Sempat Tuli dan Roadie Tangga, Berikut Fakta Soal Solois Pamungkas

Photo via Instagram @pamunqkas

Lagu “One Only” dan “I Love You But I’m Letting Go” lagi digandrungi anak-anak muda saat ini. Setelah Tulus dengan trademark lagu patah hati, mungkin kini giliran Pamungkas hadir membawa arus tren musik.

Sebagai multiinstrumentalis, aksi-aksi panggung Pamungkas juga bisa bikin histeris cewek-cewek yang menonton konsernya. Belum lagi lagu-lagu pop berbalur folk yang mudah dicerna dan mewakili suasana hati generasi milenial yang sedang dimabuk cinta. Mau tahu lebih lanjut tentang Pamungkas? Berikut 6 fakta soal musisi berusia 26 tahun tersebut.

1. Tuli

Photo via Instagram @pamunqkas

Nama lengkapnya Rizky Pamungkas. Saat kecil, telinga kanannya setengah tuli. Adapun telinga kirinya tuli total. Gangguan itu terjadi lantaran ia dilahirkan dengan usus pendek.

Dia dapat asupan makanan dari infus sehingga tekanan dalam tubuh memicu gangguan di telinga. Namun, kini dua telinganya sudah sembuh. Semua berkat instrumen musik yang melatih kepekaan telinga Pamungkas.

2. Multiinstrumentalis

Photo via hot.detik.com

Pada umur 8 tahun, dia ikut les drum atas bujukan sang ibu. Tujuannya agar suara gebukan drum yang kencang bisa memulihkan kedua telingannya yang mengalami masalah.

Namun, drum tidak memikat hati Pamungkas. Dia justru memilih piano dan gitar. Sempat les gitar sebulan, Pamungkas memutuskan mengasah kemampuan gitar maupun piano otodidak.

3. Mulai dari Bawah

Photo via tirto.id

Dia menjadi produser di bawah bimbingan Hari Budiman, produser yang pernah memegang Element. Awalnya hanya membantu-bantu bikin kopi, gulung kabel, dan jadi operator rekaman, dia lalu diminta mengisi gitar. Kariernya mulai menanjak hingga jadi produser.

4. Roadie Tangga

Photo via jogja.tribunnews.com

Bapaknya punya manajemen artis, Oxygen Entertainment. Manajemen ini menaungi band Element. Bapaknya pula yang mengajak Pamungkas ikut tur beberapa band seperti Element. Bahkan, dia pernah jadi roadie-nya Tangga. Di situ, dia belajar untuk bisa jadi musisi yang baik, harus mengerti manajemen dari bawah agar menghormati lingkungan.

5. Ngamen di Kafe

Photo via Instagram @pamunqkas

Saat masih SMP, dia tampil rutin di sebuah kafe. Penghasilannya sebulan dari ngamen di kafe saat itu bisa sampai Rp2 juta. Berkat hasil ngamen itu pula dia bisa bayar sendiri biaya homeschooling. Dia pun mulai menciptakan lagu sendiri dengan inspirasi  lirik dari musisi macam Chet Baker, Bob Dylan, hingga Float

6. Mal Goyang

Photo via makassar.tribunnews.com

Saat tampil di konser musik di Yogyakarta pada 14 Februari 2020 lalu, banyaknya penonton yang menyaksikan konser membuat gedung bergoyang. Pamungkas sempat memposting panggung bergetar di akun Instagramnya. Awalnya dia mengira ada gempa, ternyata gedung bergoyang memang karena kebanyakan penonton.

Gimana, fakta-fakta di atas bikin kamu pengin dengerin lagi lagu-lagu Pamungkas?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY