me

Mengenal Sejarah Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang Diperingati Setiap 5 November!

Nov 06, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

yayasanpalung.com
Inilah asal usul Hari Puspa dan Satwa Nasional yang selalu diperingati pada 5 November!

Cicilan 0% KAM

Sejak zaman dahulu, Indonesia telah dikenal sebagai negara yang penuh pesona dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Dari sabang sampai merauke, Indonesia dipenuhi dengan ekosistem flora dan fauna yang mengagumkan. Itulah mengapa, setiap 5 November, Indonesia merayakan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional sebagai bentuk penghargaan dan komitmen terhadap konservasi lingkungan yang berkelanjutan. 

Acara ini bukan hanya perayaan semata, tetapi juga mengandung sejarah yang kaya dan nilai-nilai esensial dalam upaya melestarikan keanekaragaman hayati yang begitu berharga bagi generasi masa depan. Yuk, kenali sejarah dan makna di balik Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang menjadi momen penting dalam melindungi flora dan fauna Indonesia yang unik, pada ulasan berikut ini! 

Baca Juga :


Apa itu Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional?

facebook.com/MajalahForestDigest

Sebelum kamu mengenal bagaimana sejarah ditetapkannya Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, kamu juga perlu tahu, pengertian dari Hari Nasional tersebut. Jadi, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional adalah sebuah perayaan penting, di mana tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konservasi alam dan pelestarian flora fauna di Indonesia. 

Biasanya, setiap hari perayaan ini tiba, akan diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk pameran puspa dan satwa, lokakarya konservasi, hingga berbagai kegiatan edukasi yang ditujukan kepada masyarakat, khususnya generasi muda, tentang masalah-masalah lingkungan dan cara-cara konkrit untuk mendukung pelestarian alam, misalnya upaya reboisasi dan kampanye anti-perburuan liar.

Peringatan ini juga menjadi wadah untuk mengapresiasi dan mempromosikan keindahan alam Indonesia yang memukau. Dari hutan hujan tropis yang melimpah hingga terumbu karang yang eksotis, Indonesia memiliki kekayaan alam yang tak ternilai harganya. Sehingga, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional adalah kesempatan untuk merayakan pesona alam dan satwa liar yang merupakan aset berharga bagi negara ini.

Dengan demikian, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional bukan hanya perayaan semata, tetapi juga sebuah panggilan untuk bertindak dan berpartisipasi dalam pelestarian alam. Melalui edukasi, pelestarian, dan komitmen kolektif, kita bisa memastikan bahwa kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang luar biasa ini akan terus ada untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

Sejarah Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

pili.or.id

Dalam sejarahnya, keputusan penetapan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh pada tanggal 5 November, semuanya berlandaskan dalam Keppres No. 4 Tahun 1993 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto. Keputusan tersebut memiliki tujuan utama, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian alam dan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Sebagai negara yang dianugerahi oleh alam dengan kekayaan alam yang melimpah, Indonesia memiliki ratusan ribu spesies flora dan fauna yang menjadi bagian integral dari ekosistem alam yang beragam. Oleh karena itu, salah satu hal utama yang ditekankan dalam perayaan ini adalah pentingnya menjaga dan melestarikan flora dan fauna yang unik dan langka di Indonesia dari kepunahan.

Adapun beberapa jenis flora dan satwa yang dinyatakan sebagai puspa nasional dan satwa nasional, di antaranya yaitu:

Flora:

  • Anggrek Bulan (Phalaenopsis Amabilis): Anggrek Bulan adalah anggrek yang indah dan merupakan Puspa Pesona Nasional yang sangat dihormati di Indonesia.
  • Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldii): Rafflesia Arnoldi adalah bunga yang sangat langka dan dikenal sebagai bunga terbesar di dunia. Tumbuhan ini ditetapkan sebagai Puspa Langka Nasional yang mewakili keindahan dan keunikan tumbuhan Indonesia.
  • Melati (Jasminum Sambac): Melati adalah bunga yang memiliki nilai simbolis yang tinggi dalam budaya Indonesia. Bunga ini sering digunakan dalam upacara-upacara tradisional, sebagai lambang kecantikan dan kesucian. 

Satwa:

  • Ikan Siluk Merah (Scleropages Formosus): Ikan Siluk Merah, dengan keindahan warnanya, menjadi representasi dari keanekaragaman kehidupan di perairan Indonesia. Keindahan dan pesona ikan ini menjadikannya sebagai Satwa Pesona.
  • Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi): Elang Jawa adalah burung pemangsa langka yang hanya bisa ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jawa dan Bali. Kehadirannya yang langka membuatnya menjadi perhatian khusus dalam upaya pelestarian.
  • Komodo (Varanus Komodoensis): Komodo adalah salah satu spesies yang paling ikonik di Indonesia dan di seluruh dunia. Mereka ditemukan terutama di Pulau Komodo dan pulau-pulau sekitarnya, dan menjadi perwakilan Satwa Nasional di Indonesia.

Rekomendasi Tanaman yang Bisa Dibudidaya di Rumah

Budidaya tanaman di rumah bukan hanya bermanfaat untuk meremajakan dan menghijaukan lingkungan sekitar tempat tinggalmu, tetapi juga merupakan kontribusi penting dalam upaya pelestarian flora terutama pada spesies tanaman yang mungkin terancam punah, serta dalam rangka merayakan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. 

Berikut beberapa rekomendasi tanaman yang bisa kamu budidayakan untuk memberikan manfaat ekologis dan estetis, di antaranya:

Lavender (Lavandula)

plantstory.com

Lavender adalah tanaman herbal yang populer dalam budidaya rumahan dan komersial, berbentuk tanaman semak dengan batang berkayu yang tumbuh daun kecil berbentuk jarum dan bunga yang mengelompok dalam tongkol. Tanaman ini dikenal dengan aroma harum yang khas, yang berasal dari minyak esensial yang terkandung dalam bunga dan daunnya.

Lavender juga memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi, biasanya sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Aroma Lavender bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, dan menjaga rumah tetap segar. Namun, dalam budidaya Lavender, penting untuk memilih varietas yang sesuai dengan kondisi iklim dan tanah di daerahmu, serta perhatikan cara merawatnya dengan baik. 

Bunga Matahari (Helianthus Annuus)

gartennatur.com

Bunga Matahari adalah tanaman yang dikenal dengan ciri khasnya memiliki batang yang besar dan bunga berwarna kuning yang selalu mengikuti arah matahari. Bunga Matahari dikenal sebagai tanaman musim panas, yang bisa tumbuh dengan cepat dan mudah ditanam di berbagai kondisi iklim, menjadikannya pilihan populer dalam budidaya. 

Manfaat Bunga Matahari meliputi nilai estetika dalam lanskap, biji bunga matahari yang bisa dimakan, serta sebagai tanaman penarik serangga dan burung yang bermanfaat bagi ekosistem di tamanmu. Selain itu, biji bunga matahari juga memiliki nilai gizi tinggi dan bisa dicampurkan ke dalam makanan manusia serta sebagai makanan burung.

Anggrek (Orchidaceae)

pexels.com

Anggrek adalah keluarga tanaman hias yang memiliki ribuan spesies yang beragam. Anggrek dikenal karena kecantikan bunga-bunganya yang terlihat sangat eksotis dan berwarna-warni. Mereka adalah tanaman yang sangat populer dalam budidaya karena keindahan dan daya tarik estetis mereka. Selain sebagai tanaman hias, anggrek juga memiliki manfaat sebagai bahan baku dalam industri parfum dan minyak wangi. 

Beberapa jenis anggrek juga digunakan dalam pengobatan tradisional karena kandungan senyawa aktif tertentu. Dalam budidaya, anggrek memerlukan perawatan khusus dan lingkungan yang tepat, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para pecinta tanaman hias.

Kantong Semar (Nepenthes)

mitalom.com

Kantong Semar adalah tanaman karnivora yang dikenal karena bentuknya yang unik dan cara mereka menangkap serangga. Kantong Semar memiliki daun-daun khusus yang berbentuk seperti kantong yang berfungsi sebagai perangkap untuk serangga. Tanaman Kantong Semar sangat diminati oleh para penggemar tanaman hias karena keindahan dan kompleksitasnya.

Tanaman ini bisa dibudidayakan di dalam pot atau di kebun dengan perawatan yang tepat. Manfaat utama Kantong Semar adalah sebagai tanaman hias yang unik dan menarik, yang sekaligus bisa membantu mengendalikan populasi serangga di sekitarnya karena serangga tertarik ke kantong perangkapnya. Kantong Semar juga bisa dibilang salah satu spesies tanaman yang terancam punah. 

Tanaman ZZ (Zamioculcas Zamiifolia)

solabeeflowers.com

Rekomendasi tanaman yang bisa dibudidaya selanjutnya adalah Tanaman ZZ, juga dikenal sebagai tanaman karet atau ZZ plant, yang merupakan tanaman hias indoor yang semakin populer karena daya tahan dan kemudahan perawatannya. Tanaman ZZ berasal dari Afrika Selatan dan memiliki penampilan yang khas dengan daun berkilau yang mirip dengan tanaman karet.

Tanaman ZZ memiliki tampilan yang menarik dengan daunnya yang mengkilap dan pola garis-garis yang indah. Ini menambahkan elemen estetika ke dalam ruanganmu. Tanaman ZZ adalah pilihan yang sangat baik untuk kamu yang mencari tanaman hias indoor yang mudah dirawat dan memberikan manfaat terutama dalam hal membersihkan udara di dalam ruangan dan mempercantik ruangan.

Kaktus (Echinocactus)

lush-succulents.myshopify.com

Siapa sih nggak tahu Kaktus? Jenis tanaman sukulen yang terkenal dengan bentuknya yang unik, tahan kekeringan, dan perawatan yang mudah. Mereka berasal dari daerah kering di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kaktus adalah pilihan yang sangat populer untuk budidaya di rumah karena kemampuannya bertahan hidup dalam kondisi cuaca panas dan kering.

Meskipun nggak sekuat tanaman penghijauan lainnya dalam hal memurnikan udara, Kaktus tetap bisa membantu memperbaiki kualitas udara di dalam rumah dengan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Tanaman ini hanya memerlukan sinar matahari yang cukup, drainase yang baik, dan perlindungan dari cuaca yang sangat dingin agar tetap tumbuh subur.

Aglaonema (Aglaonema Commutatum)

plants.ces.ncsu.edu

Aglaonema adalah tanaman hias populer yang dikenal dengan daun-daunnya yang menarik dan variasi warnanya. Aglaonema berasal dari daerah tropis Asia Tenggara dan merupakan pilihan yang bagus untuk budidaya di dalam ruangan, baik di rumah maupun kantor. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam kondisi pencahayaan rendah hingga sedang.

Salah satu manfaat tanaman hias ini adalah bisa membantu memurnikan udara di dalam ruangan dengan menyerap berbagai zat berbahaya seperti formaldehida dan senyawa organik volatil. Selain itu, Aglaonema adalah tanaman yang mudah dirawat dan cocok untuk pemula. Mereka nggak memerlukan perawatan yang rumit dan tumbuh dengan baik dalam kondisi pencahayaan yang beragam.


Baca Juga :

Jadi, itulah pengertian dan sejarah Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, serta beberapa rekomendasi tanaman yang bisa dibudidayakan sebagai bentuk kontribusi dalam upaya pelestarian flora. Dengan memahami pentingnya pelestarian alam dan menjaga keanekaragaman hayati, kamu bisa berperan aktif dalam menjaga keindahan alam dan melindungi spesies-spesies yang mungkin terancam punah.

Sementara kalau kamu yang ingin mengeksplorasi lebih banyak tentang asal usul sejarah dan peristiwa penting lainnya di Indonesia, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli buku sejarah yang tersedia di Blibli. Percayakan Blibli sebagai mitra belanjamu untuk menemukan berbagai buku dan sumber pengetahuan lainnya.