Kamu pernah dalam situasi buru-buru padahal sedang kelaparan? Lalu tiba-tiba, ada french fries yang belum digoreng di kulkas. Karena ingin cepat matang, kamu menggorengnya dengan minyak di wajan yang lalu dipanaskan ke level panas tertinggi kompor. Yang terjadi, bukannya cepat matang tapi malah kentang goreng cepat gosong sementara dalamnya masih agak mentah. Huh, kesal ya? Mau makan cepat karena tergesa-gesa, malah rasanya jadi tidak karuan.

Kalau sudah begitu, sering kali kamu malah di-bully. Masak yang instan saja gosong, jangan-jangan masak air juga gosong? Nah! Makin kesal kan? Sudah capek-capek berusaha, malah diejek dengan omongan yang mencela. Nafsu bisa memasak pun pudar.

Tetap semangat ya, karena sebenarnya memasak itu bisa dilakukan semua orang kok. Apalagi dibantu berbagai teknologi terkini, seperti microwave, penggorengan otomatis, hingga pembuat sayuran antigosong.

Buat Anda yang merasa baru belajar memasak dan tidak ingin di-bully akibat gosong, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Untuk menggoreng, cari “asisten” alat masak anti panas dan antigosongalat menggoreng

Buat yang tak biasa menggoreng, saat memasukkan bahan yang digoreng memang tantangan tersendiri. Dari cipratan minyak panas hingga menentukan derajat kematangan perlu kemampuan tersendiri. Buat Anda yang masih amatiran, coba saja gunakan alat penggorengan fryer pan elektrik atau penggorengan modern yang bebas cipratan minyak dan antigosong seperti ini. Dijamin tak ada lagi kasus kentang gosong. Beli saja di Blibli, bisa dicicil ringan 0% lagi, praktis kan?

2. Untuk yang menanak nasi sering gosong, gunakan rice cooker yang memadainasi

Via betawi.co

Memasak nasi memang sering jadi pekerjaan tersendiri. Dari memilih beras, mencuci, mengatur kadar air, hingga memasukkan ke dalam panci untuk memasaknya jadi nasi. Semua perlu ukuran dan takaran yang pas. Kalau tidak, aroma gosong akan tercium dari nasi bagian paling bawah yang paling kena panas api. Untuk mencegahnya, Anda bisa mencoba cara praktis membeli rice cooker antigosong seperti ini Tinggal klik dan atur berapa banyak berasnya, nasi beraroma wangi dengan kematangan yang pas akan segera tersaji.

3. Untuk mengukus masakan bebas khawatir, gunakan steamer otomatis

Ini juga problem yang sering terjadi. Niatnya ingin makan sehat dengan merebus masakan, tapi karena ditinggal berkegiatan, lupa airnya lama-kelamaan habis menguap. Ujungnya panci gosong dan masakan pun ikut gosong. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menggunakan steamer pengukus bebas gosong seperti ini. Dengan alat semacam ini, Anda bebas khawatir rebusan kehabisan air karena semua sudah diset otomatis.

4. Untuk aneka keperluan memasak lain, gunakan microwave otomatis yang praktismicrowave

Via arb.rt.com

Untuk mencegah gosong, salah satu alat memasak dan memanaskan masakan instan yang harus dimiliki adalah microwave. Banyak sekali jenis dan fungsi dari alat canggih ini. Dari memanaskan masakan kemarin, hingga membuat masakan instan siap saji dengan berbagai rasa. Anda tinggal cari di supermarket makanan siap saji semacam itu. Masukkan kulkas, lalu kalau mau makan taruh dulu ke microwave, semua akan tersaji dengan sempurna dan bebas gosong.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY