Menjaga kesehatan dan kelancaran tubuh kembang si kecil merupakan prioritas utama bagi moms. Karena itu, jelas moms selalu akan menjaga dan memastikan si kecil mendapatkan nutrisi terbaik yang dibutuhkanl.

Namun, memastikan nutrisi yang didapatkan si kecil saja nggak akan cukup lho moms! Jika disediakan dengan cara yang salah, malah tidak baik untuk si buah hati. Nutrisi pun akan terbuang sia-sia! Moms harus memperhatikan 6 hal ini ya, ketika menyajikan makanan bagi si kecil.

1. Pastikan seluruh peralatan makan bersih steril terlebih dahuluperalatan-makan

Via Today

Antibodi milik si kecil masih belum kuat untuk menangkal banyak jenis kuman. Agar si kecil tetap sehat dan bebas dari keracunan makanan, moms harus menjaga kebersihan makanan dan peralatan makannya.

Jadi, pastikanlah seluruh peralatan makan si kecil bersih dari segala kotoran. Cucilah terlebih dahulu alat masak yang momsgunakan. Bilas juga sampai sabunnya benar-benar hilang!

Usahakan untuk membedakan alat-alat yang moms gunakan untuk memotong sayur dengan memotong daging. Daging mentah bisa mengkontaminasi kebersihan makanan si kecil yang lain lho!

Begitu juga dengan sayur dan buah yang dibeli. Sebaiknya direndam dulu agar lapisan pestisidanya terangkat, baru diberikan kepada si mungil.

2. Pastikan juga untuk memasak makanan si kecil hingga benar-benar matang

matangVia Wonder How To

Jika moms menggunakan daging pada masakan moms, moms harus memastikan seluruh dagingnya benar-benar matang luar dalam. Iris kecil-kecil untuk memastikan.

Memakan daging yang nggak matang bisa membuat perut sakit. Daging mentah lebih sulit dicerna, dan berpotensi masih menyimpan kuman. Orang dewasa saja bisa sakit perut saat makanannya nggak matang, apalagi si kecil!

Selain daging, moms juga tetap harus memperhatikan kematangan sayuran yang moms gunakan. Pasalnya, ada beberapa sayuran seperti bayam, brokoli, kol dan juga kembang kol yang bisa mengganggu sistem hormon si kecil bila nggak dimasak hingga matang.

Jadi, pastikanlah untuk memasak seluruh makanannya hingga benar-benar matang ya moms!

3. Selalu haluskan makanan si kecilhaluskan

Via Archana’s Kitchen

Sistem pencernaan si kecil belum berada dalam tahap mencerna makanan keras. Jika makanan yang ditelan terlalu kasar atau keras, lidah, kerongkongan, usus, dan lambung yang akan kena akibatnya.

Karena itu penghalus makanan akan menjadi sahabat moms pada masa-masa ini! Setiap tekstur makanan berbeda-beda. Apalagi yang sedikit cair. Mom perlu pastikan kalau nggak ada gumpalan yang tersembunyi! Bisa-bisa keselek.

Nah, untuk menghaluskan makanan ternyata ada aturan khususnya sendiri lho! Pada usia 4-6 bulan, moms harus menghaluskan makanannya sehalus bubur cair.

Bila si kecil sudah berusia 7 bulan, moms bisa membuat makanan yang lebih kental dengan tekstur seperti mashed potato. Pada usia ini seharusnya ia mulai tumbuh gigi.

Nah, saat si kecil sudah berusia 10-11 bulan, barulah moms bisa memberikannya makanan yang lebih keras. Moms bisa memulai proses teething untuk melatihnya mengunyah.

Pada usianya yang sudah mulai besar ini, jangan manjakan dia dengan terus menerus memberinya makanan terlalu halus ya moms. Nanti dia bisa jadi anak yang pemilih saat makan!

4. Kukus makanan si kecil sebelum dihaluskankukus

Via She Knows

Agar makanan lebih mudah dicerna si kecil, moms harus mengukus (terutama sayuran) makanannya terlebih dahulu sebelum menghaluskan. Karena, nggak semua makanan bisa dihaluskan dengan tekanan. Jadi harus dilunakkan dengan kehangatan.

Nggak hanya itu, mengukus makanan si kecil juga akan membuat nutrisi yang terkandung dalam makanan tetap terjaga. Jadi nggak akan ada nutrisi makanan yang terbuang sia-sia deh!


BACA JUGA Moms, Kenali Mitos vs Fakta Sederhana Seputar Tumbuh Kembang Bayi Ini Yuk!


5. Saringlah makanan si kecilsaring

Via Chef and Steward

Ukuran makanan yang nggak seragam bisa saja membuat si kecil tersedak saat ingin menelannya. Karena itu moms harus menyaring makanan yang moms buat sebelum disajikan pada si kecil.

Agar si kecil bisa makan dengan lebih nyaman, moms bisa memberikan makanan yang sudah disaring dengan food feeder. Dengan food feeder si kecil senang, moms pun dapat memberinya makan dengan mudah!

Bila usia si kecil sudah bertambah dan mulai bisa mengunyah, barulah moms bisa menyajikannya tanpa perlu disaring. Tapi nggak ada salahnya tetap menggunakan food feeder.

6. Berilah si kecil makanan yang temperaturnya pasmakan

Via The Bump

Nggak hanya sensitif terhadap makanan yang keras, perut si kecil juga sensitif terhadap temperatur makanannya. Si kecil tentunya nggak bisa memakan makanan yang terlalu panas. Namun, perut si kecil juga nggak bisa menerima makanan yang sudah dingin.

Karena itu pastikanlah untuk selalu menghangatkan makanan si kecil sebelum moms memberinya makan bila moms membuat porsi yang banyak untuk si kecil.

Ingatlah juga untuk nggak meninggalkan makanannya lebih dari 2 jam di ruangan terbuka. Jika sudah lebih dari 2 jam, makanan si kecil sudah lebih rentan terkena bakteri! Jadi, ketika menyuapinya, jangan memakan waktu lama ya.

Si kecil sedang berada pada tahap paling penting yang akan memiliki dampak besar bagi kehidupannya.

Karena itu moms haruslah benar-benar menjaga si kecil dari berbagai kemungkinan yang bisa mengganggu kesehatan dan juga perkembangannya dengan mengikuti 6 tips di atas.

Yuk, siapkan peralatan-peralatan yang bisa membantu moms mendukung dan menjaga tumbuh kembang si kecil dalam memberikan nutrisi terbaik baginya!

Saat ini, Blibli.com sedang memiliki promo untuk barang-barang Pigeon yang terkenal mampu membantu moms memberikan asupan nutrisi buat si kecil dengan baik! Mumpung sedang promo 30%, buruan moms borong semua perlengkapannya!

 

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY