Sejarah dan Seragam Pramuka di Dunia

Sejarah dan Seragam Pramuka di Dunia

Apakah di sekolah kamu banyak jenis kegiatan ekstrakurikuler? Banyak atau pun sedikit kegiatan ekstrakurikuler yang ada, pramuka pastilah selalu masuk di dalamnya. Bahkan, beberapa sekolah mewajibkan muridnya untuk menjadi anggota pramuka. Tidak lama lagi, akan diadakan HUT Pramuka, yakni di tanggal 14 Agustus. Kegiatan pramuka selalu memberikan banyak hal untuk anak mulai dari melatih kemandirian, kebersamaan, pemecahan masalah, ketangkasan, dan banyak lagi. Mengapa kegiatan luar ruangan ini begitu istimewa? Nah, untuk lebih lengkapnya, simak fakta, sejarah dan seragam pramuka di dunia ini, ya.

BACA JUGA: BERAGAM MAKANAN KHAS ULANG TAHUN DARI SELURUH DUNIA

_____________________

Awal Berdirinya Pramuka

Panduan kegiatan Pramuka sebenarnya diawali oleh seseorang bernama Lord Baden Powell. Powell menuliskan sebuah buku yang berjudul scouting for boy. Buku tersebut berisikan pegalamannya untuk membina dan mendirikan sebuah gerakan khusus di kalangan pemuda di Inggris yang banyak terlibat tindak kekerasan dan kriminal ketika tahun 1907. Ketika itu, Powell berhasil membina para pemuda tersebut dan menuangkan beragam visi dan panduan pembinaan di buku tersebut.

Powell Sebagai Bapak Pramuka Dunia

Nah, buku Scouting for Boy karangan Powell itu akhirnya banyak menginspirasi orang untuk mendirikan gerakan pramuka. Organisasi Pramuka pertama yang berdiri disebut sebagai Rover Scout. Organisasi tersebut didirikan di tahun 1918 dan beranggotakan banyak remaja.

Antusiasme para pemuda yang besar terhadap gerakan kepramukaan atau boy scout di masa itu mulai besar hingga diadakanlah Jambore Pramuka Pertama di dunia di London pada tahun 1920. Jambore tersebut termasuk sukses karena dihadiri oleh 8.000 anggota pramuka dari 34 negara di dunia! Di situlah Powell akhirnya dinobatkan sebagai bapak pramuka dunia, Blibli Friends.

Sejarah Kepramukaan di Indonesia

Panduan Powell sudah mulai diadaptasi di Indonesia semenjak berdirinya Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda yang nama Belandanya disingkat sebagai NIPV. Gerakan pramuka tersebut mulai tersebar ke seluruh daerah Indonesia. Tepatnya, di tahun 1930 ada Pandu Pemuda Sumatera. Lalu, di tahun 1931 ada Persatuan Antar Pandu Indonesia. Bahkan, setelah Indonesia merdeka, ada organisasi Pandu Rakyat Indonesia yang didirikan di Solo di bulan Desember 1945.

Bapak Pramuka Indonesia

Tidak hanya Powell yang dinobatkan sebagai bapak Pramuka dunia, Indonesia pun menobatkan bapak Pramuka Indonesia, yakni Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Semenjak tahun 1961, beliau sudah menjabat sebagai ketua Kwartir Nasional. Beliau juga lah yang menjadi pelopor beragam gerakan pramuka yang ada di Indonesia.

Asal Mula Hari Pramuka

Di Indonesia, hari pramuka ditetapkan menjadi tanggal 14 Agustus semenjak tahun 1961. Hari itu ditandai sebagai hari pramuka karena ketika itulah Presiden RI menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka ke ketua kwartir nasional, yakni Sultan Hamengku Buwono IX. Mulai saat itu juga rakyat mulai mengindikasikan kalau warna cokelat adalah warna pramuka.

Mengapa Warna Cokelat?

Warna cokelat sebagai warna Pramuka sebenarnya dipilih karena cokelat dulunya adalah warna yang mendominasi ketika perang. Warna itu juga warna yang digunakan oleh sederet pejuang kemerdekaan untuk melawan penjajah. Warna cokelat juga banyak diyakini sebagai metafora dari tanah air Nusantara. Dengan memakai warna cokelat pramuka, para pemuda diharapkan tidak akan melupakan jasa pahlawan dan selalu cinta tanah air.

_____________________

Apakah kamu ikut aktif dalam gerakan boy scout? Jika iya, mungkin kamu banyak membutuhkan keperluan pramuka, ya. Sekarang, Blibli sudah menyediakan banyak keperluan pramuka lengkap sehingga kamu tidak perlu repot, lho!

CEK DAFTAR PRODUK DAN AKSESORIS PRAMUKA SELENGKAPNYA DI SINI

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY