Ide berbisnis itu bisa kamu dapatkan dari mana saja Friends, contohnya yang paling gampang dan dekat, bisa dari hobi yang kamu geluti. Misal kamu suka iseng gambar-gambar doodle, coba aja beranikan diri untuk menjual aksesoris fashion seperti tas atau scarf dengan desain hasil gambarmu sendiri!

Sama halnya seperti Sanjung Sari P., owner brand Sancraft yang berhasil masuk ke Top 20 The Big Start Indonesia Season 3. Berawal dari hobi gambar, finalis berambut bob ini mulai berbisnis dengan jualan tote bag yang dirancang menggunakan desainnya sendiri! Mau tau kisah bisnisnya? Yuk ikuti perjalanan Sanjung membangun Sancraft sampai masuk The Big Start Season 3!

CARI TAHU TENTANG FINALIS THE BIG START SEASON 3 LAINNYA, YUK!

1. Mulai bisnis dengan mengandalkan keterampilan diri sendiri dan ibunda tercinta

 

sancraft
Via – @sancraftid

Semuanya berawal dari kunjungan Sanjung ke Malioboro saat masa KKL (Kuliah Kerja Lapangan). Saat itu, Sanjung melihat seniman yang lagi menggambar di atas tote bag dan tertarik membelinya. Tapi apa daya, harganya waktu itu terlalu mahal buat kantong anak kuliah seperti Sanjung.

Ingat ibunya bisa menjahit, muncullah ide untuk meminta sang ibu membuatkan tote bag dengan desain karakter wajah Sanjung sendiri. Kebetulan, Sanjung kuliah jurusan DKV (desain komunikasi visual) sehingga mendesain bukanlah hal sulit buat perempuan berusia 28 tahun ini.

Nggak taunya, tote bag Sanjung ditaksir teman-temannya dan banyak yang minta dibikinin juga! Melihat peluang bagus, Sanjung memanfaatkan Facebook sebagai tempat berjualan tote bag berdesain custom selama kurang lebih setahun sejak tahun 2010. Peminatnya pun terus bertambah setiap hari, mulai dari teman sampai orang yang nggak Sanjung kenal di Facebook.

Sanjung sampai kasihan melihat ibunya yang kesulitan memenuhi jumlah pesanan yang menumpuk dan beralih ke vendor untuk urusan printing. Karena cukup berhasil, Sanjung memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat brand-nya sendiri pada tahun 2012 yang diberi nama Sancraft.

UDAH TAHU SIAPA AJA DEWAN JURI THE BIG START INDONESIA SEASON 3? LIHAT DI SINI!

2. Ingin mengenalkan budaya Indonesia lewat produknya

sancraft

Nama Sancraft terus menyebar dari mulut ke mulut sampai akhirnya diundang untuk masuk ke retail store ternama. Padahal, saat itu Sanjung cuma membuat dua varian produk, yaitu tote bag dan notebook. Melihat pasarnya yang semakin luas, timbul keinginan untuk memberikan sesuatu yang berbeda untuk pelanggannya yang didominasi oleh ekspat dan turis.

Desain produk Sancraft akhirnya merambah ke ilustrasi tentang budaya-budaya Indonesia. Ikon-ikon seperti baju daerah atau bus Metro Mini dikemas dengan ilustrasi dan warna yang super gemas sehingga menarik untuk dilihat! Secara nggak langsung, Sanjung sebenarnya ingin mengenalkan dan melestarikan budaya Indonesia dengan cara yang beda tetapi tetap mudah untuk dipahami.

Nantinya, Sanjung juga mau belajar lebih banyak tentang budaya Indonesia agar bisa mengenalkan budaya yang mungkin belum banyak diketahui orang. “Nantinya, kami mau inovasi desain (produk) supaya lebih bagus. Nanti akan lebih explore lagi budaya dan ciri khas Indonesia buat dijadikan ilustrasi produk,” ujarnya.

SEBELUM NONTON WEB SERIES TBS SEASON 3, CARI TAHU DULU TENTANG TBS SEASON SEBELUMNYA!

3. Sancraft sampai diundang ke festival di luar negeri, lho!

 

sancraft
Via – @sancraftid

Kegigihan Sanjung ternyata berhasil membawa nama Sancraft terdengar hingga luar negeri, lho! Baru-baru ini, produk Sancraft dipamerkan dalam Indonesian Cultural Festival yang diselenggarakan KBRI Baku, Azerbajian, untuk mengenalkan budaya Indonesia di sana. Sayangnya, karena kendala teknis, Sanjung nggak bisa ikutan pergi ke Baku. Tapi, karena KBRI Baku sangat tertarik dengan produk Sancraft, produknya tetap diterbangkan ke sana untuk dipamerkan dan dijual.

Lucunya, Sanjung sama sekali nggak tahu menahu kalo produknya dilirik sama pihak KBRI Baku. Bahkan, dia sempat nggak ngangkat telfon dari KBRI karena nggak kenal nomornya! “Saya lagi jalan pulang di kereta, dari Jogja mau ke Jakarta. Tiba-tiba ada telepon dari nomor aneh (asing). Saya kira mau nawarin kartu kredit, jadi nggak saya angkat. Pas telepon lagi, saya angkat dan ternyata itu KBRI Baku, mau nawarin Sancraft ikut pameran di sana!,” ceritanya sambil tertawa.

KURANG UPDATE SOAL THE BIG START? JANGAN KHAWATIR, SEMUA INFONYA ADA DI SINI!!

4. Berharap bisa punya workshop dan store sendiri

sancraft

Sampai sekarang, Sancraft udah hadir dengan sembilan varian produk, mulai dari tote bag, notebook, gantungan kunci, scarf, greeting card, cushion cover, sticker, poach, sampai plushie menggemaskan. Melihat pertumbuhannya, kayaknya sudah saatnya Sancraft membangun workshop dan tokonya sendiri. Makanya, kalau bisa menang, Sanjung mau mewujudkan mimpinya buat bikin workshop dan mini store. “Kami mau sewa atau beli space untuk bikin workshop, semacam mini office lah ya buat produksi dan operasional. Jadi ke depannya lebih teratur.”

Walaupun punya segudang mimpi buat Sancraft, dia nggak pernah nyangka bakal tembus Top 20 TBS! Makanya, Sanjung nggak mau muluk-muluk dan mau menjalani kompetisi dengan maksimal tanpa ekspektasi berlebih. “Mau cari teman (networking), menambah pengalaman, mudah-mudahan juga dikasih ilmu berbisnis. Yang penting selama karantina jalanin aja. Ikutin (dengan usaha) yang terbaik,” katanya.

INTIP KESERUAN ROAD SHOW THE BIG START INDONESIA SEASON 3 DI SINI!


Perjuangan Sanjung mendirikan Sancraft tentunya nggak lepas dari dukungan orang-orang tercinta di sekitarnya. Bahkan, pacarnya Sanjung pun ikut turun tangan membantu Sancraft selama Sanjung berkompetisi lho! Selain dukungan, Sanjung juga punya motto ajaib untuk dirinya yang ia sebut sebagai 3B (Berusaha, Berdoa, Bersabar). Sanjung percaya, dengan 3B itu, semuanya akan lebih mudah dijalani tanpa beban, baik senang maupun susah.

Apakah Sanjung bisa mempertahankan Sancraft dalam kompetisi yang ketat di The Big Start hingga jadi pemenang? Kita pantau aja perjalannya lewat web series The Big Start Season 3 langsung dari akun Youtube resmi The Big Start Indonesia! Jangan sampai kelewatan dan ikuti terus keseruannya, ya!

JANGAN SAMPAI KELEWATAN BERITA TERBARU SOAL TOP 20 THE BIG START INDONESIA SEASON 3, YA!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY