me

Sejarah Hari Ayah Nasional, Seperti Apa?

Nov 02, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

panaynews.net
Ini sejarah Hari Ayah Nasional yang bisa diketahui.

Cicilan 0% Gadget

Dalam masyarakat, ayah kerap dihubungkan dengan tugas utamanya sebagai pencari nafkah. Padahal sebetulnya sosok ayah juga dibutuhkan untuk tumbuh kembang kepribadian seorang anak. Berbagai peran ayah yang perlu dipenuhi dalam keluarga diantaranya sebagai perlindung keluarga, menjadi contoh yang baik, motivator, menjadi pendengar yang oke alias tempat curhat dan lainnya.

Buat sebagian orang, bahkan sosok ayah merupakan cinta pertama buat anak perempuannya. Jadi selagi ayah masih ada bersama-sama dalam kehidupanmu, jangan malu dan segan untuk mengungkapkan rasa sayang pada beliau. Selagi masih ada waktu dan kesempatan, pergunakan dengan sebaik-baiknya. Nah, selain itu nggak ada salahnya untuk mengetahui sejarah Hari Ayah Nasional seperti di bawah ini.

Baca Juga :


Penjelasan Tentang Hari Ayah Nasional

detik.com

Buat yang mungkin belum tahu, di Indonesia Hari Ayah dirayakan setiap tanggal 12 November dan mulai ditetapkan dari 2006 sampai sekarang. Hari Ayah Nasional pertama kali diprakarsai oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) yang merupakan paguyuban lintas agama dan budaya.  Uniknya, para pemrakarsa Hari Ayah Nasional nggak dari kaum ayah, lho tapi malah dari para wanita.

Peringatan Hari Ibu Solo (2004)

Awalnya, PPIP pada 2004 tengah mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo. Dalam kegiatan ini diadakan sayembara menulis surat untuk ibu dan disambut antusias oleh seluruh peserta. Berkat kesuksesan acara tersebut kemudian timbul banyak pertanyaan di antaranya para peserta: “Lomba menulis surat untuk ayah kapan bisa diselenggarakan?”

Perumusan Rencana dan Deklarasi Hari Ayah Nasional (2004-2006)

Berawal dari pertanyaan tersebut kemudian PPIP berdiskusi lebih lanjut dan mulai merumuskan rencana tentang Hari Ayah Nasional. Setelah proses diskusi yang cukup panjang (2 tahun), PPIP akhirnya menggelar deklarasi di Pendapi Gede Balaikota Solo dan menetapkan tanggal 12 November sebagai peringatan Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut digabungkan dengan hari kesehatan yang mengambil semboyan “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.

Buku Kenangan untuk Ayah (2006)

Pada hari yang sama di Maumere dilakukan deklarasi Hari Ayah Nasional dan diperkenalkan buku yang berjudul “Kenangan untuk Ayah” yang isinya 100 surat anak nusantara yang lolos seleksi dalam kegiatan sayembara “Menulis Surat untuk Ayah”. Buku ini dikirimkan ke presiden (Susilo Bambang Yudhoyono) beserta Piagam Deklarasi Hari Ayah Nasional. Yang mendasari deklarasi Hari Ayah Nasional antara lain:

  • Menurut Gress Raja (ketua PPIP waktu itu), figur ayah juga bagian penting dari keluarga dan memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dalam keluarga.
  • Dalam keluarga ayah dan ibu merupakan satu kesatuan yang nggak bisa dipisahkan.

Sekilas Tentang Hari Ayah Internasional

jagranjosh.com

Beda dengan Hari Ayah Nasional yakni setiap tanggal 12 November, Hari Ayah Sedunia diperingati di tanggal yang berbeda setiap tahunnya karena diperingati setiap hari Minggu ke tiga pada bulan Juni. Misalnya pada 2022 Hari Ayah Sedunia jatuh pada Minggu 19 Juni 2022 sementara pada 2023 jatuh pada Minggu 18 Juni 2023.

Selain itu Hari Ayah di negara-negara lain di dunia juga dirayakan pada waktu yang berbeda-beda. Seperti contohnya di Serbia, diperingati setiap tanggal 6 Januari. Sementara di Korea Selatan Hari Ayah akan diperingati setiap tanggal 8 Mei, beda lagi dengan di Thailand di negeri gajah putih ini diperingati setiap tanggal 5 Desember. Negara Rusia, Belarus dan Myanmar diperingati setiap 23 Februari.

Ada juga yang memperingati Hari Ayah setiap tanggal 19 Maret seperti negara Belgia, Mongolia, Italia, Portugal dan Spanyol. Sedangkan negara Rumania, mereka memperingati Hari Ayah pada Minggu kedua di bulan Mei dan negara Tonga memperingati Hari Ayah setiap Minggu ketiga di bulan Mei.

Namun yang paling banyak, Hari Ayah diperingati setiap Minggu ketiga di bulan Juni sesuai dengan Hari Ayah Sedunia. Negara yang memperingati pada hari itu antara lain Amerika Serikat, Argentia, Arab Saudi, Ceko, Malaysia, Kanada, Hongkong, Prancis, Singapura, Turki, Yunani, Sinegal dan Vietnam

Tradisi Hari Ayah yang Bisa Menginspirasi

Tanggal 12 November sebentar lagi tiba yang berarti peringatan Hari Ayah Nasional nggak lama lagi. Jika kamu tengah merencanakan sesuatu buat ayah tercinta, beberapa tradisi peringatan Hari Ayah di negara-negara lain mungkin bisa menginspirasi kamu.

1. Indonesia

Di Indonesia, Hari Ayah biasanya dirayakan pada tanggal 12 November setiap tahun. Pada Hari Ayah, anak-anak merayakannya dengan mengucapkan selamat kepada ayahnya agar bisa mempererat relasi dengan ayah sekaligus mengungkapkan bentuk sayang. Biasanya ucapan ini disampaikan secara langsung, melalui chat, dan juga berupa unggahan story di media sosial.

2. Amerika Serikat

today.com

Di negeri Paman Sam, seperti sudah disinggung sebelumnya, Hari Ayah diperingati setiap Minggu ketiga di bulan Juni. Di negara ini hari spesial ini diperingati dengan penuh antusias dan kegembiraan. 

Hari Ayah juga seringkali dijadikan momen untuk reuni keluarga karena biasanya anak-anak yang tinggal jauh dari keluarga akan datang dan berkumpul di rumah orang tua. Mereka akan memanjakan ayah mereka dengan sarapan di tempat tidur dan memberikan hadiah atau kado seperti dasi, cokelat, bunga dan lainnya.

3. Jepang

gaijinpot.com

Semenata di Jepang, pada  peringatan Hari Ayah anak-anak akan memberi ayah mereka sekotak permen atau sebuah gelas bir. Kemudian mereka akan makan siang atau makan malam bersama untuk menyantap hidangan udang atau kepiting.

Selain permen dan gelas bir, para ayah di Jepang juga sering diberi hadiah oleh anaknya berupa parfum, sandal atau botol bir.

4. Meksiko

azcentral.com

Sebagai penghargaan anak pada ayah atau figur ayah, di Meksiko saat peringatan Hari Ayah mereka akan menyelenggarakan perlombaan lari sejauh 12 km. Perlombaan lari ini berlangsung di Bosque de Tlalpan, Mexico City. Sebuah ruang terbuka yang dipakai untuk jogging dan hiking.

Perlombaan ini bertujuan untuk mempererat hubungan ayah dan anak serta ada penekanan kuat pada nilai-nilai keluarga.

5. India

publicholidays.in

Beda lagi dengan di India, di negara ini pada peringatan Hari Ayah anak-anak akan memberikan bunga beserta kartu ucapan sebagai cara untuk mengungkapkan kasih sayang. Kemudian mereka akan nonton bioskop, pergi piknik atau makan bersama di restoran.

Beberapa sekolah di India pada Hari Ayah juga akan mengadakan program budaya dengan tujuan bisa menginspirasi anak-anak untuk lebih menghormati ayah mereka. Selain itu para ayah juga didorong untuk lebih berperan aktif dan menghabiskan waktu yang berkualitas bareng anak sembari menanamkan nilai-nilai luhur serta sopan santun.

6. Thailand

littlestepsasia.com

Di Thailand Hari Ayah diperingati setiap 5 Desember barengan dengan perayaan ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej yang dianggap Bapak Bangsa oleh masyarakat Thailand.

Pada hari itu setiap orang akan memakai baju warna kuning dan anak-anak akan memulai hari dengan memberikan bunga Canna pada ayah masing-masing. Bunga Canna ini dianggap sebagai tanaman yang maskulin. 

Pada Hari Ayah Nasional, Mau Kasih Kado Apa?

Di Tanah Air, peringatan Hari Ayah memang serasa kurang gaung. Selain pada 12 November nggak termasuk hari libur nasional, tradisi memperingati Hari Ayah juga masih jarang dilakukan. Namun bukan berarti akan membiarkan hari spesial ini berlalu begitu saja. Nah, buat yang masih galau pilih-memilih hadiah, beberapa ide di bawah ini bisa dijadikan masukan.

1. Buku

inc.com

Salah satu benda yang bisa kamu berikan untuk ayah tercinta adalah buku. Bisa buku resep kalau ayah kamu suka masak, buku tentang tanaman, buku tentang bola atau bisa juga buku sejarah. Buku ini akan dibaca kemudian disimpan oleh ayah kamu sehingga bisa sebagai kenang-kenangan yang manis.

2. Perlengkapan Berkebun

gardeningknowhow.com

Pada masa sekarang banyak orang tua yang punya hobi berkebun atau merawat tanaman di pekarangan rumah. Aktivitas ini selain menyenangkan juga sebagai hobi untuk mengusir kebosanan. Terlebih saat memasuki masa pensiun.

Nggak ada salahnya memudahkan ayah kamu melakukan hobinya dengan memberinya perlengkapan berkebun seperti sekop kecil, sarung tangan, alat untuk menyiram tanaman, gunting dan benih tanaman. Dengan peralatan yang lengkap maka ayahmu bisa melakukan aktivitasnya dengan lebih nyaman dan happy.

3. Sepatu Olahraga

runnersworld.com

Sepasang sepatu olahraga ayahmu sudah terlihat usang? Nggak ada salahnya tahun ini saat peringatan Hari Ayah Nasional kamu bisa memberikan sepatu olahraga yang baru. 

Dengan sepatu olahraga yang mumpuni diharapkan ayahmu makin semangat saat berolahraga untuk menjaga kesehatannya. Biar lebih spesial bisa menempatkan sepatu olahraga yang baru dalam kotak kado yang warnanya sesuai warna favorit ayah kamu.

4. Gadget Baru

makeuseof.com

Jika gadget ayahmu sudah mulai terlihat lemot bisa juga, tuh merencanakan untuk membelikan beliau sebuah gadget baru. Terlebih untuk ayah yang kerja kantoran, maka alat elektronik seperti smartphone atau laptop yang memadai sangat diperlukan.

Untuk merek dan spesifikasinya tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet masing-masing. Namun yang pasti hadiah ini akan bermanfaat dan mendukung pekerjaan ayah kamu.

5. Jaket

thursdayboots.com

Dengan bertambahnya usia, terkadang udara dingin bisa membuat daya tahan tubuh ayahmu menurun. Jadi membelikan beliau sebuah jaket yang bisa memberikan perlindungan saat udara dingin dan saat hujan bisa dipertimbangkan.

Bisa memilih jaket dengan model yang keren seperti apa yang disukai ayahmu. Saat mengenakan jaket ini, ayahmu bakalan merasa seperti tengah dipeluk anak-anaknya, lho.

6. Staycation di Hotel

thesmartlocal.com

Hadiah nggak harus berupa barang tapi bisa juga berupa hal lain, contohnya ajak ayahmu menginap beberapa malam di hotel berbintang untuk staycation. Selama bermalam di hotel kamu bisa melakukan banyak hal bareng ayah. Mulai berenang, main basket, spa, makan makanan favorit atau sekedar ngobrol ngalor-ngidul sampai dini hari. Gimana, tertarik dengan ide yang satu ini?


Baca Juga :

Blibli Friends itulah penjelasan tentang sejarah hari ayah nasional yang bisa kamu ketahui. Semoga bisa membantumu untuk lebih menghargai kehadiran dan peranan seorang ayah di hidupmu. Nah, buat yang berencana memberikan hadiah spesial buat ayah dan masih bingung menentukan pilihan bisa, lho mampir di toko online terpercaya Blibli. Ada banyak produk yang bisa dijadikan pilihan, seperti buku sejarah, pakaian, alat kesehatan dan kado ayah lainnya.

Prosesnya praktis dan nggak pakai lama barang pesananmu akan dikirim ke alamat tujuan. Jika ada kesalahan dengan produk yang dikirim ada layanan gratis 15 hari retur. Soal harga nggak perlu khawatir karena harga terbaik sudah pasti bisa didapat, apalagi Blibli suka memberikan penawaran promo dan diskon istimewa. Nggak perlu menunda ayo, belanja di Blibli dari sekarang.