Tujuh puluh satu tahun pasca kemerdekaannya, Indonesia sudah semakin berkembang menjadi negara yang lebih maju. Sebagai warga negara yang baik, ada baiknya kita turut mengambil peran dalam perkembangannya dan menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia itu hebat dan patut dibanggakan.

Berkontribusi dan berpartisipasi dalam pembangunan negara sebenarnya nggak sulit kok. Kamu nggak perlu menjadi politikus ataupun usahawan. Kamu cukup memiliki niat, dan mulai dari hal-hal sederhana saja.

1. Turut mencerdaskan anak bangsa

mencerdaskan anak indonesia

Salah satu permasalahan yang paling mengkhawatirkan di Indonesia adalah pendidikan. Menurut data UNESCO, Indonesia memiliki literasi (kemampuan membaca) sebesar 93.9 persen pada tahun 2015. Artinya, masih ada sekitar 6.1 persen atau sekitar 15 juta orang yang belum bisa baca tulis.

Walaupun kamu bukan tenaga pendidik, kamu bisa turut berkontribusi dalam permasalahan ini melalui program Indonesia Mengajar.

Indonesia Mengajar adalah program untuk mengirimkan generasi-generasi muda terbaik Indonesia untuk menjadi Pengajar Muda di Sekolah Dasar di berbagai pelosok Indonesia.

Dalam masa penugasan, Pengajar Muda nggak hanya melakukan kegiatan belajar mengajar saja, tapi mereka juga dituntut untuk membuat program ajarnya sendiri sesuai dengan keadaan di sana serta berbaur dengan masyarakat setempat.

Untuk mendukung program ini kamu bisa ikutan untuk jadi Calon Pengajar Muda juga. Jika kurang memungkinkan, tenang saja, kamu tetap bisa menunjukkan dukungan kamu dengan menyumbangkan iuran yang nantinya akan digunakan untuk mengirimkan para Pengajar Muda ke daerah-daerah.

2. Harumkan nama Indonesia dengan bakatmuharumkan nama indonesia

Via Rio 2016

Belum lama ini, video sebuah paduan suara Indonesia yang menyanyikan Yamko Rambe Yamko di Italia sempat menjadi viral di Facebook. Video tersebut adalah penampilan dari The Resonanz Children’s Choir, grup paduan suara di bawah naungan salah satu sekolah musik di Indonesia.

Bagaimana nggak heboh, grup paduan suara ini memenangkan kompetisi paduan suara internasional yang diadakan di Italia tersebut. Lagu daerah yang mereka aransemen berhasil membuat bulu kuduk berdiri, terutama ketika mereka meneriakkan “Indonesia” pada akhir penampilannya.

Hal seperti inilah yang dapat membuka mata dunia terhadap Indonesia. Nggak perlu minder jika kamu belum bisa menorehkan prestasi sekeren grup paduan suara di Italia atau sekelas atlit Olimpiade.

Namun, jika kamu memiliki kemampuan atau gairah di bidang tertentu, maka tekunilah! Latih terus sampai jago, dan mungkin suatu saat kamu bisa membawa nama Indonesia ke ajang internasional melalui kerja kerasmu.

Kamu bisa berpartisipasi dalam ajang internasional lainnya, misalnya dengan mengikuti program pertukaran pelajar AIESEC. Selama program, kamu akan berbaur dengan para pelajar dari negara lain. Ini adalah kesempatan kamu untuk soft-selling sisi-sisi baik Indonesia melalui cara bicara dan karakter kamu serta cerita-cerita dan penampilan kamu.

3. Volunteer

relawanVia Komite Relawan Nusantara

Selain pendidikan, masih banyak isu sosial yang menahan perkembangan Indonesia, seperti kemiskinan dan sanitasi. Sekarang pun mulai banyak organisasi yang didirikan untuk membantu kaum-kaum kurang mampu di Indonesia.

Organisasi-organisasi tersebut pun memiliki target dan fokus yang berbeda satu sama lainnya, seperti anak jalanan, penderita kanker, perlindungan hewan, pengembangan masyarakat, lingkungan kesehatan, dan banyak lagi.

Jika kamu ingin mengembangkan Indonesia dengan melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti menjadi seorang volunteer.

Kamu bahkan bisa memilih organisasi yang fokusnya sesuai dengan ketertarikan kamu dan sesuai dengan lokasi kamu. Kalau bukan kamu, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?


BACA JUGA Friends, yuk Ikuti Cara-cara Berbangga Jadi Indonesia Ini!


4. Dukung usaha kecil-menengah dan gunakan produk lokal

batikVia Liputan 6 Forum

 

Cara lain kamu bisa membuat Indonesia lebih baik lagi adalah dengan mendukung usaha kecil menengah di Indonesia. Karena, sebetulnya merekalah yang menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Jadi, ketimbang belanja di supermarket, kamu bisa berbelanja di toko kelontong, atau ke pasar sekitar tempat tinggalmu.

Contoh lainnya adalah dengan menggunakan produk lokal. Kamu pasti masih ingat ketika nilai tukar US Dollar angkanya mirip dengan nomor delivery McDonald, 14045. Nilai tukar US Dollar setinggi itu membuktikan kalau nilai mata uang Rupiah memang lemah, bahkan termasuk salah satu yang terlemah di dunia.

Penggunaan produk lokal dapat perlahan-lahan mendongkrak nilai mata uang rupiah. Sedangkan penggunaan produk asing yang berlebihan malah akan semakin menjatuhkannya. Sebaiknya, kita bersama-sama menepikan pikiran bahwa barang impor lebih bagus daripada produk lokal.

5. Bertanggung Jawab Terhadap Lingkungan

cinta lingkungan

Hingga kini, bencana banjir di berbagai wilayah di Indonesia masih nggak terhindarkan. Daripada duduk manis menunggu langkah pemerintah untuk menyelesaikannya, sebaiknya kita mulai dari diri kita sendiri.

Tindakan sesederhana membuang sampah pada tempatnya merupakan langkah yang berarti untuk lingkungan dan mencegah banjir. Jangan berpikir karena ada pasukan oranye, kita bisa sesuka hati membuang sampah sana sini.

Kita sering terkagum-kagum melihat beberapa negara maju yang memiliki pemandangan yang bersih, seperti Singapura. Jika ingin Indonesia seperti itu, maka selain nggak sembarangan membuang sampah, kita juga harus aktif membersihkannya.

Setelah memulai dari diri sendiri, kita bisa mengajak orang lain dengan berbagai cara seperti membuat campaign, tulisan, gerakan pembersihan sampah bersama teman-teman, dan masih banyak lagi. Asal ada niat, kita semua pasti bisa bersama-sama membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY