Sejarah Kopi Toraja, Kopi Unggulan Nusantara

Kopi Toraja mungkin patut dinobatkan sebagai kopi unggulan Indonesia yang punya nama besar yang sudah terkenal seantero dunia sejak dulu kala. Terletak di bagian selatan Pulau Sulawesi, kopi jenis ini tumbuh subur di pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1.200 Mdpl.

Berbeda dengan kopi lain di Indonesia yang tumbuh di atas tanah vulkanik, kopi Toraja tumbuh di atas tanah endapan liat/marine yang membuatnya punya keunikan rasa dan aroma. Tapi gimana ya sejarah awal sehingga kopi ini bisa sebegitu terkenalnya? Baca yuk artikel ini sampai habis!

Ada sejak abad 16

Para ahli sejarah sepakat bahwa Toraja merupakan wilayah pertama di mana penduduknya menanam tanaman kopi, diperkenalkan melalui orang Gowa. Bukti sejarahnya adalah catatan harian kerajaan Gowa yang menggambarkan bahwa orang-orang Gowa berlayar membawa kopi menuju Toraja.

TORAJA COFFEE House Beans Toraja Peaberry Bubuk Kopi
TORAJA COFFEE House Beans Toraja Peaberry Bubuk Kopi

Pertama kali dikenalkan sebagai minuman kekuatan

Kopi memang memiliki kandungan kafein yang membuat tubuh manusia bisa lebih terjaga. Nah, begitulah kopi Toraja pertama kali diperkenalkan oleh para saudagar Arab yang mendatangi Makassar, sebagai minuman kekuatan dan penambah vitalitas.

KLIK DI SINI UNTUK BELI KOPI KESUKAAN KAMU DI BLIBLI.COM

Sempat mati, lalu bangkit kembali

Jalur distribusi Kopi Toraja ternyata sempat terhenti karena akses perdagangan yang terputus akibat pemberontakan DI/TII. Selalu ada penghadangan hingga permpasan di jalur utama distribusi kopi. Namun, setelah pemberontakan berakhir tahun 1965, perekonomian kembali membaik. Ekspor kembali digalakkan, bahkan Makassar mampu mengekspor kopi sesuai permintaan ke Eropa dan Amerika.

Apalagi di tahun 1990-an, Starbucks mempopulerkan speciality coffee yang mengikuti citarasa daerah asal, bukan hanya house blend-nya. Kopi Toraja ikut populer berkat tren ini.

Sejarah panjang kopi Toraja tentunya menjadi warisan penting bagi negeri ini. Apalagi buat pecinta kopi yang suka dengan kopi-kopi yang punya cita rasa unik dan khas, dengan body yang tebal dan keasaman rendah, cocok dengan selera kebanyakan orang.

Yuk bikin kopi Toraja-mu sendiri di rumah, bisa dengan teknik yang sederhana seperti tubruk atau menggunakan berbagai alat mulai dari V60 ataupun chemex. Perlu perlengkapan buat grinding ataupun menyeduhnya? Tenang, semuanya ada di Blibli.com dan bisa kamu beli dan manfaatin gratis ongkirnya!

Buat kamu yang kebetulan punya bisnis kopi bisa juga lhor manfaatin Promo Sajian Nusantara di mana kamu bisa membeli dengan kuantiti yang lebih banyak, lebih hemat hingga 58%!

KLIK DI SINI UNTUK BELI KOPI DAN PERLENGKAPAN MENGOLAHNYA, GRATIS ONGKIR DI BLIBLI.COM!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY