Sepatu Basket Kamu Perlu Banget Perawatan Khusus Kayak Gini!

Sepatu itu sama aja kayak kamu, perlu dirawat dengan baik sesuai jenisnya. Kalau nggak dirawat dengan cara yang tepat, alih-alih terawat dan tahan lama, malah jadi cepat rusak. Apalagi sepatu basket yang mungkin tiap hari kamu gunakan di lapangan kasar.

Kenapa kamu harus rawat sepatu basketmu setepat mungkin? Selain tahan lama, juga biar performamu di lapangan tetap prima.  Lagi pula, sepatu basket yang rusak kan nggak kece kalau dipake?

1. Bersihkan sepatu setelah digunakan

sepatu basket

Setelah berkeringat ria di lapangan, lap dulu sepatumu. Kamu bisa membersihkan debu dan kotoran lainnya yang menempel di badan sepatu menggunakan cairan pembersih
sepatu dan sponge atau kain nylon yang lembut.

Baik untuk sepatu berbahan kain dan kanvas, seperti didas Caourt Fury, jangan gunakan sikat atau alat pembersih bertekstur kasar yang bersifat “merusak”.

2. Gunakan sikat gigi bekas atau sikat berbulu lembut untuk solnya

sepatu basket
Via – Viral Plots

Bagian sol, apalagi sol bawah, pasti kotor banget. Tapi jangan berlebihan pakai sikat untuk bagian yang besar itu, ya. Cukup bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan sikat gigi bekas atau sikat khusus yang bertekstur lembut.

Tapi, membersihkan sepatu itu mirip dengan menggosok gigi. Sepatu kulit, seperti Nike Air Jordan, memang kelihatan tangguh, tapi lama-lama akan terkikis juga. Apalagi kalau kamu menggosoknya terlalu keras dan terlalu sering. Kamu bisa menyalurkan tenaga besarmu saat menyikat sol samping dan sol bawah, kok.

 

3. Minta bantuan sponge untuk sepatu kombinasi kanvas dan kulit atau karet

sepatu basket
Via – Shoe MGK

Walaupun tampak sulit, membersihkan sepatu dengan bahan kombinasi, seperti Nike Jordan Horizon, perlu kesabaran tambahan. Biar praktis, gunakan sponge aja.

Begitu juga dengan sepatu berbahan karet. Kalau lap terlalu lembut dan sikat terlalu keras untuk karet, sponge akan jadi pilihan yang tepat. Sayang banget, kan sepatu kayak Nike Kobe XI cacat gara-gara cara rawatnya nggak tepat?

4. Hindari panas matahari langsung

sepatu basket
Via – As Rakestraw

Setelah mencuci sepatu, kamu hanya perlu mengeringkannya di suhu normal ruangan. Nggak perlu berlebihan menjemurnya di bawah matahari yang terik. Panas matahari berlebihan justru membuat sepatumu rusak.

Misalnya, bahan kulit sebagus apa pun seperti yang digunakan Nike Air Jordan akan cepat kering terkelupas kalau dijemur di bawah matahari langsung. Efek buruk itu juga akan kamu dapatkan kalau mengeringkan sepatu dengan alat pengering lainnya. Biarkan sepatu basketmu kering secara alami.

5. Jangan lupakan sol dalam sepatu

sepatu basket
Via – Nike Talk

Sol dalam sepatulah yang paling bahaya dihinggapi bakteri dan jamur. Jadi kamu nggak boleh kelewatan membersihkan sol dalam ini. Pertama kamu harus keluarkan sol dalam dari sepatu dan bersihkan sol dalam seperti membersihkan badan sepatu.

Buat sepatunya sendiri, lebih baik kamu rendam hanya sampai solnya aja agar warna sepatmu nggak luntur. Untuk mengeringkannya, cukup jemur dalam ruangan bersuhu normal. Memasukkan tisu agar airnya terserap juga patut dicoba.

Sepatu zaman sekarang, seperti Nike KD Trey 5 udah canggih, sih. Kalau bagian dalamnya kebasahan, lepaskan sol dalamnya dan sikat hingga bersih.

6. Perlakuan khusus lainnya untuk suede

sepatu basket
Via – Notey

Selain bahan kain, kanvas, dan kulit, ada juga sepatu basket yang menggunakan bahan suede. Contohnya sepatu NIke Jordan Clutch yang tampak keren dengan bahan suede-nya akan luntur dan kasar kalau dibersihkan dengan sikat biasa. Kamu perlu beli sikat khusus suede biar bulu-bulu kecilnya tetap rapi dan bersih.

7. Gonta-ganti sepatu lebih aman

sepatu basket
Via – Sporting News

Memiliki lebih dari satu sepatu basket itu juga bisa menambah durasi penggunaan, loh. Yaa, selain biar nggak bosen juga. Setiap pemakaiannya, pasti sepatu andalanmu itu “capek” bergesekan dengan lapangan. Daripada nunggu solnya abis tergerus, lebih baik kamu punya sepatu lainnya sebagai cadangan.

Kamu juga nggak bisa mencuci sepatumu setiap saat. Mungkin kamu bisa sediakan 1 sepatu latihan dan 1 sepatu khusus bertanding. Cari sepatunya di Blibli.com, yuk!

Nah, setelah baca tips di atas, jangan salah lagi, ya. Sepatu basketmu kan juga perlu perhatian khusus. Mereka yang membantu kamu jadi juara, loh. Jadi jangan lupa untuk sediakan peralatan pembersih dan tempat penyimpanan khusus.

Perlu kamu perhatikan juga, kamu harus selalu menggunakan kaus kaki ketika mengenakan sepatu basket. Kaus kaki akan mengurangi gesekan kulit dan sol dalam. Selain itu, kaus kaki juga mengurangi penyerapan keringat oleh sol dalam. Sekarang sudah pede merawat sepatu basketmu, kan? Beli yang baru yuk!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY