me

Sejarah Hari Piknik Sedunia, Simak Selengkapnya di Sini!

Aug 18, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

california.com

Simak informasi menarik mengenai piknik pada artikel di bawah ini

Cicilan 0% KAM

Sejarah Hari Piknik — Apakah Blibli Friends suka menghabiskan waktu luang untuk kegiatan piknik bersama orang terkasih? Piknik adalah salah satu kegiatan yang seru untuk dilakukan. Banyak orang yang menghabiskan waktu liburan untuk sekedar piknik bersama keluarga di taman atau tempat lainnya lho. Bahkan banyak orang yang menjadikan piknik sebagai agenda yang rutin dilakukan.

Ada banyak hal menarik mengenai piknik yang bisa Blibli Friends ketahui. Mulai dari sejarah, manfaat, barang-barang apa saja yang perlu dipersiapkan, dan hal-hal menarik lainnya. Apakah Blibli Friends tertarik untuk mengetahui apa saja fakta menarik mengenai kegiatan menyenangkan ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya!

Baca juga:


Sejarah Hari Piknik

Sejarah Hari Piknik
theatlantic.com

Penggemar kegiatan piknik harus tahu awal mula atau sejarah dari aktivitas menyenangkan tersebut. Istilah piknik sendiri berasal dari bahasa Perancis yakni pique-nique. Istilah tersebut mempunyai arti ‘aktivitas membawa makanan sendiri’. Pada awal kemunculannya, kegiatan piknik dapat diartikan sebagai kegiatan di mana orang-orang membawa makanan sendiri dan berkumpul di luar ruangan.

Kegiatan piknik ternyata sudah ada sejak abad ke-17. Hal itu dimulai saat aristokrasi mulai melibatkan diri dalam kegiatan yang bersifat santai di luar ruangan. Setelah itu, kegiatan piknik menjadi lebih populer dan banyak dilakukan saat abad ke-18. Saat itu, kegiatan piknik dilakukan oleh kalangan menengah hingga atas benua Eropa.

Bahkan, aktivitas piknik menjadi salah satu gaya hidup yang penting di kalangan kaum borjuis. Kegiatan ini biasanya dilakukan di berbagai tempat dengan pemandangan indah seperti taman-taman, pedesaan, dan tempat lainnya untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga atau teman. Makanan yang dibawa piknik pada zaman itu adalah kue-kue, sandwich, atau hidangan elegan lain.

Piknik menjadi sebuah kegiatan populer di Amerika Serikat pada abad ke-19. Namun, piknik di Amerika bersifat lebih informal dan mengombinasikannya dengan berbagai aktivitas olahraga. Hingga saat ini, piknik menjadi salah satu aktivitas seru yang banyak dilakukan oleh semua orang di seluruh dunia, tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia.

Apa Saja Manfaat Piknik

Sebagai salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat seluruh dunia, ternyata piknik mempunyai beberapa manfaat, lho. Yuk, cari tahu apa saja manfaat dari kegiatan piknik berikut ini.

Meningkatkan Keharmonisan Keluarga

Meningkatkan Keharmonisan Keluarga
washingtonian.com

Salah satu manfaat dari aktivitas piknik adalah mampu meningkatkan keharmonisan keluarga. Menghabiskan waktu dengan kegiatan seru tentu menjadi salah satu hal yang membuat suasana menjadi lebih menyenangkan. Kegiatan piknik bisa menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga, lho.

Apalagi, dengan perkembangan zaman yang semakin maju, seringkali waktu bersama keluarga menjadi semakin berkurang. Piknik bisa menjadi solusi untuk menghabiskan waktu liburan bersama anggota keluarga tercinta.

Memperbaiki Komunikasi

Memperbaiki Komunikasi
bhg.com

Apakah Blibli Friends sedang mengalami miskomunikasi bersama keluarga atau teman? Mengajak orang tersebut piknik sambil memperbaiki komunikasi di antara kalian bisa menjadi pilihan yang tepat. Piknik adalah kegiatan yang dilakukan di lingkungan yang hangat sehingga obrolan pun bisa jadi lebih santai saat dilakukan.

Blibli Friends bisa mencoba untuk memperbaiki komunikasi antar keluarga atau teman sambil menikmati pemandangan indah di tempat piknik. Selain itu, beberapa camilan atau minuman lezat bisa mencairkan suasana saat kamu sedang piknik.

Hemat Uang

Hemat Uang
blibli.com

Piknik adalah aktivitas seru yang bisa jadi pilihan saat kamu hendak menghabiskan waktu libur. Kegiatan ini tentu lebih hemat untuk dilakukan daripada mengunjungi tempat-tempat wahana lainnya yang mungkin lebih mahal. Blibli Friends cukup menyiapkan makanan dan minuman dari rumah serta tikar untuk pergi piknik. Jauh lebih hemat, bukan?

Lebih Sehat

Lebih Sehat
stravacraftcoffee.com

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan piknik adalah lebih sehat bagi tubuh. Hal itu karena ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan saat kamu sedang piknik. Beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan saat kamu piknik adalah berjemur, menghirup udara segar, jalan-jalan santai, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Tak heran jika aktivitas piknik ini bisa membuat tubuh jadi lebih sehat. Selain itu, piknik juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik lho.

Barang-Barang yang Diperlukan untuk Piknik

Apakah Blibli Friends berencana untuk melakukan piknik? Sebelum melakukan kegiatan tersebut, pastikan Blibli Friends mempersiapkan barang-barang apa saja yang perlu dibawa saat piknik. Apa saja rekomendasi barang yang bisa dibawa saat piknik? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Tikar

Tikar
thespruce.com

Piknik adalah kegiatan yang identik dilakukan di luar ruangan. Agar Blibli Friends bisa piknik dengan nyaman, maka kamu harus membawa tikar. Benda ini digunakan sebagai tempat duduk sekaligus untuk menggelar makanan yang sudah dibawa dari rumah.

Kotak Makanan dan Minuman

Kotak Makanan dan Minuman
nytimes.com

Saat bersiap untuk piknik, Blibli Friends tentu harus menyiapkan makanan dan minuman sebagai bekal. Oleh karena itu, kotak makanan dan tempat minuman adalah peralatan yang nggak boleh ketinggalan saat kamu ingin pergi piknik.

Tisu

Tisu
bloomingpetalstore.com

Tisu adalah barang selanjutnya yang wajib dibawa saat kamu hendak piknik. Kegiatan piknik yang dilakukan di luar ruangan membuat kamu harus berjaga-jaga untuk membawa tisu. Benda ini digunakan untuk menyeka air atau sisa-sisa makanan saat kamu sedang piknik. Selain itu, tisu ini juga bisa digunakan untuk menyeka keringat saat kamu sedang beraktivitas di luar ruangan.

Lotion Anti Nyamuk

Lotion Anti Nyamuk
thistlefarms.org

Seperti yang diketahui, piknik adalah kegiatan yang dilakukan di luar ruangan. Lotion anti nyamuk menjadi salah satu barang yang bisa dibawa saat kamu hendak piknik. Lotion ini bisa jadi perlindungan untuk mengatasi gangguan nyamuk saat sedang beraktivitas piknik di luar ruangan.

Sunscreen

Sunscreen
grove.co

Aktivitas di luar ruangan memang identik dengan sinar matahari yang menyengat. Apalagi, jika kamu piknik di Indonesia. Agar kulit nggak terbakar oleh sinar matahari, kamu bisa membawa sunscreen sebagai langkah perlindungan.

Bawalah sunscreen dengan kandungan spf yang cukup untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Rutin memakai sunscreen bisa membuat kulit jadi lebih cerah dan sehat, lho.

Rekomendasi Tempat Piknik di Jakarta

Yuk, cari tahu apa saja rekomendasi tempat piknik di Jakarta!

Monas

Monas
thejakartapost.com

Salah satu tempat yang direkomendasikan sebagai tempat piknik adalah Monas. Destinasi wisata ini adalah ruang terbuka terbesar yang ada di Jakarta sehingga Monas bisa jadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin piknik bersama keluarga atau teman.

Tebet Eco Park

Tebet Eco Park
avonturin.id

Tebet Eco Park bisa jadi tempat yang cocok untuk piknik lho. Banyak arena permainan bagi anak yang disediakan di tempat ini. Selain itu, pemandangan di taman ini juga nggak kalah bagus dari tempat lainnya, lho.

Taman Fatahillah

Taman Fatahillah
blibli.com

Tempat lainnya yang cocok dipilih untuk piknik adalah Taman Fatahillah. Ada banyak spot foto di tempat ini yang menarik. Selain itu, kamu bisa melihat pemandangan kota yang indah jika sedang berkunjung ke tempat ini.

Taman Suropati

Taman Suropati
travelspromo.com

Taman Suropati menjadi rekomendasi selanjutnya untuk kamu yang ingin piknik di Jakarta. Taman ini dikelilingi oleh pepohonan yang membuat udara di sekitarnya menjadi sejuk sehingga cocok digunakan sebagai tempat piknik.

Taman Menteng

Taman Menteng
orami.com

Rekomendasi tempat piknik selanjutnya adalah taman menteng. Lahan yang ada di sekitar rumah kaca bisa jadi spot yang tepat untuk berkemah selama kamu berada di taman ini.


Baca juga:

Itulah sekilas informasi mengenai sejarah hari piknik sedunia dan informasi menarik lainnya. Bagaimana, tertarik untuk melakukan piknik? Yuk, beli perlengkapannya di Home & Living Blibli sekarang juga! Nikmati promo dan diskon menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan jika berbelanja di Blibli.