskipun masih tergolong UMKM, Dane and Dine berhasil menciptakan pasarnya sendiri. Dane and Dine bekerja sama dengan bengkel-bengkel lokal yang berlokasi di Cibaduyut, Bandung untuk memproduksi sepatu handmade. Walau udah beralih kepemilikan, tapi mereka masih bekerja sama dengan baik!

Awalnya, Dane and Dine hanya memproduksi sneakers untuk pria dan wanita. Sekarang, Dane and Dine memperbanyak produknya, salah satunya adalah sepatu boots. Kalau kamu senang naik motor atau hiking, kamu wajib mencoba boots Dane And Dine Zambi nih.

SEPATU LOKAL DANE AND DINE YANG APIK BISA MENGHIDUPI BANYAK ORANG

3. Beradaptasi dengan keinginan konsumen

Sepatu Lokal Dane and Dine
Via – @daneanddine

Nah, kamu pasti penasaran bagaimana Dane and Dine memproduksi sepatu-sepatu keren mereka, seperti Dane and Dine Kresta Grey dan Dane and Dine Basic Girl Pink! Semuanya perlu keseimbangan antara permintaan konsumen, keinginan Dane and Dine, dan kesanggupan bengkel-bengkel sepatu.

Meskipun dibuat oleh bengkel lokal, desain sepatu Dane and Dine ditentukan oleh Suyandi. Supaya cocok dengan selera konsumen, Suyandi selalu up-to-date dengan tren secara luas dan penjualan Dane and Dine. Buat yang suka banget sama sneakers pasti tahu kalau sneakers berwarna putih seperti Dane And Dine Bleka Low atau Dane And Dine Olev Girl Sneaker lagi tren banget!

Setelah desain jadi, Suyandi mesti melihat kemampuan bengkel. Karena mereka menggunakan mesin-mesin sederhana dan teknik handmade, desain nggak bisa terlalu rumit! Tingkat kejelian dan ketelatenan jadi faktor penting di sini. Untungnya, bengkel-bengkel Cibaduyut udah terkenal banget kualitasnya!

NGGAK USAH JAUH KE BANDUNG, BELI SEPATU LOKAL DI DANE AND DINE AJA!

4. UMKM yang menginspirasi

Sepatu Lokal Dane and Dine
Via – @daneanddine

Yang memperkaya nilai dari Dane and Dine udah pasti adalah bengkel-bengkel lokal yang bekerja sama untuk mewujudkan sneakers berkualitas harga terjangkau. Desain dan bahan yang digunakan oleh Dane and Dine pun nggak kalah dari sepatu lokal ataupun merk mainstream yang beredar sekarang, lho.

FYI, dengan kerja sama Dane and Dine dan bengkel lokal, ada sekitar 50 keluarga yang dinafkahi, lho. Berkat kebutuhan ekspedisi yang rendah dan kebebasan dari pajak impor, sepatu Dane and Dine jadi lebih ekonomis!

INGIN SEGERA KOLEKSI SEPATU HANDMADE BANDUNG INI?


Nah, sekarang kamu udah kenalan sama Dane and Dine, deh. Jadi tahu kan, kalau sepatu lokal itu nyata berkualitas nggak kalah sama pabrikan dan impor. Setelah sukses berusaha sneakers dan boots, Dane and Dine juga punya produk ransel, lho. Makin lengkap, deh koleksinya!

Kamu bisa segera pesan sepatu dan ransel keren dari Dane and Dine di #BlibliSekarang! Ingin lihat koleksi Dane and Dine yang selalu bertambah? Follow akun Instagramnya di @daneanddine dan @katalogdaneanddine.

KALAU MAU BELI PRODUKNYA, LANGSUNG KLIK DI SINI AJA!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY