me

Pasti Penasaran! Kepoin Yuk Sejarah Pesta Bola Dunia

Nov 20, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

didyouknow.org

Sebentar lagi ajang sepak bola dunia, pertandingan sepak bola dunia 2022 akan diadakan di Qatar akan dimulai pada 20 November 2022 mendatang. Dalam ajang pertandingan sepak bola dunia 2022 ini, ada sebanyak 32 negara yang berpartisipasi sebagai peserta. Seluruh negara itu akan memperebutkan trofi kemenangan yang berupa piala emas.

Beberapa hal yang berhubungan dengan pertandingan sepak bola dunia 2022 sudah diperkenalkan sebelumnya, seperti, nama mascot, logo, hingga bola resmi yang digunakan dalam ajang tersebut sudah mulai diperkenalkan. Seperti maskot resmi pertandingan sepak bola dunia 2022 Qatar yang bernama La’eeb, yang memiliki bentuk seperti penutup kepala orang timur tengah.

Sementara itu, ada bola resmi di pertandingan sepak bola dunia 2022 yang diberi nama Al Rihla, bola ini merupakan bola ke-14 yang dibuat Adidas untuk turnamen ini. Tidak sampai disitu saja, Al Rihla juga berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti perjalanan. Selain itu, dengan adanya Al Rihla dibuat menggunakan tinta dan lem yang berbahan dasar air.

Logo pertandingan sepak bola dunia 2022 Qatar juga berhasil menyita perhatian publik, karena bentuk kurva pada logo pertandingan sepak bola dunia 2022 mirip seperti angka delapan, yang berarti jumlah stadion yang digunakan. Kalau kamu sendiri apa nggak penasaran kira-kira bagaimana ajang sepak bola dunia ini dimulai pertama kali? Lalu dimana pertama kali negara yang mengadakan ajang pertandingan sepak bola dunia 2022? Yuk! Simak sejarah pertandingan sepak bola dunia diadakan.

Baca juga: Jadwal Perebutan Piala di Pesta Bola Dunia 2022 Lengkap! 


Perhelatan Sepak Bola Dunia 2022, Ternyata Dulu Adalah Olimpiade

FIFA (Federation Internationale de Football Association), badan internasional yang menjadi penyelenggara ajang pertandingan sepak bola dunia. Ternyata sejarahnya ini masih berhubungan dengan situasi ekonomi dan politik negara-negara yang terlibat di Perang Dunia I dan II. Selain itu, dahulu ini bukan sebuah ajang kejuaraan sepakbola internasional seperti sekarang, tapi Olimpiade pada tahun 1908 lalu.

Sampai pada tahun 1904, FIFA mencetuskan ide ajang kejuaraan sepakbola dunia (World Cup) saat di Kongres I, yang diadakan di Paris. Sayangnya, ide tersebut baru bisa terlaksana pada tahun 1928. Menurut keterangan Presiden FIFA Jules Rimet, ia menetapkan kalau Wolrd Cup akan diadakan selama empat tahun sekali, di negara yang telah ditentukan oleh FIFA.

Pertandingan sepak bola dunia pertama kali diselenggarakan di negara Uruguay, hal ini diputuskan pada tahun 17-18 Mei 1929, pada Kongres FIFA yang diadakan di kota Barcelona, Spanyol. Sampai akhirnya, pertandingan sepak bola dunia resmi diselenggarakan pada 13-30 Juli 1930. Sayangnya, hanya ada 13 negara yang berpartisipasi dalam ajang tersebut, yang terdiri dari 5 negara Eropa, 2 negara Amerika Utara, dan 6 negara Amerika Selatan.

Ada beberapa faktor pendukung mengapa Uruguay yang dipilih sebagai tuan rumah pertama perhelatan ajang sepakbola dunia tersebut. Faktor tersebut adalah Uruguay mampu menanggung semua biaya tim dan para pemainnya, Uruguay langsung ingin membangun stadion baru, dan Uruguay merupakan negara yang berhasil menjadi juara beruntun di Olimpiade yang diadakan pada 1924 dan 1928.

Sebelum Pertandingan Sepak Bola Dunia 2022, Ada Negara yang Tidak Ikut Berpartisipasi

Meskipun pada saat itu jumlah negara yang turut berpartisipasi sedikit, ternyata ada loh negara yang memutuskan untuk tidak ikut tampil di pertandingan sepak bola dunia. Kira-kira siapa saja ya?

13 Negara Dibagi Menjadi 4 Grup Besar

Semua negara yang ikut berpartisipasi tersebut kemudian dibagi menjadi 4 grup, yang masing-masing grup berisikan 3-4 negara, angka ini dikarenakan jumlah negara yang tergabung adalah ganjil. Seperti pada Grup 1 yang terdiri dari Prancis, Argentina, Meksiko, dan Chile, kemudian pada Grup 2 terdiri dari Brasil, Yugoslavia, dan Bolivia.

Sedangkan, pada Grup 3 terdiri dari sang tuan rumah yakni Uruguay, Rumania, dan Peru. Terakhir Grup 4 terdiri dari Belgia, Amerika Serikat, dan Paraguay. Semua grup ini akan ikut dalam ajang sepakbola dunia dan juga memperebutkan trofi kemenangan. Selain itu, semua negara juga tampak antusias untuk mengikuti ajang ini.

4 Negara Ini Memutuskan Tidak Ikut Pertandingan Sepak Bola Dunia

Tetapi kamu perlu tahu kalau, ajang sepakbola dunia ini pertama kali diselenggarakan saat Eropa tengah mengalami krisis Ekonomi. Alhasil, saat kembali bertanding di Uruguay, banyak atlet Eropa yang takut akan kehilangan pekerjaannya. Dampaknya pun berasa saat empat negara Eropa tidak ikut tampil di pertandingan sepak bola dunia.

Padahal keempat negara tersebut sebelumnya pernah tiga kali meraih mendali emas di Olimpiade Inggris, negara yang dimaksud adalah Jerman, Italia, Belanda, dan Spanyol. Seluruh negara tersebut mundur dari pertandingan sepak bola dunia karena jarak tempuh yang cukup jauh untuk bisa sampai di Uruguay. Hal ini tentu masuk akal, mengingat perjalanan jarak jauh saat itu hanya bisa ditempuh melalui jalur laut.

Sedangkan pesawat merupakan transportasi yang baru ditemukan saat itu. Hal ini terbukti dari rute komersial pesawat baru dibuka saat awal tahun 1940. Saat itu memang merupakan saat kelam dalam sejarah pertandingan sepak bola dunia. Karena banyaknya negara yang tidak ikut tampil, Jules pun langsung turun tangan dan menyakinkan beberapa negara.

Beberapa negara yang dimaksud adalah Prancis, Yugoslavia, Belgia, dan Rumania untuk bisa tetap ikut ajang ini. Sampai-sampai, pemimpin Rumania Raja Carol menjanjikan hadiah liburan selama tiga bulan kepada para atlet. Bukan hanya itu, Raja Carol juga menjamin para atlet tetap mendapatkan pekerjaannya saat kembali dari turnamen.

Sebelum tahun 2022, Ini Pasang Surut Ajang Sepakbola Dunia

Sebelum ajang sepakbola dunia ini sukses seperti sekarang, ternyata pernah mengalami kejadian pasang surut, di antaranya:

Pertandingan Sepak Bola Dunia Pernah Sempat Berhenti Karena Perang Dunia II

Ajang pertandingan sepak bola dunia tersebut pun menarik antusias para penggemar sepakbola buktinya, sebanyak 93 ribu penonton hadir untuk menonton ajang tersebut. Hasilnya, ajang pertandingan sepak bola dunia pertama kali tersebut dimenangkan oleh sang tuan rumah Uruguay, saat tengah melawan Argentina dengan skor  kemenangan 4-2.

Sejak saat itu, ajang pertandingan sepak bola dunia diselenggarakan setiap empat tahun sekali, dan tuan rumah penyelenggaranya pun berbeda-beda setiap tahunnya. Namun, kamu perlu tahu kalau ajang sepakbola dunia ini juga mengalami pasang surut. Hal ini terbukti dari pertandingan sepak bola dunia yang sempat terhenti pada tahun 1942 dan 1946.

Alasan terhentinya adalah karena saat itu sedang terjadi Perang Dunia II, yang semua aspek seakan ikut berhenti. Tetapi, setelah Perang Dunia II telah berakhir, dan saat semuanya pun kembali dalam keadaan normal. Ajang pertandingan sepak bola dunia pun kembali diselenggarakan di Brasil, pada tahun 1950. Saat itu, negara yang ikut berpartisipasi dalam ajang sepakbola dunia itu pun bertambah banyak, menjadi 15 negara.

Lagi-lagi Uruguay menjadi pemenang dalam ajang pertandingan sepak bola dunia 1950, yang diadakan di Brasil. Uruguay berhasil menang setelah melawan sang tuan rumah Brasil, dengan total skor 2-1. Hal ini pun menambah daftar kemenangan Uruguay di ajang tersebut, setelah berhasil menang pada pertandingan sepak bola dunia 1930.

Pertandingan Sepak Bola Dunia Bangkit Kembali dengan Beberapa Perubahan

Setelah itu, perjalanan sepak bola dunia juga sempat mengalami beberapa perubahan, seperti negara yang ikut serta dalam ajang tersebut. Sejak tahun 1934 sampai 1978, terdapat sebanyak 16 negara yang berpartisipasi. Angka ini bertambah setelah ajang pertandingan sepak bola dunia 1950 yang diadakan di Brasil, dan membuat Uruguay pulang sebagai juara.

Kemudian angka ini bertambah pada tahun 1982 sampai 1994, yakni ada 24 negara yang berpartisipasi di ajang sepakbola tersebut. Hingga sejak pertandingan sepak bola dunia 1998 Perancis, terdapat sebanyak 32 negara yang berpartisipasi. Jumlah negara inilah yang bertahan sampai sekarang, 32 negara tersebut juga akan ikut berpartisipasi dalam ajang pertandingan sepak bola dunia 2022 Qatar mendatang.

Pertandingan Sepak Bola Dunia 2022, Ternyata Pelaksanaan Dulu dan Sekarang Berbeda

Pelaksanaan ajang pertandingan sepak bola dunia pada saat itu berbeda dengan sekarang, jika saat ini turnamen diadakan di beberapa kota di negara tuan rumah. Maka pada saat itu, turnamen hanya berlangsung di satu kota di Uruguay yakni, Montevideo.

Pemilihan kota Montevideo adalah karena kota tersebut merupakan ibukota dari Uruguay. Maka tidak heran jika, Uruguay langsung membangun stadion saat menjadi tuan rumah ajang sepakbola dunia ini. Karena Uruguay ingin memberikan fasilitas yang terbaik dalam ajang sepakbola dunia tersebut. Sehingga, pemilihan Uruguay sebagai tuan rumah pertama tidak salah.

Selain itu, perbedaan lain juga bisa ditemukan pada pelaksanaan sepak bola dunia dulu dengan sekarang. Jika dulu seluruh negara yang berpartisipasi dalam ajang ini tidak perlu melewati babak kualifikasi. Hal ini tentu berbeda dengan sekarang, yang seluruh negara diharuskan untuk melewati babak kualifikasi. Kini babak ini dilakukan untuk bisa menentukan negara mana yang akan berpartisipasi dan mana yang tidak.

Sebelum tahun 2022, Inilah Negara yang Paling Banyak Menang

Puluhan tahun ajang sepakbola dunia ini diadakan sampai sekarang, dan puluhan negara juga turut berpartisipasi. Namun siapa yang menyangka ternyata, terdapat negara yang berhasil mencetak rekor kemenangan terbanyak di pertandingan sepak bola dunia.  Hal ini dapat disebut sebagai sebuah prestasi, kira-kira negara mana saja ya?

Brasil

sejarah piala dunia
theguardian.com

Sejak 1930, negara Brasil telah berhasil memegang status sebagai peraih trofi kemenangan terbanyak. Brasil sendiri berhasil mengoleksi lima titel kemenangannya yakni pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan yang terakhir 2002 lalu. Jumlah ini juga menjadi kemenangan terbanyak dalam sejarah pertandingan sepak bola dunia selama ini.

Jerman

sejarah piala dunia
www.sportsnet.ca

Bukan hanya Brasil yang mengoleksi kemenangan terbanyak di pertandingan sepak bola dunia, ternyata ada negara lain yaitu Jerman, yang berhasil mengoleksi empat titel kemenangan yakni pada 1954, 1974, 1990, dan yang terakhir pada 2014 lalu. Sayangnya, jumlah kemenangan ini sama dengan negara lain yang juga mengoleksi empat kemenangan.

Italia

sejarah piala dunia
businesspost.ng

Negara yang dimaksud tersebut adalah Italia, yang juga berhasil mengoleksi empat titel kemenangannya di pertandingan sepak bola dunia. Italia berhasil menjuarai ajang sepak bola dunia tersebut pada tahun 1934, 1938, 1982, dan yang terakhir pada 2006 lalu. Hal ini tentu, menjadi suatu prestasi bagi Italia dan juga menjadi ancaman berat bagi para pesaing.

Perancis

sejarah piala dunia
nytimes.com

Sementara itu, pada ajang pertandingan sepak bola dunia 2018 lalu, negara Prancis berhasil mengangkat trofi kemenangannya. Pada pertandingan sepak bola dunia 2018 tersebut diadakan di Rusia, Perancis berhasil menang setelah melawan Kroasia, dengan mencetak skor 4-2. Tentu, ini merupakan skor yang sangat membanggakan bagi Perancis, setelah kemenangan terakhir mereka pada tahun 1998. 


Baca juga:  Kenali Daftar Skuad Pesta Bola Dunia 2022, Manakah Skuad Jagoanmu?

Nah, sekarang udah tahu kan gimana sejarah pertandingan sepak bola dunia selama ini? Jangan lupa untuk nonton pertandingan tim favorit kamu sambil pakai jersey kebanggaan. Belinya di mana lagi kalau bukan di Blibli yang nyediain jersey ori super lengkap dengan harga terjangkau!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel